Tuesday, 28 June 2016

YOUTUBE LEBIH DARI TV? BOOM!


youtube lebih dari tv?

DISCLAIMER: GUE BUKAN HATER MEREKA.

Belakangan banyak banget temen pesbuk yang bikin status, "Youtube Youtube Youtube lebih dari TV, BOOM!" Selidik punye selidik, ternyate ntu lagu dari para Youtuber elit di link ini.

Dari segi musik, gue acungin jempol. Editing juge bagus. Tapi... I dunno, I really don't like with the lyric. Udeh gitu ada bagian semacem 'posisi nganu' yang... uoooh... gue baru liat pidionye pas bulan puasa dan pahala gue pun berkurang gegara visual tak senonoh tersebut.

ada yang mau naek haji nih

Tapi... um... jujur aje yak, gue sebenernye jengah melihat mereka. Gue kagak suka nongton channel mereka, namun penampakan mereka sering banget terlintas di newsfeed socmed. Gue agak kurang suka ame Youtuber (mereka) yang ngomongnye kasar di depan kamera (dan pidio mereka suka ada yang share di pesbuk, huh). Bahkan salah satu dari mereka pernah melakukan pelecehan seksual secara verbal (itu loh, si mz seten ap ntuh). I know, mereka benci pencitraan, I do, tapi semua orang butuh pencitraan. Pencitraan penting, asal kagak berlebihan. Semua orang melakukan pencitraan, sadar kagak sadar. Tapi dengan selalu berkata kasar seenaknye, berkata kasar yang bukan pade tempatnye, gue rasa ntu kagak baek.

Mereka, sekumpulan para Youtuber elit, berpendapat bahwa TV kagak mendidik, pejabat negara pade kagak bener. Padahal mereka sendiri kagak mencerminkan orang bener-bener amat (menurut gue, soalnye mereka pamer kehedonan mulu). Tapi tanpa sadar diri, mereka bikin konten yang juge kagak mendidik. Lalu mereka memperagakan beberape gaya yang kurang sopan. Mereka pikir keren, tapi, kalo gaya tersebut diperagakan oleh anak mereka nanti, ape mereka akan tetep menganggap ntu keren?

biasa aje mz =..=

YOUTUBE LEBIH DARI TV?

Lebih ape? Bagus? Bagus atau kagaknye suatu media yang 'dikonsumsi' tergantung pilihan dari individu masing-masing. Youtube dan TV sama-sama media audio visual, ada plus minus, konten tergantung dari setiap channel. Keduanye bersinergi: yang lagi ngehits di TV bakal ada di Youtube, begitu pula sebaliknye. Kagak ada yang lebih bagus, kagak ada yang lebih jelek. 

Apapun medianye, yang dibutuhkan adalah pilihan dan kebijakannye (terutama buat ortu, harus bijak ngasi gadget buat anak, jangan sampe anaknye pada mabok konten dewasa dari Youtuber gak berbobot).

Btw, penonton Youtube banyak bocahnya sekarang. Yang mau jadi Youtubers, hati-hati dalam membuat konten. Kalo kontennya dewasa, jangan lupa disetting.

YOUTUBE LEBIH DARI TV?

Lebih jorok? IYE. Bahkan via Youtube, gue masih bisa nemuin beberape pelem bokep, semi bokep, dll. Bukan kagak mungkin, kalo suatu hari nanti Pemerintah akan bikin lembaga penyiaran khusus untuk digital. Gue sih ngedukung, asal kagak berlebihan aje, misalnye ada si tupai temennye Spongebob pake bikini terus diburemin =..= ye ngapain.

Btw gue kagak mau nulis panjang lebar karena masih ada tulisan deadline untuk klien tercinta, akhir kata coba baca tulisan bijak dari Mas Alit di di sini.

Jadi menurut kalian, youtube lebih dari tv? Enakan Youtube atau ngeblog, hayo?


34 comments:

  1. Gue bener-bener setuju dengan mpok. Mereka yang meng-klaim YouTube lebih dari TV karena mereka dapet pendapatan dari sana. Hahaha.

    Mungkin juga karena dengan YouTube mereka bisa melampiaskan emosi mereka dengan omong kotor. Kalo di TV kan ga bisa. Hahaha.

