Monday, 21 March 2016

Jurus Jitu Wawancara Orang Penting yang Kudu diketahui Jurnalis Junior

JURNALIS

Di suatu malem yang asoy buat berpelukan dengan pacar, gue malah berkesempatan buat nongkrong berdua dengan salah seorang pahmud alias papah muda. No no no, gue bukan selingkuhan beliau, gue dulu narasumber doi di salah satu media cetak ternama. Huohoho. Berawal dari narasumber hingga akhirnye kite jadi temen cerite gitu daaaah.

Sepulang ngantor, kite duduk di pojokan sebuah resto cepat saji. Ya ampun, Mas, kenape kudu mojok sih, kan aquwhhh takut digrepe-grepe. Hoahahaha #apaansih. Ohhh ternyate si Mas Onoy (bukan nama sebenernye) sengaje mojok biar bisa dapet colokan. Ampyuuun deh anak kekinian bingits kagak bisa hidup tanpa colokan!

Selama 2 jam kite ngobrolin berbagai hal sambil melahap junk food yang dibeli doi. Mulai ngobrolin kejadian gue pas dijambret (bace di sini), ngomongin soal seks (waktu ntu doi cerite tentang kumpulan gay di penjara), pengalaman doi selama jadi wartawan (udeh lebih dari 7 taooon!!!), sampe ke poin pertanyaan gue, yakni....

"Gimane sih cara sukses wawancarai orang? Terlebih kalo orangnye tuh tipe-tipe artis atau orang terkenal. Atau bahkan orang yang tertutup."

Kalian mau tau kagak, nih? Terlebih buat yang pengen jadi wartawan! Cekidotssss yeeee....

1. Miliki nomer cantik

nomer cantik

Gue sempet bingung sih, hubungannye ape coba sampe ke nomer cantik. Sekalian aje bikin nomer togel -___-

Terus, Mas Onoy bilang gini, "Lo tau kan, Pin, kalo orang-orang kalangan atas ntu pade demen punye nomer cantik. Nah, kalo misalnye gue nelpon ke narasumbernye artis atau pejabat negara, tentu mereka bakal ngangkat, karena nomer cantik gue disangke nomer temen sejawatnye. Bukan telepon nyasar atau dari fans."

Waaaah, gileeee, gue baru tau! Boleh juge, nih. Huahaha.

Kalo teleponnye udeh diangkat, kite jadi bisa tembak buat minta janjian wawancara deh!

2. Jago ngeles

ngeles

Paling nyebelin deh kalo dapetin narasumber yang suseh banget diajak ketemuan buat wawancara. Pas udeh janjian, eh dijadwal ulang melulu. Ape lagi kalo mereka tiap ditemui, malah bilangnye rahasia, lah... no comment, lah... eek! Kalo kayak gini jadinye, mau kagak mau si Mas Onoy bakal ngomong gini...

"Pak, tau gak pak, kita tuh udah coba janjian tapi susah melulu jadinya. Mohon waktunya sebentar aja dong, pak. Mohon kasihanilah saya, saya ini wartawan baru, saya gak mau dipecat karena ini. Anak saya nanti gimana dong, gak bisa dikasi susu. Mohon ya pak, saya harus dapetin jawaban dari beberapa pertanyaan... tolong banget dijawab.... ini demi keluarga saya!"

Dan si narasumber pun merasa kasihan. Huahahaha.

3. Maki-makilah si narasumber

marah

Loh, kok malah dimaki-maki? Makin bingung kan, lo?

Jadi gini, kalo misalnye si Mas Onoy udeh dapetin nomer narasumber dan pas ditelpon kagak pernah dingkat, doi bakal kirim SMS semisal, "Halah, eek lo nyet. Gak usah belagu, deh!"

Nah, kalo dibales ame si narasumber semisal, "Ini siapa, ya?" maka si Mas Onoy bakal bales, "Maaf, pak, saya salah kirim SMS. Oh ya, saya wartawan dari Majalah Anu, bapak bisa diwawancara kah?"

Jiaaahhh, cape deeeeh :))

4. Tetap semangat menunggu si narasumber di depan rumahnye

menunggu
Kalo tampang jurnalisnye kayak gini sih, gue juge mau dong ditungguin wakakakak :))

Pernah denger wartawan yang sampe nginep di depan artis demi dapetin materi wawancara? Yang kayak gini sebenernye udeh lazim, maklum ya bos demi kerjaan huahaha. Katanye sih rata-rata cara ini tuh sukses, karena bikin narasumber kasihan. Akhirnye bisa diwawancara deh! :p

5. Pura-pura bego dan pake baju gembel



Mungkin suatu saat nanti, salah 1 di antara pembace tulisan ini bakal tertantang buat wawancara saksi kasus berat yang berasal dari pedalaman dan orangnye tertutup banget. Pastinye si saksi ini bakal ngerasa sok artis banget karena dicari-cari ame berbagai wartawan ibukota. Semua wartawan yang dateng bakal diusirin... hushh hushhh sanahhh... kalo kate si Syahrini mah.

Kalo kayak gini jadinye, sebagai wartawan yang baik kudu pegimane coba? Satu-satunye yakni dengan memakai baju rada gembel dan pasang muke lugu. Kayak si Mas Onoy, yang bulan lalu sempet wawancara orang pedalaman dan selalu belagak ngomong English walau grammar berantakan. Tiap ditanye suka ngomong no comment macem si Desi Ratnasari tempo dulu, huffttt.

"Gue sih ngaku aje kalo gue wartawan. Tapi gue belagak orang bego aje yang kagak bisa English dan selalu membangga-banggakan yang dikatakan sama si narasumber. Pokonye bikin doi seneng, deh."

Hihihi...

Nah gengggsss, gimane kunci sukses ini, apakah mau dipake ame kalian buat wawancara orang terkenal dan orang tertutup di pedaleman nanti? Kagak harus saat kalian udeh jadi wartawan kok, blogger pun sebenernye bisa bikin konten wawancara. Ape lagi kalo kalian berkesempatan wawancara artis. Hehehe.

Kalo boleh tau, sape sih orang terkenal yang sempet kalian wawancara? (entah buat tugas sekolah/kuliah atau kerjaan). Share dong di kolom komentar!

5 comments:

  1. Hahahaha.. Yg paling asoy bagian maki2 mpok, gue jago tuh maki2 orang *eh..

    ReplyDelete
  2. Soal nomor cantik.bener banget mpok.
    temen gue yang kerjanya di salah satu provider juga bilang gitu.
    Dan tipsnya diatas nih bermanfaat banget buat gue yang notabennya juga mantan jurnalis. Cocok deh. Heheh..

    ReplyDelete
  3. Kebetulan Ane Kuliah Jurnalis...jadih nambah Sedikit Elmunya...Thanks ya neng

    ReplyDelete
  4. Makasih kak, kebetulan lg cari artikel kaya gini, izin bookmark ya :D

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*