Friday, 15 April 2016

Dikasi Mobil Cuma Modal Like/Comment/Share ? Jangan Mimpi! Awas PENIPUAN menghampirimu!

Cape deh, masih aje percaye ame gituan!!!!

Gue mulai gerah dengan banyaknye orang yang memanfaatkan 'kebegoan' kebanyakan pengguna social media di Indonesia. Minggu lalu, gue sempat menemukan banyak temen Facebook yang membagikan halaman Facebook "Range Rover 2016" yang mengaku membagikan mobil Range Rover untuk para likersnye. Dan minggu ini, ada lagi halaman Facebook "Toyota Sienta" yang sama persis bilang sedang melakukan bagi-bagi mobil.

CIYEEE YANG NGAREPIN RANGE ROVER GRATISAN!

TOYOTA SIENTA GRATISAN? MIMPI!!!

Sialnye, banyak banget yang percaye ginian. Sampe dosen-dosen gue percaye dong, kan gue sedih yak :'(

"Kamu kok tau itu penipuan?" tanya salah satu dosen.

Huhuhu, cedih :'( walaupun dosen-dosen gue udeh lama pake socmed dan punye ilmu tinggi banget, tapi kagak bisa ngebedain mane beneran dan bohongan :'(

Belom lagi saat banyak bocah-bocah, emak-emak, bapak-bapak, pokonye semua temen Facebook dari semua umur ngeshare gituan dan gue komen, "INI HOAX!!! INI HOAX!"

"Masa sih, Mpok?"
"Hai Nak, kamu jangan sotoy!"
"Kalo beneran, gimane?"

Why gue bilang ini hoax?

1. Gue anak dihital ahenxi keleus, belom lagi gue join komunitas yang berisi anak Facebook Marketters yang emang masih banyak pake cara-cara ngehek buat memiliki fanpage dengan ribuan fans hanya dengan waktu terbatas (semingguan lah). Jadi, ya emang gue tauklah mane fanpage abal-abal mane kagak. Masih kagak percaye nih ame gue?

2. Plislah, kagak semudah ntu juge perusahaan membagikan barang mewah nan mahal kayak mobil. Masa iye tujuan mereka ngebagiin barang secara cuma-cuma biar HANYA mendapatkan banyak new fans and highest engagement (like, comment, share) ? Yah, malah kelihatan murahan amat ntu brandnye. Setiap perusahaan mobil pasti memiliki strategi perencanaan untuk berpromosi. Yang pasti, kagak cuma semata-mata cuma buat dapetin new fans/engagement. 

Kalo emang mau bagi-bagi mobil, pastinye mereka akan bikin promosi dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness sekaligus salesnye dalam jangka waktu panjang. Caranye? Bikin berbagai kompetisi! Bikin kompetisi foto kek buat naikin follower IG, kompetisi SEO blog kek, kompetisi bikin cerita kek, bikin underground activity kek, ape kek gitu. Terus promo mereka dibuzz ame selebgram dan selebtwit ternama atau para artis. 

Nah sekarang coba gue tanyak, selebgram/selebtwit mane yang promoin tuh dua mobil di socmed? 

Waktu ntu aje pas ada launching mobil Nissan, ada para fashion blogger, salah satunye Sonia Eryka. Terus ada juge brand mobil ape gitu (lupa) bikin traveling bareng blogger melalui jalan darat pake mobil keluaran barunye ntu.

Lah akun abal-abal yang gue sebutin tadi? Ada yang promoin kagak tuh selain mereka-mereka, para pengguna socmed yang terlalu "lugu" ???

3. Kalo mereka kritis, harusnye sebelom SHARE postingan bergambar mobil ntu, mereka kepoin fanpagenye. Yakali daaah, fanpage baru 1-2 mosting, langsung bikin kuis. Kuis yang terlalu gampang pulak, macem kuis-kuis fanpage yang berhadiah merchandise -___-

4. Coba tanyak ke Customer Service brand terkait. Atau minimal nanyak ke akun socmed yang berhubungan dengan brand tersebut. Nih hasil yang gue dapet. PENIPUAN COYYY!

TUH! DIBILANGIN HOAX!


5. Coba jeli liat info akun "Toyota Sienta" deeh, ini ada disklaimernye. Sayang sekali, disklaimer ini baru dibuat si admin saat banyak orang yang merasa risih dan komplain ke akun tersebut.

