Friday, 20 October 2017

Ketika Mimin Selalu Salah di Mata Netizen Jaman Now

Nasib jadi Mimin huhu (Source).

Gengs, ijinkanlah gue menulis unek-unek yang berkaitan dengan pekerjaan admin media sosial aka Mimin. Gue sangat apresiasi pekerjaan admin media sosial karena selaen gue turut ngerasain, hal ini pun kagak mudah bok.

Gue harap tulisan ini bisa membuat mata netizen jaman now terbuka dan kagak melulu nyalahin admin media sosial. Jika dirasa ini layak disebarkan, silakan sebarkan via media sosial kalian yes.

So, chekidots 3 hal yang bikin gue gengges dengan perlakuan netizen jaman now terhadap para Mimin!

1. Yang nulis artikelnye sape, yang disalahin admin!

Kagak jarang kite biasa melihat postingan artikel yang viral gegara judulnye click bait. Kalo disimak kolom komentar promoan artikel tersebut di Facebook maupun kolom komentar postingan artikel ntu sendiri, kemungkinan besar kalian akan menemukan komentar-komentar seperti:

Contoh kasus: sebuah artikel berjudul, "Kejam! Ahok Makan Daging Badak yang dilindungi!"

Padahal kalo diklik, yang makan daging badak bukan Ahok yang mantan gubernur DKI Jakarta, melainkan orang laen yang namanye sama.

Namun komentar-komentar yang ada pasti kagak jauh-jauh semacem ini:

"Ah si Mimin click bait aje, jangan memecah belah gini dong!"
"Mimin kebanyakan makan mecin nih, artikelnye menyesatkan!"
"Miminnye pasti pasukan sakit hati!"


Sungguh tak elok bosque untuk langsung menyalahkan si admin tersebut. Karena kemungkinan besar ARTIKEL NTU DITULIS AME PENULIS KONTEN WEBSITE, BUKAN SI MIMIN!

Jadi gini loh, di setiap perusahaan yang bergerak dengan bidang media sosial, seringkali pekerjaan admin dan penulis artikel (bahkan penulis konten media sosial) ntu dilakukan oleh orang yang berbeda.

Admin pade umumnye hanya memosting konten, ngebalesin komentar berisi pujian/komplain, hingga pelapor trending media sosial terbaru ke semua anggota tim media sosial.

Kagak semua admin yang nulis setiap artikel, terlebih artikel-artikel berita gitu. Yakali deh ada jurnalis media digital yang nyambi juge jadi admin, entar kagak konsen dong pas lagi ngeliput demo yang berjilid-jilid ntu? Huehehe.

(Meskipun emang ada sebagian kecil perusahaan yang menggabungkan kedua pekerjaan ntu, admin+konten, dalam satu orang).

2. Yang ngirim hadiahnye sape, yang disalahin admin! Hadiahnye telat nyampe, yang disalahin admin!

Gue bilangin aje nih, kalo ada yang menang kuis di socmed suatu brand tapi belom nyampe-nyampe, mohon dimaklumi karena biasanye ngurus duitnye suka rada ribet prosesnye antara ahenxi (agensi periklanan) dan brand terkait. Soalnye seringkali hadiah dikirim dari ahenxi, tapi kan ahenxi kagak mau nanggung nih, pengennye si brand kasi duit dulu buat ongkos kirim. Proses antara finance brand dan ahenxi tuh suka ribet, tapi at least dalam 90 hari kerja seharusnye udeh clear dan pemenang kuis bisa langsung dapetin tuh hadiah.

Namun ada juge permasalahannye si hadiah udeh dikirim dari kapan tau tapi kagak nyampe-nyampe hingga si pemenang ngomel-ngomel di socmed. Eh pas dicek, ntu kesalahan dari ekspedisi pengiriman bahkan gegara si pemenang yang tiap ditelponin kurir kagak pernah ngangkat. Atau pernah juge kejadian hadiahnye nyangkut di satpam komplek dan tetangga sebelah, tapi ngehenye mereka kagak ngasi tuh paket hadiah langsung ke penerima seharusnye.

Rempong ye khaaan wkwk. Tapi ujung-ujungnye ape? MIMIN DISALAHIN! MIMIN CELALUW CALAH DI MATAMOOOH!


