Hal-hal Nyebelin Orang Awam Terhadap Orang Periklanan!

Ape aje hayooo?

Jadi ceritanye nih, gue udeh 2 taon jadi anak ahenxi. Ahenxi adalah nama gaul dari agensi, sebutan buat kantor periklanan. Tapi kebanyakan orang awam, agensi ntu biasanye diidentikkan dengan tempat penyalur artis dan model. Padahal, kagak juge, kaleeeee.

Suatu hari ada yang nanye ame gue, "Pin lu kerja di mane, sih?"

"Ahenxi, Mas!"

"Wuihhh enak banget setiap hari ketemu artis, dong? Mau dong gue jadi artis! Bayar berape sih?"

GUBRAAAAKKK!

Berikut adalah daftar hal-hal nyebelin nyebelin dari orang awam terhadap orang ahenxi!

1. Orang periklanan sering disangka tukang bikin spanduk, brosur, stempel, bahkan tukang percetakan!

Jadi ceritanye, emak gue mau mencalonkan diri sebagai ketua RT. Terus doi nyeletuk ke gue, "Pin, kamu kan anak periklanan, berarti bisa dong mama dibikinin spanduk di kantor kamu! Sekalian dicetak ye! Gratis, kan?

GUBRAAAAAKKKK!

Saudara saudara sekalian.... kagak bisa dipungkiri bahwa agensi periklanan pun turut ditugaskan oleh setiap kliennye buat bikin spanduk, brosur, banner, dan nyetak (yang nyetak tukang percetakan langganan si agensi). Tapi harap diinget bahwa agensi berbeda sekali dengan tempat percetakan. Proses kerjanye pun beda bangeeeeetttt! Kayak gini niiiihhh...

Advertising Process by elementd.com


Kalo di tempat percetakan (yang biasa ada di deket kampus-kampus), orang mau minta dibikinin desain spanduk dan cetak langsung pun bisa. Yang minta bisa dari kalangan mahasiswa, warga sekitar, atau nenek lo juge bisa.

Nah kalo di agensi, tentunye bedaaaaa. Orang yang mau dibikinin iklan TV, billboard, sampe spanduk gitu gitu mah, kudu ada kontrak dulu. Sebelom kontrak, kite (dari pihak ahenxi) kudu menang pitching dulu! Duuuh, pitching apaan sih, Mpok? Sejenis cacing kremi ape bijimane?

Pitching tuh macem kite (dari berbagai kantor ahenxi berbeda) berlomba-lomba dapetin proyek bisnis dari calon klien dengan cara mempresentasikan hal-hal kreatif. Dari sekian ahenxi yang presentasi, bakal ada 1 yang dimenangin, terus bikin kontrak deh! Di dalem kontrak terus dijabarin, kite dari pihak ahenxi bakal ditugasin ape aje. Apakah cuma megang TVC doang, TVC plus media cetak, digital, dll.

Di kantor gue sendiri ada 1 klien dari brand bank gitu. Si klien kagak jarang minta dibikinin brosur dan banner. Bedanye dengan tempat percetakan, di ahenxi kite selalu mengadakan brainstorming ide sebelum eksekusi brosur dan banner. Desainnye juge beda ame desain ala abang-abang di samping kampus! Yang jadi art director (lets say tukang gambar/desain dan pengarah gaya di setiap pemotretan, halaaah) pun di kantor gue tuh kebanyakan lulusan luar negeri (UK, China, dsb), kalo pun dalem negeri ya ITB (bukan Institut Tambel Ban). Belom lagi nanti brosurnye ditelaah lebih lanjut ame si final artist. Terus revisi beberape kali. Pokonye lieuurrrr lah bikin brosur doang!

Coba kalo bikin brosur di tempat percetakan yang sehari jadi... mane ada sampe brainstorming dulu... yang ada kite minta terima jadi aje huahahaha :p

2. Karena sering pulang pagi orang periklanan sering dianggep orang kagak bener ame tetangga!

Kagak enaknye punye tetangga yang jadi biang gosip mah gitu, kadang suka sotoy dan nyebarin fitnah. Mereka kagak ngerasain sih, saat kite mau pulang jam 6 sore, eh tau-tau si klien minta revisian saat ntu juge!



Btw secepet-cepetnye kite pulang tuh jam.... liat aje di bawah ini :))




3. Nasib anak digital, kerjaan megang Facebook, Twitter, Instagram, eh dianggep sebelah mata!

Jauhilah pemikiran bahwa kerja megang social media ntu gampang. Cuman bikin status terus udeh bisa langsung pulang. Kagak begituuuuu oyyyyy! Belom tau aje kan bikin monthly socmed report sampe 70an slides. Mata siwer analisis engagement dan activity kompetitor yang super buanyak. Belom lagi kalo ada activity. Perintilannye buanyak bener. Tiap hari klien suka ngasi tambahan pula. Konten yang dibikin pun selalu disertakan desain foto atau ilustrasi yang rada memakan waktu. Terus ape lagi yak... oh iyaaakk, jadi admin ntu kadang malesin, suka nemu yang nyebelin atau pertanyaan kagak penting! Misalnye dulu gue ditanyain gini, "Min, kalo anak saya minum susu yang rasa stroberi, eeknye bakal jadi warna pink gak?" AAAAARRRGGGHHHH KZL!!!!!

4. "Oh, orang iklan, yeeee? Bisa dong masukin iklan nih mobil gue di koran Kompas!" Ampuuuunnn deeeeh, ntu bukan kerjaan kite oooyyyy!!!

