Kenape Kalian Harus Kerja di Perusahaan Asing?

Kerja di Perusahaan Asing
Mau kerja di perusahaan asing? Bace ini dulu cuy! (Sumber Foto)
Selama lebih dari empat tahun, gue bekerja di salah satu perusahaan asing. Walaupun bikin banyak ngeluh, tapi sebenernye di sisi laen gue bersyukur, karena di perusahaan asing ini gue mendapatkan hal-hal yang mungkin kagak ditemukan di perusahaan lokal.

Kayak ape aje, tuh?

1. Bisa les bahasa Inggris gratis!

Kerja di Perusahaan Asing

Sebenernye gue masuk ke perusahaan asing tersebut karena untung-untungan aje, gitu. Kemampuan untuk ngerjain berbagai kerjaan sih, wah bukan maksud sombong, gue termasuk multi talenta, bahkan ntu disebutkan oleh anak baru yang menggantikan gue saat ini.

"Jadi, elo ngerjain satu brand itu sendiri? Gue aje ngerjainnye berdua sama si Putri!" kata si anak baru yang bercerita soal kerjaan gue yang udeh dikerjain ame doi, setelah 1 bulan kami bertemu tempo hari.

Tapi ada satu kekurangan gue, yakni gue kagak cukup bagus untuk ngomong bahasa Inggris. Pasti bakal banyak jeda karena gue kebanyakan mikir, ditambah gugup, dan takut salah ngomong. Ape lagi kalo ngomong ame ekspat, duh gue stres sih biasanye.

Namun dibandingkan tahun-tahun pertama, emang lama-lama jadi makin woles ngomong Inggris walau salahnye banyak, yang penting gue jadi lebih berani, terus kalo salah jadi bisa dibenerin ame temen yang lebih jago. Kagak usah mahal-mahal ke EF dah gue! Les gratis aje udeh di kantor!

2. Gaji lebih gede dari perusahaan lokal

Kerja di Perusahaan Asing

Salah satu temen ex kantor yang sebelomnye kerja di lokal pernah bilang, kalo gaji kite di kantor asing ntu tuh gede banget untuk ukuran jabatan kite dulu. Bahkan bisa 2 kali lipet, cuy! Makanye kite bisa-bisa aje tuh hidup hedon kayak Awkarin. Gue aje tiap hari bisa makan nasi goreng 40 ribuan di mall.

3. Gaji selalu dateng tepat waktu

Kerja di Perusahaan Asing

Dulu tuh gue selalu gajian tiap tanggal 25. Kalopun tanggal tersebut hadir di tanggal merah atau akhir pekan, pasti akan dimajuin. Yang namanye telat tuh, hampir kagak pernah deh, paling cuman telat beberape jam doang. Misal, harusnye gaji masuk jam 10 pagi, kadang baru masuk jam 1 siang. Ini juge jarang banget, sih.

Berbeda dengan salah satu sodara gue di salah satu perusahaan lokal (milik pemerintah pula) yang bahkan gajinye 3 bulan belom dibayar-bayar, dan yang ngeselin doi kagak ngomel-ngomel gitu, sok-sok legowo. Gue sih bisa ngamuk-ngamuk, deh. Bahkan ada sodara gue laennye (ex karyawan Sevel) yang gajinye selama 7 bulan belom cair, plus kagak dapet pesangon sepeserpun sampe sekarang cooooyyyy! Gila!

4. Biasanye punye karyawan yang berkelas dan berbobot

Kerja di Perusahaan Asing

Kok bisa, sih? Yaaa, karena karyawan yang bisa masuk sebelomnye pasti disaring dulu. Yang dipilih pasti lulusan luar negeri atau PTN-PTS ternama. Terus kebanyakan nih, pasti karyawannye yang udeh lahir kaya. Dari segi pemikiran, mereka lebih maju. Mereka juge pede dan berprestasi. Gue aje sempet jiper pas tau temen-temen kantor kebanyakan lulusan luar negeri, tajir melintir pula!

5.  Belajar banyak budaya

Kerja di Perusahaan Asing

Karena banyak temen-temen lulusan luar negeri plus expat, jadi pas kite ngobrol-ngobrol, mereka tuh suka ceritain budaya-budaya luar sono. Misalnye, temen ex kantor yang pernah kuliah di Amrik, bilang kalo bule tuh tiap hari sukanye nyapa "Ape kabar? Cuaca hari ini gimana?"

Seumur-umur gue kagak pernah ditanye soal cuaca ame orang Indonesia wkwk.

6. Outing selalu ke luar negeri

Kerja di Perusahaan Asing

Selain bonus tahunan, ada outing ke luar negeri dong! Ke Singapur mah, biasaaa. Kite mah udeh keliling Asia Timur! Bahkan ada temen gue di kantor asing laennye, yang jalan-jalannye sampe ke Paris, cuy! WAGELASIEEEHH!!!

(Bukan kok, temen gue bukan anak MLM yang pidioin Eiffel goyang-goyang).

Selain ntu, selalu ada kesempatan untuk pertukaran karyawan antar negara. Kece, kan!

7. Lebih bergengsi

Kerja di Perusahaan Asing

Iyelaaah, secara masuknye susah. Cuman orang berkemampuan luar biasa dan orang beruntung yang bisa masuk. Terus jadi kagak malu buat diceritain ke temen-temen. Lagian jarang-jarang deh pasti di satu angkatan sekolah kalian yang bisa kerja di kantor asing. Pasti kebanyakan kerja di bank atau PNS.

Terus, biar bisa tembus ke perusahaan asing, pegimane dah?

1. Sedari kuliah udeh mulai kembangin bakat dan minat, lalu taro porto folionya di media sosial khusus atau blog pribadi. Belajarlah yang bener, biar dapetin IP tinggi, sehingga perusahaan kece mau nerima kalian!

2. Perbanyak jaringan dengan orang-orang yang bekerja di perusahaan asing.

3. Jeli melihat lowongan kerja di perusahaan asing, baik melalui di media massa maupun media sosial. Gue aje nemunye di Twitter, cuy.

Cukup sederhana, kan? Heehehe.

Kalopun gagal, kagak perlu khawatir cuy, coba lagi terus menerus. Kalo emang gagal maning gagal maning, yaa mungkin jodohnye di perusahaan laen. Apepun kerjaannye, di perusahaan kayak apapun, silakan aje deh, yang penting halal dan kalian menikmatinyeeee. Moga-moga aje bisa sukses! Amiiinnn!

Sekian tulisan gue kali ini, semoga berfaedah dan menjadi penyemangat buat adek-adek sekalian.


irvina lioni

Irvina Lioni atau biasa disebut Mpok Pina, telah menjadi blogger sejak tahun 2010. Dikenal sebagai blogger Betawi yang nyablak dan berani menyuarakan melalui tulisan di blog dan status media sosialnya.

Comments
2 Comments

2 comments:

  1. saya juga kerja di perusahaan asing awalnya sih bisa ngelancarin ngomong bahasa jepang tapi kok lama2 jadi bosen ya..

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*