3. Yang jelek produk klien, yang disalahin admin!

"Mimin gimane sih, kok coklat gue ada belatungnye?"
"Min, tolong dong produksi susunye yang bener, masa susu yang saya beli basi?"

Loh, kok yang disalahin Mimin, kan bukan Mimin yang bikin produk? Wong yang bikin mesin pabrik produk ntu, kok!

Barangkali kalian pernah melihat komplen produk dari seseorang. Sebenernye dalem posisi admin, pasti kesel sih dengan kejadian ini, karena si pengkomplen bukannye komplen langsung di inbox Facebook Page agar bisa ditindaklanjuti (atau lapor ke Customer Service si produk) eh malah udeh koar-koar aje di postingan media sosial pribadi!

Menurut gue sih kudu diedukasi nih netizen jaman now di saat menemukan produk yang dibeli kagak sesuai harapan. Yakni dengan langsung melapor ke Customer Service yang mana kontaknye bisa ditemuin di kemasan produk (atau Googling aje kek), ke admin media sosial produk (pasti dibales kok, walaupun kadang lama ya maklumi aje mungkin Mimin lelah), dan jika udeh sebulan tapi tau-taunye masih didiemin/susah dikontak, baru deh tuh koar-koar sono.

Yang jelas, gue rasa semua brand besar (terutama), selalu ingin memberikan kualitas produk yang terbaik. Kagak mungkinlah mereka mau jual produk yang macem-macem, masa sih mau jelek-jelekin produk sendiri?

Setau gue kalo misalnye produk yang kite beli kagak sesuai, ntu bukan kesalahan brand. Bisa jadi kesalahan penyimpanan produk di gudang atau si pembelinye. Soalnye tiap produk yang dihasilkan dan diperjualbelikan harusnye udeh aman karena udeh lewatin quality control.

Misal, dalam kasus coklat yang ada belatungnye, sebut aje produk X, setelah dikaji ternyate hal ntu disebabkan coklat-coklat yang disimpen kagak di tempat yang bener. Lha wong kardusnye ditaro langsung di atas lantai gudang si empunye minimarket yang berbecek dengan kondisi ruangan yang lembab. Iyelah langsung ada hewan hewan kecil yang jahil.

Soal susu nih, terutama susu UHT (karena gue 4 taonan megang brand susu UHT), nah biasanye kalo nyimpennye kagak bener ya pasti si susu bakal berubah rasa hingga tampilan susunye macem menggumpal gitu.

Susu UHT sebaeknye langsung dihabisin karena kagak pake bahan pengawet. Kalo pun mau disisain, ya toh jangan cuman di taro di atas meja atau lemari gantung dapur. Kudu disimpen di wadah yang tertutup rapetttt serapet keperawanan Mimi Peri. Terus ditaro di kulkas, namun at least dalam waktu 2 hari udeh dihabisin.

Oh Mimi Peri, bolehkah aku merasakan keperawananmu yang kerapatannya abadi?

Bisa juge susu UHT yang dibeli kualitasnye jelek karena sempet jatoh di ketinggian tertentu (ame penjual, penjaga warung, pelanggan, anak si pembeli, dll) sehingga terjadi lubang yang kagak keliatan ame mata. Terus kandungan dari luar masuk, jadi rusak dah tuh kandungan susu.

Masalahnye netizen jaman now kebanyakan suudzon mulu ame produk orang, kagak coba tanye dulu, liat-liat informasinye dulu, ya pokonye kagak memanfaatkan teknologi yang ada!

Malah langsung nyalahin Mimin, emang Mimin yang bikin tuh produk? Mimin cuman orang biasa yang hanya sedang mencari uang demi membayar cicilan dan vendor nikahan!

--

Gue harap dengan adanye tulisan ini, berkuranglah pemikiran netizen jaman now yang kurang elok.

Jadi, apakah kalian berminat untuk menjadi ADMIN MEDIA SOSIAL? Atau kalian pernah punye pengalaman seru nan menegangkan saat udeh jadi seorang Mimin?

Anyway gue bakal ngisi acara loooh pada hari Senin, 23 Oktober 2017 nanti di Institut Bisnis Nusantara, bersama ATTA HALILINTAR! Kuylah dateng!