5. "Oh kamu orang iklan? Berarti jago desain, dong?" Gubraaaaakkk! Yaelaaah emangnye yang kerja di periklanan kudu pinter desain, ape. Kan kantor periklanan juge punye jabatan laen yang non desain, yakaleeee satu kantor art director semua. Nih, jabatanye selaen yang suka desain-desain ada bagian finance, planner, HRD, account executive, copywriter, etc. Fyi yeeee, jabatan yang tadi gue sebutin tuh jabatan yang kagak ada sangkut pautnye jadi tukang ngedesain.

Apakah pekerjaan kalian yang sekarang suka ditanyain macem-macem bin aneh-aneh dari orang sekitar? SHARE bisa kaleeee di kolom komentar!

Sumber video dari: http://harihariahensi.tumblr.com

25 comments:

  1. Ini yang masih aku galauin buat penjurusan nanti, mau masuk periklanan atau masuk broadcast. Mau masuk periklanan takut sama tugas desain, soalnya buta banget soal desain mendesain :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kan....

      selama gue kuliah advertising di Untar, yang namanye desain itu bukan yang utama. yang penting konsep ide dan eksekusi. tugas kuliahnye kebanyakan dibuat berkelompok, nah kalo lo kagak bisa desain, kan bisa temen lain yang ngerjain, lo bisa bantu ide pas brainstorming.

      Delete
  2. betawi banget ngomong nye...

    ReplyDelete
  3. Asyik banget tuh kerjaannya, Mpok!

    ReplyDelete
  4. aku jadi kepikiran metopen untuk perusahan periklanan nih mpok

    ReplyDelete
  5. jadi kebayang nih mpok kerjaan anak ahenxi ituh...
    kayaknya harusnya dulu masuk jurusan advertising deh..kenapa ambil teknik mesin ya? yaudahlah yak..udah lulus ini heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga juga sih.... selama lo ngerti dan ada minat ke bidang marketing dan advertising, mungkin bisa dicoba

      Delete
  6. Paling cepet jam 10? Ebuset.
    Kayaknya yang paling banyak di dapetin di tempat yang adrenalin rush kayak gini pengalamannya, ya kak?

    Setelah baca post ini, Terus di tambah baca tulisan Laporan survei anak ahensi nya om Manampiring, makin tertarik sama ahensi. ( .____.)
    Apalagi setiap ngejalanin mata kuliah yang ada hubungannya sama beginian, proses ide dan konsep nya panjang, nguras tenaga. Tapi asik, nggak tau kenapa. Ini gue yang doyan beginian apa doyan menyiksa diri? embuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernye semua kerjaan tuh sama, bikin kite punye pengalaman baru.

      ahenxi life tuh asik sih menurut gue, masih bisa santai di tengah kesibukan. di kantor gue kalo anak-anaknye udeh pade kecapean mikir, bakal maen PS4 atau maen pingpong. bagi kite kan wajar ye. coba kalo kerja di kantor bank gitu, kalo lagi mumet ape bisa maen PS di kantor huahahaha.

      yang jelas, di ahenxi peraturannye kagak ketat. gue aje sering ngantor jam 11 :))

      Delete
  7. intinya mah kalau mauu masuk ke dunia kaye lu mpok harus org2 kreatipp!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. atau orang yang mau mencoba dan berusaha menjadi kreatiiipppp!

      Delete
  8. Jangankan kerajaan, jurusan pun banyak yang nyepelekan.. padahal setiap pekerjaan dan jurusan juga punya kesulitan tersendiri..

    Sebenarnya bukan di sepelekan sih, tapi lebih tepatnya yah dikira gampang dan banyak anggapan yang salah gegara gak faham..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuppp... begitulah kebanyakan orang sotoy di dunia ini

      Delete
  9. Orang agensi itu orang-orang gila sinting yang kayaknya gak mentingin duit doang ya. Kerjanya mikir mikir mikir, eksekusi. Dan baru tahu ternyata ada pitching2an, sama kayak menangin tender gitu ya? Muahaha itu pertanyaan apaan yang minum susu stroberi. Kebiasaan kan orang kita jail2 mah. :))

    ReplyDelete
  10. keren kak pin.. :D jadi nambah pengetahuan tentang dunia ahenxi yang sebenernye pengen juga saya masukin hahahah

    ReplyDelete
  11. Busyeng pulang cepetnya anak ahenxi jam 10, kalo selesai lembur ampe kapan tuh xD

    ReplyDelete
  12. Semoga orang awam pade baca nih tulisan.
    Ngertiin dikit napa, kerjaan mpok pinah & the gengs ini :")

    ReplyDelete
  13. jd dikit ngerti gue nih, soalnya trmasuk awam jg. hehehheh...
    jd critanya ahenxi tu skalanya lebih besar lah ya krna sampe ada ikatan kontrak gtu.

    trus yg no 5 itu ngakak gua bacanya. itu org yg mikir klo org iklan mesti jago desain tu dah bkn awam lg namanya. awam bertubi-tubu tuh...ampun dah...

    ReplyDelete
  14. whhahaha... ada kasus yang agak mirip sih, gue anak percetakan n kadang ada aja klien yang nggak ngerti proses desain,contoh bikin kartu nama atau banner kadang suka ada tu klien yg bilang "owh desainnya bayar ya.." lha.. kalo nggak pake desain situ mau cetak apaan.. whhaha

    btw blognya makin ajib pin.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.