Bace aje dah https://www.facebook.com/Toyota-Sienta-1177770075589420/info/?tab=page_info

6. GOOGLING COY, GOOGLING!

TOYOTA SIENTA GRATISAN CUMAN MIMPI!!!
Sumber: http://oto.detik.com/otoshow/read/2016/04/14/180346/3188220/1506/toyota-hati-hati-ada-akun-facebook-penipu-sienta?o991101638

Hati-hati penipuan!
Sumber: http://m.rajamobil.com/berita/berita-mobil/2016/04/14/hati-hati-penipuan-bagi-bagi-toyota-sienta-gratis-36879.htm

Terus, kenape sih promo kayak gitu masih aje ada di socmed, terutama di Facebook?

Banyak penjual akun fanpage cyiiin. Nah, berhubung kebanyakan pengguna socmed di Indonesia ntu "lugu" atau "bego" atau ape lah ntu, jadinye dimanpaatin deh ame mereka. Bikin aje akun-akun abal yang mengaku bagi-bagiin hadiah, ntar pas di hari H di mane para peserta nanye kapan pengumuman hadiahnye dilakukan, tuh halaman bakal hiatus lamaaaa banget dan tetiba muncul dengan nama online shop (hingga orang-orang kagak ngeh kalo tuh halaman olshop adalah halaman si mobil yang dulu dilike).

Hidup ini sungguh keras, bukan? Sekeras burung yang abis dikasi pil biru? Muahahaha #salahfokus

Nah, maka dari itu, mari bijak membagikan sesuatu di socmed. Selalu cari tau lebih lanjut dari info yang didapet. Sebagai orang terdidik, tentu kite kudu pinter memfilter info yang didapetin. Dan tentunye, JAGA PERILAKU BIAR KAGAK MALU yak!

Silakan bagikan tulisan ini kalo ngeliat ada temen yang masih aje share soal bagi-bagi mobil :p

12 comments:

  1. Yaelah, mpok untung aja gak percaya. Coba kalo percaya... Udah dapet mobil tuh (bo'ongan)

    Tapi nih ya, masih ada aja orang yg jago pesbukan, tapi malah kagak tau begituan. Eh iya begituan nipu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jago buat nulis status doang tapi kagak mencoba untuk menyelami hal ape aje yg terjadi di socmed (yang diurus cuma hate speech dan gosip sih)

      Delete
  2. gue rasa makin kesini pengguna medsos juga kurang cerdas, sekarang tuh brand abal2 juga berani modal jadi keliatan aseli gtu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. berani modal apaan, kan potonye nyomot dari gugel sis

      Delete

  3. ehm,itulah kemajuan teknologi jaman sekarang,saking majunya mereka membuat penipuan untuk mendapatkan keuntungan,gimana lagi mereka bisa cari untuk induk "mama minta pulsa" udah di 'BUI',mau gak mau ya Brand2 yang kasih mobil...

    ReplyDelete
  4. Jangankan mobil, sistem lcs buat merchandise aja suka susah dapetinnya. Yah, hidup itu lyfe sih Kak (((lyfe)))

    ReplyDelete
  5. jangankah mobil ya iphone 6 aja juga gitu. untung aku gak kena tipu. biasanya aku ikutan quiz cuma pulsa,sample produk korea,gamis pemenang hny 1 orang doang. gitu hehe

    ReplyDelete
  6. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
  7. Kunjungi game indomonopoly terbaru kami dan satu-satu nya hadir di indonesia.
    anda bisa bermain melalui ANDROID dan COMPUTER. dan anda sudah bisa bermain
    dengan minimal deposit sebesar Rp.20.000 dan minimal withdraw sebesar 50.000
    Ayo gabung para pecinta game monopoly menagkan chip sebanyak mungkin.
    PROMO CASHBACK10% KOMISI REFERRAL HINGGA 50% UNTUK PARA MEMBER SETIA INDOMONOPOLY.COM

    ReplyDelete
  8. Ingin menjadi Milyoner baru Indonesia? buruan gabung di indomonopoly dan menagkan
    chip sebanyak mungkin untuk menjadi milyoner baru indonesia. hanya dengan deposit
    20.000 idr anda sudah bisa bermain di indomonopoly kami. untuk keterangan lebih lanjut
    silakan hubungi tim livechat kami siap melayani anda 24jam.

    ReplyDelete
  9. I think your blog is great to read and would look nicer if you always update your news, thanks
    dewa poker

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*