    Disclaimer: Gue juga bukan hater-haternya mereka :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyayak, susah kalo udeh dibutain duit :D

      Delete
  2. Udin mpok, gue manggut2 tanda setubuh. Memperbaiki penerus bangsa bukan dengan cara jari tengah diacungkan, nyanyi pake lirik yang kata2nya wanjir warbiyasah g sopannya, plus adegan hot yg bikin ngaceng orang yg nonton.

    ReplyDelete
  3. setuju banget. teruatama sama youtubers yg bikin vlog tentan sehari2 kek, jalan mana kek , kayak kesannya pamer gitu. herannya , apa sih yang mereka kasih tau selain " Pamer ". ngakunya nggak pamer tp isi vlognya " pamer " pfff.. capek deh nggak tv nggak youtube nggak ada yang benar. rata2 sih nggak semua kok . tinggal pintar2 memilih aja #cieeelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe orang jaman sekarang emang sukanye pamer :D

      Delete
  4. Setuju banget ka pin, paling gemes kalo mereka bilang "gue sih apa adanya. Ga pencitraan". Lama-lama jadi anti-kritik, ngerasa paling bener dengan alasan "gue mah gini apa adanya, jujur, frontal". Padahal yang ngebedain manusia dan hewan itu adalah kemampuan memfilter tindakan, jadi sebelum bertindak disesuaikan dulu dengan lingkungan, dipikir dulu :))

    ReplyDelete
  5. Nganu.... 'mereka' (sebut saja Youtuber tsb.) bisa dibilang pencitraan juga bukan?
    Mencitrakan diri sebagai 'sang penyelamat' generasi muda dari TV sekarang melalui tayangan Youtube tanpa ada filtering dari pilihan kata, bahasa dan grafis?

    #melipir
    #ininanyabeneran
    #akumahbukaYoutubejarangbukaYoutuber
    #biasanyacumalihatreviewgame
    #samahighlightsepakbola
    #hashtahkebanyakan
    #hampura

    ReplyDelete
  6. setuju banget. tapi nga setuju banget sih. soalnya kapin ngomongin sapa juga nga tau (yg mas seten itu) kalao potomah prnah liat. maklum jarang buka youtube #TimSayangKuota #PalingBukaYoutubeBuatKetinggalanSUCIAtauTheComment

    dulu kasus mas2 mirip arab juara 3 suci yang tanya ukuran itu aja gue diceritain temen, pas mau kepo udah dihapus, kuota gue selamet.

    sebelum baca ini gue udah baca tulisannya Bang Alitt sih, langsung kepo2, dan ngeri juga efeknya.

    yah semoga youtuber2 baik elit atau nga sadar deh, bahwa kelakuan mereka juga bisa memebri efek pada bocah2 yang nonton. bisa aja mereka nanti nga ada bedanya dengan beberapa (nga semua) acara sampah di TV.

    yah komennya sotoy banget, padahal buka youtuber cuma blogger grasroot, dan tau juga kalau bikin acara di tv itu ribetnya yampun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. seten ap = stand up = cowo yang ada di pidio ntu :))

      Delete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. Setuju kak pin. Gue pernah gitu keheranan karena tmn2 kampus tiba2 muter video org lagi main game tapi yang maen sambil komentarin ntuh gamenya pake kata2 gak senonoh. Secara video gitu kan banyak juga anak2 yg nonton.

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, jangan sampe anak kite kayak gitu yak

      Delete
  9. Akhirnya ada yang ngangkat video ini selain mas Alit. Saya sih penasaran, mereka nyadar gak ya ya kalo viewers Youtube mereka banyak anak-anak dibawah umur? Geli ngeliat video ini banyak banget diparodiin atau dinyanyiin sama bocah-bocah belon sunat.

    ReplyDelete
  10. sekarang banyak vlog vlog emang bermunculan.
    kadang mikir kalo chanellnya bertema its okaay, tapi kalo ngliput kehidupan sehari hari hmm banget

    sek, belom tuntas baca punya si Alit.
    brb ke blog sebelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa artis meliput keseharian :))

      Delete
  11. Kalo aku malah liat fenomena ini dikit miris sih Pin.

    Di satu sisi industri kreatif dapat berkembang, di satu sisi kontennya SAMPAH.
    Hal-hal nggak penting dibikin video. Kata-kata yang kalo di TV selalu di sensor, di YouTube TANPA sensor.

    Heran juga...

    Penontonnya juga pasti jarang yang umuran 20-an.
    Kebanyakan anak SD-SMP.

