Thursday, 3 September 2015

Mau Pacaran? Ketahui Kekerasan Dalam Pacaran Ini Dulu!


Apakah kalian merasakan kekerasan dalam pacaran?


Masih inget kagak ame kasus salah satu artis yang mendapatkan kekerasan fisik? Mirisnye, pelakunye ntu adalah sesama artis yang mukanye ganteng bingits. Dihukumnye sih cuman sebentar. Hmmm... Kalo kayak gini, pegimane pelaku kekerasan laen kapok, ye? Minimal, dikebiri kek gitu... Huahahaha.

Tau kagak sih lo, berdasarkan Lembar Fakta Catatan Tahunan (CATAHU) Komnas Perempuan Tahun 2014, terdapat  1.748 kasus kekerasan dalam pacaran yang terjadi di Indonesia. Ini pun yang MELAPOR, yang kagak MELAPOR pasti lebih banyak! Kenape kagak melapor? Ya mungkin alesannye madem-macem, entah malu, males, kagak mau nambah masalah dengan pacarnye, dan laennye.

Mirisnye, kagak banyak cewe yang ngeh tentang kekerasan dalam pacaran. Maka dari itu, melalui tulisan ini, gue persembahkan penjambaran tentang kekerasan dalam pacaran kepada kalian. Jangan lupa, SHARE, biar kagak ade lagi korban lagi!!!

1. Kekerasan Mental

Saat lo dikatain abis-abisan di depan orang banyak maupun saat berdua (dikatain dalam ranah bukan cuman becandaan)....

Saat lo dituduh selingkuh, padahal mah cuman jalan ame sahabat ke mall...

Saat password social media lo kudu diketahui ame cowo lo ntu...

Saat lo dilarang pergi jalan-jalan ame temen lo.... kudu minta ijin dulu tiap jalan... dan sebagainye...

SADARLAH, HAL-HAL DI ATAS TERMASUK KEKERASAN MENTAL DALAM BERPACARAN!!!

2. Kekerasan Fisik



Saat lo dipukul, ditonjok, ditendang, dan mendapatkan segala kekerasan fisik laennye ame si cowo lo ntu, SADARLAH BAHWA LO UDEH MENJADI KORBAN KEKERASAN FISIK DALAM PACARAN! Jangan cuman diem! Jangan takut! Langsung lapor ke orangtua, sodara, temen terpecaya, dan Komnas Perempuan! Sukur-sukur cowo lo ntu dihukum sesuai aturan yang berlaku!!!

3. Kekerasan Materi

Saat cowo lo maksa minta barang atau duit... SADARLAH BAHWA LO UDEH DIMANFAATIN DAN MENJADI KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN JUGEEEEE!!!

4. Kekerasan Seksual

Kekerasan seksual adalah pemaksaan untuk melakukan kegiatan atau kontak seksual sedangkan pasangan mereka tidak menghendakinya (Murray, 2007). Cowo lebih sering melakukan tipe kekerasan ini dibandingkan cewe. Nah ini nih..... Mangkenye banyak banget cewe yang jadi korban kekerasan seksual. Dirayu-rayulah... disosor-sosorlah... pas 'kelepasan' eeeh pade kagak mau bertanggung jawab!!!

Tau kagak sih lo, setiap 2 jam ade 3 korban kekerasan seksual. Dan usia yang paling berisiko yakni mulai umur 13 - 16 taon (sebanyak 2238 kasus) dan 17 - 40 (sebanyak 3397). Usia yang mungkin kebanyakan anak jaman sekarang udeh pade mulai pacaran! (asumsikan anak jaman sekarang pade mulai pacaran saat berusia 13 taon)

Di belakang rumah gue, ade seorang cewe, sebut aje Melati. Doi tuh anaknye lugu banget. Saking lugunye, dimanfaatin deh tuh ame seorang cowo bejat yang boleh dikenal via Facebook. Sekalinye ketemuan, eh diajak begonoan, dan tetiba si Melati hamil. Dipinta pertanggungjawaban, tuh cowo menghilang. Facebooknye kagak ade. Miris kagak sih? Gue sih liatnye miris banget, ye. Melati masih abege, masih bisa meraih masa depan yang lebih baek. Terlalu miris gue melihat kisahnye ntu, masalahnye terjadi di depan gue banget. Ngenes. Pengen gue santet tuh cowo banget, deh!!!

Nah, ade infografisnye juge nih soal kekerasan dalam pacaran, silakan disimpen!

Kekerasan dalam pacaran (source)


"LALU, AKU HARUS MELAPOR KE MANE MPOK KALO AKU JADI KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN?"

Please kontak ke sini:


Atau langsung ke Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Jl. Latuharhari 4B. Jakarta. Indonesia. 10310 Telp +62-21-3903963, Twitter @KomnasPerempuan.

"APE YANG HARUS AKU LAKUKAN SAAT UDEH MENJADI KORBAN KEKERASAN DALAM PACARAN?"

Lapor ke orangtua! Lapor ke aparat keamanan! Jangan cuman dipendem sendiri, kudu dilaporin biar lo kagak kelamaan jadi korban! Biar si pelaku segera ditindak! Biar kagak ade lagi pelaku laennye!

"KALO ADE TEMENKU YANG JADI KORBAN, AKU HARUS PEGIMANE, MPOK?"

Segera bantu doi untuk melapor! Kasi dukungan, tawarkan bantuan, dan kasi tau orangtuanye secara bae-bae!

Punye temen yang menjadi korban KDP? Ape jangan-jangan kalian korban KDP?

PLIS SHARE TULISAN INI BIAR KAGAK MAKIN BANYAK KORBAN KDP DI INDONESIA!!!!!



5 comments:

  1. yah gue ikut doain aja semoga yang kejadian gitu pada sadar dan gak berlindung atas nama cinta~

    ReplyDelete
  2. haha,boroboro pacaran, gue jomblo mpok...

    ReplyDelete
  3. Saat ini makin marak hal-hal begini dalam hubungan pacaran remaja deh. Terutama soal sex

    ReplyDelete
  4. Tiap orang pasti beda-beda kan Ka Pina sikapnya disaat berhubungan. Ada yg mayoritas baik dan ada yang mayoritas buruk sampai melakukan kekerasan seperti yang Ka Pina bahas diatas.

    Aku cuma bisa memberikan sudut dari seorang Laki-laki. pada dasarnya Laki-laki lemah terhadap Wanita (cuma wanita yang bisa melemahkan 'thing' yang terkuat dari Lelaki) sehingga laki-laki terkadang selalu melakukan apa saja demi menyenangkan dan merebut hari sang wanita.

    ->laki-laki lebih condong kearah logika, sedangkan wanita ke arah perasaan. makanya jgn salahkan laki-laki kalo sering mikir yg jorok (karna kepalanya dua, logikanya dobel)

    ->Tak cuma laki-laki, wanita juga bisa lo jadi pelaku kekerasan walaupun angkanya lebih kecil

    Kalo sampe kalian (para wanita) mendapatkan pasangan lelaki kaya tulisan diatas, lebih baik tidak usah dilanjutkan saja hubungannya, sebelum terlambat. karena pada hakikatnya Laki-laki itu GENTLEman alias LEMBUT terhadap semua wanita khususnya IBUnya dan PASANGANnya

    ReplyDelete
  5. lah maen santet segala pan gatau orangnya wkwkwkwk
    http://goo.gl/xCBdLT

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*