Kenape Sih Orang Jadi Alay?

alay
Kenape Sih Orang Jadi Alay?
Beberape waktu lalu kite sempet mendapati topik alay yang banyak diperbincangkan di akun gosip dan televisi. Penyebabnye, diawali dengan video Deddy Corbuzier yang ngomongin alay hingga artis-artis lain merasa tersindir. Kalo tersindir berarti.... ? Ya, pikir aje sendiri. 


Dipikir-pikir kayanye wajar kalo seseorang tumbuh dan berkembang menjadi alay. Meskipun sebaeknye lebih baek virus alay tersebut segera dihentikan agar kagak bikin malu sendiri, bahkan memalukan keluarga. 

Bagi gue pribadi, kata Alay sendiri memiliki makna yang beragam. Seiring berkembangnye media sosial, gue semakin memaknai bahwa alay kagak cuman sekadar pose foto yang berlebihan, melainkan juge dengan sikap berlebihan laennye di media sosial maupun dunia nyata. Kagak cuman kaum marjinal, orang kaya pun banyak yang alay, menurut gue.

Hmmm.... kayaknye poin-poin di bawah ini menjadi alasan mengapa banyak orang jadi alay:

1. Belom punye banyak pengalaman dan circle pertemanan yang lebih luas

Di media sosial kite masih seringkali melihat shitposting yang kebanyakan dari kelakuan-kelakuan ajaib bocah-abege. Di satu sisi, ya gue menertawakan. Di sisi laennye, ya gue merasa prihatin, hingga menganggap mereka wajar.

Bukan ape-ape, soalnye gue dan kalian yang lagi bace tulisan ini, pasti jaman dulunye juge alay. Pose-pose sok cantik padahal mah zonk, edit poto sampe mukanye tanpa pori-pori, memerlihatkan kemesraan dengan lebay, dll.

alay
Alay ngomongin cinta :)
Tapi seiring bertambahnye umur, kedewasaan yang makin mateng, dan circle pertemenan yang makin gede, yaaa kite pun jadi bisa berubah lebih baek. Udeh bisa memfilter diri, karena kagak mau bikin malu sendiri (yang ada entar diketawain klien!). Kagak mau kebanyakan pamer kemesraan, takutnye didoain para jomblo se-Indonesia, "Semoga si Fulan segera putus" lalu diaminkan oleh Tuhan. Ya begitu, lah!

2. Kagak punye skill yang bisa dipamerin

Kalo ada orang dewasa masih terlihat alay, harap dimaklumi aje. Macem artis-artis di tipi aje tuh, yang kerjanye cuman bully-membully-memaki-cemong-cemongin komuk-dll. Yang cuman liatin sensasi tanpa prestasi kayak si Lucinta Luna, Nikita Mirzani, dll. Begitulah kalo kagak punye skill yang memumpuni dan layak dipameri, sehingga bisanye ngalay-ngalay-cari sensasi doang di tv. Sialnye, hal ini menjadi banyak cita-cita orang laennye, untuk menjadi alay agar bisa cepet memanen pundi-pundi harta. Sialnye, sebagian besar masyarakat Indonesia demen ame beginian. Mangkenye program TV sampe video Youtube yang trending kebanyakan diisi oleh mereka yang minim skill dan banyak sensasi.

3. Butuh pengakuan


alay
Alay kepedean
Kebanyakan orang alay ntu demennye diaku sebagai orang yang : berduit banyak, populer, dan banyak ditaksir lawan jenis (atau bahkan sesama jenis, hiiii). Mereka tuh merasa cukup pengen diaku doang, tapi kagak ada usaha lebih untuk menggapai ntu semua.

Baru punye duit dikit, dipamerin ke socmed, "Alhamdulillah, rejeki anak soleh."

Baru punye followers Instagram 100 orang, maksa minta diendorse oleh online shop.

Biar diaku populer, maen Tik Tok bareng jenazah kakeknye. 

Biar diaku sangar, upload foto pas berhasil nembak mati hewan-hewan dilindungi. Atau pamer makan daging kucing dan anjing.

Kadang yang kayak gini-gini nih, yang bikin gue pengen pensiun maen socmed!