20 comments:

  1. Kenyang aku bekerja di ahenxi dengan drama seperti itu haha. Mulai jd admin smp jadi socmed strats wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. socmed strats jadi admin juga? wadooohh

      Delete
  2. Temen gw kerjanya gitu mpok. Terutama nomor 3 tuh. Gw jadi kebagian job desk buat dengerin curhatannya. Intinya...

    Komplain
    Komplain
    Komplain

    Waduh

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau gamau sih emang isinya komplain T.T

      Delete
  3. Wkwkwkwk i feel that way too! Sbg seorang content creator dan socmed sering bgt kejadian kek tp yasudalah namanya jga netijen jaman now kebanyakan micin hahaha

    xx,
    Kiko Kim

    ReplyDelete
    Replies
    1. kebanyakan coli ini mah bukan kebanyakan mecin wkwk

      Delete
  4. Hahahaha kasian ya para mimin-mimin. Tapi ya, udah resiko pekerjaan, gimana lagi. Harus cari cara yang tepat untuk menghadapi netijen jaman now yang suka mengidap micin berlebihan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cara yang tepatnya cuma satu : tetep sabar

      Delete
  5. Eh tapi itu yang nomor 1 emang gedeg banget... Soalnya media jaman now biar artikel nya di klik dan jadi viral suka aneh kasih judul nya... Judulnya apaa... Isinya apaa

    ReplyDelete
  6. iyasih admin kan tinggal share aja, ada yang sebenarnya bikin konten dibalik itu. oke aku gkan salahin admin lagi. kecuali soal admin CS ya, kadang ga dibales2

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk sabar deh kalo gitu, mungkin dia lelah

      Delete
  7. I can relate. Gue admin akun loker, tiap posting pasti ada aja yg nanya "gajinya berapa min?" "kira2 sodara aku bisa masuk gak disini?" "kmren udh ngirim lowongan kok gak dipanggil?", padahal itu nomer telpon diiklannya terpampang nyata, msh aja nanya ke gue. hiksss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk tipikal orang yang bakal susah sukses tuh biasanye

      Delete
  8. mimin juga manusiaaa~ mirip2 sama call center ye ujiannya >.<

    ReplyDelete
  9. Kalo di perusahaan yang cukup besar emang sih adsos, cs sama content creator dipisah, jadi bener jangan salahin mimin wkwk tapi selama identitas dirahasiakan mah gapapa.

    Beda halnya kalo buat ukm atau portal berita kecil admin sosial merangkap content creator, sekaligus costumer service sekaligus quality control, kasian multitasking + disalah-salahin, ini yang bikin apa-apa #halah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. BUSET QUALITY CONTROL? Maksudnye ngedit artikel atau ape sih?

      Delete
  10. Walaupun ini sebenarnya cerita pilu, but I can't help to ngakak :D
    Bener juga sih keknya netizen perlu dikasih pencerahan deh biar kagak sok nyalah2in. Salah satunya ya dengan artikel semacam ini.. semoga banyak netizen yang baca :))

    ReplyDelete
  11. SELAMAT DATANG DI WWW.TOKO4D.NET
    *** 1 USER ID UNTUK SEMUA GAME ***
    SPORTBOOK | LIVECASINO | E-GAMES | TOGEL | POKER | SABUNGAYAM
    Toko4d Tersedia 8 Pasaran Terbaik...
    Discount : 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 66%
    www.prediksitogeltoko4dd.blogspot.com
    - Singapore
    - Sydney
    - Hongkong
    - Magnum4d
    - Kuching
    - Wales
    - Serbia
    - Petaling
    Promo Terbaru TOKO4D.NET :
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit Sportbook 30% Setiap Hari
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Cashback Sabungayam 15%
    - Bonus Cashback Sportbook 15%
    - Bonus Cashback E-Games 20%
    - Bonus Cashback Mixparlay 100%
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT TOKO4D.NET 24 JAM ONLINE
    Pin BBM : D8AEF213 | 2BAA30F5
    LINE : TOKO4D
    WECHAT : TOKO4DCS1
    SKYPE : TOKO4D
    GMAIL : toko4d@gmail.com
    WA +855973820012

    Togel Online
    Kasino Online
    Agen Sabung Ayam
    Judi Casino
    Agen Casino
    Agen Togel
    Judi Togel
    Agen Judi
    Judi Online
    Judi Casino
    Agen Casino
    Judi Bola
    Agen Bola

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*