Monday, 2 January 2017

Drama Nikah, Oh Beginikah Rasanye? [Part 2]

drama nikah sudah biasa~~~
Yeay, postingan pertama setelah jadi seorang istri plus postingan pertama di tahun 2017. HAHAHA. Mohon maap banget di bulan Desember kemaren gue kagak ngeblog, karena keenakan honeymoon dan kerja mengais rejeki kembali. 

Well, sebenernye gue pengen banget buru-buru ceritain pegimane proses nikahan gue. Gimane drama-drama honeymoon gue yang sempet ditipu ame salah satu travel abal-abal. Permasalahannye, gue belom dapet mentahan poto-poto pas nikah dari fotografer. Terus, poto-poto honeymoon yang ada di iPhone beserta footages HILANG semuaaaaaa. Huhuhu. Sebel banget :'( efek kagak punye kamera, karena kamera DLSR gue tersayang dipinta adek gue buat kuliah broadcasting.  

Nah, sebelomnye gue ceritain dulu deh drama-drama nikahan kemaren. Bace dulu nih drama nikah part 1 di sini.

Di akhir Oktober 2016 lalu, gue sempet berharap bisa nyetak kartu undangan di vendor salah satu sahabat gue. Meski doi bilang, katanye kagak rekomen karena si vendor lagi sibuk banget tuh kayanye, sampe album poto doi belom dikasi ame mereka. Gue tergiur mau pake tuh vendor karena murah. Gue cuman punye budget Rp 5000 / kartu undangan, dan tentunye kartu undangan yang gue mau bukan kartu undangan ala orang kampung gitu, yang udeh template dari percetakan pinggir jalan. Sebagai anak advertising, tentunye gue kudu bikin kartu undangan sendiri. Bermodalkan skill potosop pas-pasan, akhirnye gue edit-edit mentahan kartu undangan. Mentahan gue beli di shutterstock, karena gue kagak bisa gambar sendiri huhu :'(

Berikut adalah bentuk undangan yang gue bikin.

kartu undangan tampak depan

kartu undangan tampak belakang, berisi quote

tulisan untuk souvenir yang akan dicetak pake kertas sisa kartu undangan
amplop
Setelah 2 kali ganti template dan revisi copy, akhirnye tinggal gue cetak. Si vendor sobat gue ternyate kagak bisa handle, walhasil satu bulan sebelom gue nikah, gue kudu muterin daerah Grogol buat dapetin tukang percetakan yang murah. Di sepanjang jalan Muwardi, emang banyak banget dah tuh tukang percetakan. Namun mereka ngasi harga mulai dari Rp 7000, Rp 8000 hingga Rp 9000. Terlebih, kertas undangan yang gue mau adalah tipe flamboyan putih dan lokal. Namun rata-rata kebanyakan percetakan bilang lagi kagak punye tipe tuh kertas. Adanye yang versi impor, yang ada out of budget gue -____-

Sialnye, si para percetakan minta waktu 2-3 minggu buat nyetak, sedangkan gue cuman pengen undangan bisa siap 1 minggu ke depan. Alamak! Para percetakan pade bilang kagak bisa.... Akhirnye gue muterin Grogol lagi... dan gue mencoba memberanikan diri ke percetakan pinggiran Muwardi di seberang Apotik K24 Grogol, bernama Bella Ketik. Sebenernye sih mereka biasa ngasi jasa ketik, nyetak makalah dan nyetak undangan murah gitu. Cuman gue coba nanye aje, bisa kagak nyetakin undangan yang gue mau, ternyate bisa. Dengan harga Rp 6.000/lembar (oke deh ketimbang kagak dapet) dan bisa dikejar dalam waktu satu minggu. Oke deh, langsung aje softcopy desain undangan gue kasi plus DP 50%. Gue juge minta bikinin kartu undangan model satu lagi (yang template-an dan biasa ada di kondangan kampung-kampung) dengan harga cuma Rp 2.000/lembar. Untuk kartu undangan desain sendiri, dicetak sebanyak 200 undangan (walaupun cuma butuh 150 sih, tapi buat jaga-jaga aje) dan kartu undangan biasa sebanyak 250 undangan (kartu ini buat resepsi kedua yang diselenggarakan di rumah gue yang ada di Bogor).

HAH, MPOK? LO RESEPSI DUA KALI?

Iyeeee, males bingits kan. Soal ini nanti gue ceritain di postingan selanjutnye.

Nah, yang paling ngehek ntu, ternyate H+4 setelah gue ngasi softcopy undangan, si percetakan bilang kalo mereka kehabisan kertas yang gue mau dan pengen ganti pake kertas buffalo. EH YAKALE DAH. Langsung aje gue cabut dari kantor jam 4 sore menuju tempat percetakan dan akhirnye gue minta ganti kertas yang mirip-mirip kertas buffalo versi Jepang. Semacem kertas kartu nama gitu, lah. Ada serat-seratnye.