4. Demi duit dan popularitas

alay
Ape cuma gue yang merasa Syahrini alay?
Contohlah si Princess Syahrini, yang terlalu mengumbar barang-barang brandednye. Di satu sisi sih, kite merasa hal tersebut wajar, "Oh, namanye juge personal branding doi sebagai artis penuh kemewahan!" Akan tetapi, lama-lama jenuh juge banyak artis hingga orang biasa yang ngikutin gaya Princess Syahrini dengan cara maksa. Saking maksanye, pake barang-barang branded KW. Halah.

Demi duit dan popularitas, Syahrini akan terus mengumbar gaya mewahnye ke pemirsa sekalian, yang mungkin dianggep alay juge. Dan demi duit serta popularitas, Ria Ricis rela berkorban menjatuhkan harga dirinye dengan terus joged-joged gaje, buang squishy, pose foto yang maksain, dll.

5. Kurang perhatian

alay
Mungkin dia jenuh menjadi manusia normal sehingga mau jadi alay
Menurut pengamatan gue sih, seseorang yang dirawat dan diperhatikan oleh orangtua, serta deket oleh mereka, pasti kagak bakal tuh yang namanye caper ke orang laen (kecuali ke gebetannye, kalo ini maklum). Kalo malah sebaliknye? Yaaa, pasti orang tersebut akan cari cara biar bisa diperhatiin. Lalu lama-lama berasa star-syndrome, lupain semua orang terdeketnye, lupain semua masa lalunye, dan merasa hanya pengen temenan ame orang yang sejalan visi misinye dengan doi (baca: suka cari sensasi).

Oleh karena ntu, kalo kalian punye anak, mending jadiin mereka sebagai sahabat juge. Jangan kebanyakan ngatur dan protektif biar mereka merasa nyaman. Kalo mereka (anak) nyaman, pasti kagak bakal macem-macem dah ame kite sebagai orangtuanye.

6.  Iseng

Kadang yang waras bisa jadi alay gegara pengen iseng seseruan bareng temen-temennye. Kalo yang ini sih, oke-oke aje, asal jangan keseringan, ngeri jadi alay beneran. Tapi emang sih, menjadi alay ntu seru dan boleh aje sesekali kite alay. Misal, dengan bikin video tiktok-musically, bahkan dulu gue sempet suka maenin dubsmash saking jenuh ame kerjaan di ahenxi.

Jadi, menurut kalian kenape sih banyak orang yang jadi alay? Kuy komen di bawah!!!


irvina lioni

Irvina Lioni atau biasa disebut Mpok Pina, telah menjadi blogger sejak tahun 2010. Dikenal sebagai blogger Betawi yang nyablak dan berani menyuarakan melalui tulisan di blog dan status media sosialnya.

Comments
12 Comments

12 comments:

  1. Assalamu'alaykum dek Irvina.. Saya pembaca setia kamu loh dari zaman blog kancut keblenger :D
    Salam dari boedoeters 2008 :)

    ReplyDelete
  2. Gatau kenapa saya selalu suka dengan cara km menulis. Termasuk tulisan kali ini hehe seru bacanya. Sukses terus ya de :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, kakak kelas nih, thanks yaaaa :)

      Delete
  3. Klo lo termasuk alay gak mpok? wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yang gue bilang di atas: gue ngalay kalo lagi jenuh

      Delete
  4. Jika pikiran penat sama kerjaan. Emang paling asyik ngalay! 😂😂😂

    Abis tuh pasti ngerasa lega. Paling banyak ngalay dengan cara nulis sih di sosmed ataupun blog.

    Demi duit para artis kehilangan rasa malunya. Dan orang orang kadang menyukainya. Kayak aku ke mimi peri. Sesekali Nontonin dia, cuman pengen melepaskan umpatan doang. Ngerasa terhibur aja sih.. Wkwkwkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. wakakakak gue juga suka banget sama mimi peri :))

      Delete
  5. Kalo alay-alay di sekitar gua sih, gua liat kebanyakan karena alesan no 2 dan 3. Pengen di-notice sama orang lain, tapi gak tau mau menunjukkan kemampuan apa, jadinya terpaksa "menjual harga diri" deh wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Kadang-kadang alay karena emang norak aja sih, Mpok.. dan bisa jadi norak itu diakibatkan karena nomor satu. hahaha rauwisuwis

    ReplyDelete
  7. Duh bisa aja mbak nemu foto begituan. Pengen tertawa, saya merasa terhibur :3

    ReplyDelete
  8. menurut ane alay entu
    buat postingan blog tentang alay
    *hahaha

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*