    Anak SMA udah jarang liat video kayak gitu, palingan cari drama korea.

    Itu aja sih kalo di daerah aku.

    Entah kalo di daerah lain. Kayaknya sama aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. media tuh kayak pisau emang, miris yak.

      Delete
  12. Perbandingannya Youtube atau ngeblog, ya ngeblog deh, Mpok. Soalnya nggak bisa ngedit video.

    Miris sih, banyak anak kecil di warnet kompakan nyetel lagu gitu sambil nyanyi. Risih dengernya. Nggak tau atau gimana ya, mereka tetep aja nyanyiin walau kata-katanya gak sopan. Takutnya, gara-gara video itu si anak jadi agresif, terus ngelawan orang-orang yang membatasi dia. Huhuhu, semoga jangan deh

    ReplyDelete
  13. Makin banyak orang yang resah dengan konten YouTube yang lagi naik-naiknya. Tapi serem juga kalo yang di atas nya udah nggak bener, ke bawahnya pun nggak bakal jauh. Di satu sisi, kreator video yang kreatif di indonesia ini bertambah, tapi di sisi lain ada kreator video yang membuat rusak kreator baru dan para penontonnya. Siapa yang salah?

    Indonesia butuh kreator-kreator YouTube yang lebih berkualitas.

    ReplyDelete
  14. gara2 youtube lebih baik dari tivi banyak anak2 kecil mendadak swag dan mengacungkan jari tengah hahaha xD

    ReplyDelete
  15. aku setuju kak, karena kalo kita gak suka dengan sesuatu kan harusnya bisa menyatakan dengan cara yang baik, bukan yang kasar. lebih baik nonton karya musisi yang liriknya positif aja udaaah

    ReplyDelete
  16. Yuciub yuciub yuciub lebih dari TV Boom! Meledak semua ancur haha.

    Makanya kalo bisa yang sepemikiran kayak gini bikin konten yang bagus di youtube biar bisa menyeimbangi mereka. Syukur-syukur mereka bisa sadar sendiri. Tapi nggak mungkin deh kayaknya. Hehe.

    ReplyDelete
  17. Di dunia yang serba terekspos ini hal terkeren yang bisa kita lakuin adalah mengatur misteri kita. Mending kerja, ngeblog dan kritisi apa yang patut dikritisi. Keren, kak pin!

    ReplyDelete
  18. Di dunia yang serba terekspos ini hal terkeren yang bisa kita lakuin adalah mengatur misteri kita. Mending kerja, ngeblog dan kritisi apa yang patut dikritisi. Keren, kak pin!

    ReplyDelete
  19. Keduanya kak soalnya aku youtuber juga blogger

    ReplyDelete
  20. Bagus banget nih blognya kalau bisa baca blog ane juga abangtabah.blogspot.com

    ReplyDelete
  21. gue kira, gue doang yang merasa ntuh video cukup membuat resah. maksud baik tapi disampein dengan cara kurang baik, yaa pada akhirnya malah salah fokus deh para penonton.....

    ReplyDelete
  22. Sekarang saya juga lebih suka mantengin youtube ketimbang tv :D

    ReplyDelete
  23. Semuanya dikembaliin lagi ke mata, otak, dan persepsi orang2 yang ngeliat, mpok..
    Jelek ato kagak mendidiknya kan diri masing2 yang nyaring..
    Untuk anak2, salah orang tuannya tuh yang ngasih gedget belum pada waktunya..
    Gue sih nikmatin aja.. toh ngehargain hasil karya orang kan lebih baik.
    Kritis? Ngungkapin keresahan? boleh2 aja..
    Tapi jangan kebiasaan nyalahin orang karna kelalaian diri sendiri (Yang ini mah indonesia banget)


    DISCLAIMER: GUE GAK BELAIN SIAPA-SIAPA.:D hehehe

    AMPUN.. GUE MASIH BOCAH -_-

    ReplyDelete
  24. enakan yutub ato ngeblog? ya, enak ngeblog ... tapi jaman telah berubah semenjak perang dunia shinobi kelima, vlog mulai banyak dinikmati terutama anak-anak, gak masalah sama mereka, konten mereka, mau pake kata kasar ato apa terserah, yang penting jangan lupa, kalo bukan untuk tontonan bocah, dikasih age restrictions ...

    ReplyDelete
  25. Kita yang sudah dewasa harusnya tahu dong apa maksud dari setiap lirik lagunya.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*