Nah... yang drama ntu sih... si Yangski dan nyokap gue karena selalu nanyain undangan kapan jadi, sampe pade ngomel-ngomel, dan si Yangski sampe marah besar pas tau percetakan gue baru banget mau naek cetak. Sampe cape gue dengernye. Belom lagi mamah mertua follow up terus di WhatsApp, terus bilang kagak punye waktu lagi buat nyebarin. Gue janjiin tiga hari lagian semua beres. Walaupun taunye, seminggu lagi baru jadi alias sekitar 10 hari sebelum tanggal 1 Desember tuh undangan beres, hiks hiks.

yoooo kartu undangan gue udeh siap bro

yoooo kartu undangan gue udeh siap bro

yoooo kartu undangan gue udeh siap bro

Ini baru sekelumit drama nikah versi kartu undangan. Nah pesan moralnye ini nih:

1. Usahakan cetak kartu undangan minimal 1,5 bulan sebelom hari H untuk meminimalisir drama-drama yang mungkin terjadi.
2. Jangan lupa untuk selalu minta rekomen percetakan undangan sama temen dan muter-muter deh tuh kalo mau, biar nantinye kagak dibohongin percetakan laennye.
3. Kalo mau nyari percetakan, kagak usah cari NAMA. Alias kagak usah pake percetakan yang udeh punye nama gede, atau punye tempat yang bagus. Karena biasanye mahal banget, cuy.
4. Kata temen gue, sebelom nyetak massal kartu undangan, kalo bisa minta yang versi testernye, biar ketauan apakah tintanye cocok dengan kertas yang diinginkan.
5. Desainlah kartu undangan dari jauh-jauh hari, pas masih jomblo juge boleh HAHAHA.

Selesai dah nih drama nikah gue yang part 2. Tenang aje, masih ada drama laennye kok yang bakal gue ceritain di mari, siap-siap aje :))





14 comments:

  1. Aduuhhh kak pin, bermanfaat banget nih. Soalnya aku juga mau nikah april nanti. Tadinya mikir mao nyetak tiga mingguan sebelum nikahannya. Berhubung baca ini, jadi mikir mikir lagi deh. Untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan. Mending diurus dari jauh jauh hari. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuuh mau nikah juge nih, aseeekk.

      dibikin dari sekarang aje template-nye. nanti 2 bulan sebelomnye baru deh ngisi nama mempelai, tempat dan waktu.

      Delete
  2. NJIR MPOK, RIBET AMAT YAK KALO MAU NIKAH

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo kaga mau ribet, jangan nikah nop :D

      Delete
  3. Hahahaha...
    Tau ga mpok,pas yang di stat fb mpok blg lg sibuk desain sendiri undangannya...

    Aku saat itu yg mumpung punya sedikit slot untuk jajan di shutterstock, langsung beli bahan2 yang kira2 cocok untuk undangan nanti..

    Aku saat itu jomblo dan skrg masih jomblo...

    Desain dari skrg bolehlah yee..

    Ntar tinggal isi aja nama mempelainnya hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wadawwww boleh banget sis, coba sini saya intip dulu undangannya hahahaha

      Delete
  4. Wuaaaaaaah~~
    Gitu yaaa ternyata. Repot banget. Gue juga ada niatan kalau nikah nanti pengen cetak undangan sendiri, biar desainnya gak ada yang nyamain dan lebih puas. Pengalaman mpok Pin membantu banget. Gue tunggu part yg lainnya yaaa Mpok. Soalnya ini semacam pengalaman berharga buat yg mau nyiapin tetek bengek nikahan. 😅😄

    ReplyDelete
  5. oke pok. siap laksanakn. nama dan tanggal dikosongin dulu. nyetak sebelum tau nikah ma sapa

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk kagak usah dicetak dulu kaleeeeeeeeeeeee

      Delete
  6. Undangan... drama..
    Yang penting sih di undangan prinsipku jangan di kasih foto.
    Karna usaha nyetak undangan susah, tapi pas liat di kantor.. rata rata undangan di buang gitu aja di tempat sampah. Yah.. padahal kan ada fotonya.

    Eh tapi keren undangannya ka pinaaa simpeeel tapi asiqq. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha emang, kaga usah mahal2 bikin undangan karena berujung jadi sampah huhuhuhuhuhuhu

      Delete
  7. Jadi, total semua biaya nikah kurleb berapa ya?

    ReplyDelete
  8. Ya ampun, pesan moralnya ngena banget! Bisa nih siap-siap haha. Btw, selamat ya mbak!

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*