Rumah Orang Indonesia Yang Sebaiknye Kagak Ditiru

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan

Pasti kalian kepengen banget punye rumah sendiri, iye kan? Kalo bisa, jangan sampe deh kalian punye rumah kayak kebanyakan orang Indonesia ini!

1. Letak dapur ada di paling belakang rumah tanpa ada jendela atau ventilasi di dalemnye
rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Hayooo, dapur kalian berantakan kayak gini kagak? (Sumber)
Sebenernye sih alasan kenape letak dapur selalu ada di belakang rumah ntu berawal dari nenek moyang kite. Bedanye, di rumah nenek moyang tuh, pada area dapur ada pintu keluar menuju kebon, jadi aroma masakan kagak masuk ke ruangan laen. Kalo dipikir-pikir, enak banget rumah nenek moyang kite dulu karena pasti lahannye gede, pun tanah sisanye juge gede. Kalo sekarang, bisa nanem hidroponik aje udeh bersyukur.

Sejujurnye gue kagak melarang kalian yang mau naro dapur di depan atau belakang rumah. Tapi... plis, kasi jendela atau ventilasi di dapur, biar aroma masakan kagak menyeruak ke seluruh ruangan. Bikin sofa, gorden, karpet, suka berasa ada bau-bau masakan, tau gaaakkk!

Emak gue aje pade akhirnye menyadari, "Duh, Mama sekarang males masak deh, soalnye gelap en pengapppp!"

Mungkin berawal dari situ, sampe akhirnye di dua rumah doi laennye, doi bangun dapur dengan banyak bukaan dan menghadap taman belakang. Bersyukur emak gue akhirnye tersadar (padahal sedari kecil gue udeh nyadar kalo dapur di pojokan tanpa jendela ntu bener-bener pengap).

2. Pake kanopi yang menutupi depan rumah, terlebih kanopi dengan genteng asbes


rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Kasihan rumahnye kagak kena sinar matahari (Sumber)
Udeh rumahnye kecil, eh keliatan makin kecil setelah ditutupi kanopi di seluruh bukaan rumah depan (taman dan carport). Padahal eksterior depannye tuh bagus, tapi kebanyakan terlihat jadi gagal penampakan rumahnye kayak foto di atas.

Gue tuh suka gatel banget kepengen renovasi rumah model begitu. Kalo gue horang kayah sih, gue renovasi deh tuh rumah-rumah orang! Anggep aje buat menyalurkan bakat dan sedekah. Wkwkwk.

3. Meletakkan jemuran di depan rumah

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Duh, jadi kagak enak ngeliat rumahnye gegara ada jemuran (Sumber)
Percayalah bahwa estetika rumah jadi super jelek saat di depannye ada jemuran kancut wkwk. Ketimbang naro jemuran di depan rumah, lebih baek taro jemuran di belakang atau sisa tanah di samping rumah, kecil aje kagak usah gede-gede, yang penting tempatnye bisa kena matahari.

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Contoh tempat jemur yang bisa dicontoh. (Sumber)
4. Furnitur rumah kagak saling nyambung dalam satu ruangan

Kalo kepengen pake tema interior yang campur-campur sih, yang penting pastiin pake referensi yang bagus. Kudu tetep aestetik, jangan sampe malah gagal suragal dan bikin orang rumah jadi kagak betah.

Menurut gue, lebih baek dalem satu rumah, ada tema garis besar yang pengen diusung. Misal, minimalis.

Atau, kalo kalian masih kekeuh pengennye satu rumah segala macem tema ada, kalian bisa membedakan tema interior di satu ruangan dengan ruangan laen, kalo bisa temanye yang kagak jomplang wkwkwk. Bukannye mencampurkan berbagai tema interior dalam satu ruangan. Misal, ruang keluarga yang utamanye pake tema industrial, tapi pernak-perniknye Shabby Chic dengan furnitur ala-ala Jawa klasik dan ruang kelas TK yang warna-warni.

Alih-alih biar kagak bosen dengan satu tema tok, kalian bisa klasifikasiin berbagai tema tergantung dari fungsi ruangan dan pemilik ruangan ntu sendiri.

Misal, jika ruang tamu kepengen dibikin industrial, maka furniturnye bisa milih yang berbahan metal, kayu pinus, atau segala benda dari hasil daur ulang, dengan sentuhan warna monokrom dan menyiratkan maskulinitas. Lalu kamar anak cowo bisa dibikin dengan konsep elegan berwarna item atau monokrom, agar terkesan dari satu tema ke tema laen kagak jomplang banget. Atau kalo kebanyakan ruangan di rumah pake tema Amerika Klasik, maka bolehlah kamar utama dibikin tema Shabby Chic.

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Contoh interior Amerika Klasik, yang menurut gue masih bisa lah temanya dicampur dengan Shabby Chic yang penuh bunga-bunga dan warna pastel. (Sumber)

5. Kebanyakan furnitur dan pajangan/printilan

Sape yang rumah orangtua atau neneknye kebanyakan furnitur dan pajangan, ayo acungkan tititmuuu, eeeh telunjukmuuuu! Wkwk.

Sumpah ye, mata tuh kagak enak banget kalo liat rumah kebanyakan funitur dan pajangan. Ape lagi kalo kagak saling nyambung dan pajangannye serem (macem patung harimau, guci segede gaban, keris, dll).

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Buset dah, mata gue siwerrrr liat dapur penuh perintilan diekspos semua gini (Sumber)
Percayalah bahwa yang berlebihan ntu sungguh kagak elok, pemirsaaahhhh! Mending secukupnye aje, biar elegan dan bersihinnye gampang.

Gue tuh suka pusing kalo nyapu-ngepelin rumah emak yang kebanyakan barang. Belom lagi kudu ngelap satu persatu pajangan yang segambreng di lemari kaca. Asli, sampe kudu nungging-nungging, geser-geser bangku en meja, hadeeeuuhhh. Dari situlah gue merasa: kalo punye rumah pokonye kagak mau kebanyakan furnitur!

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Bagus sih, tapi sempit dan nyapu/ngepelnye peer bener! (Sumber)
6. Pake cat warna gelap pada ruangan yang sempit

Ini terjadi pada kebanyakan rumah emak gue. Ada ijo kayak greenscreen yang biasa dipake buat syuting. Ada merah marun. Ada coklat tua. Hadeuh, cat gelap dipake di ruangan yang cukup luas mah kagak nape. Kalo sempit, rumahnye berasa punye aura kagak enak. Pantes ada aje setan di rumah emak sampe doi sering kesurupan.

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Cukup 1 sisi aje buat dicat warna gelap. (Sumber)
Dari situlah gue merasa, lebih baek kasi cat ruangan dengan warna netral dan kalem. Rasa-rasanye, lebih elegan, bersih, kagak serem, dan terkesan lapang. Cat warna tua sih oke-oke aje selama emang penempatannye sesuai dan kagak dipake pada semua tembok rumah atau sekadar dijadikan aksen. Menurut kalian?

7. Meletakkan kamar mandi tanpa ada ventilasi di dalemnye

Bagi gue, wajib hukumnye kamar mandi memiliki ventilasi yang menghadap ke luar bangunan rumah. Sehingga udara dapat saling berganti; udara bau dari dalem kamar mandi ke luar, yang ada di luar masuk memberikan oksigen. Sehingga kamar mandi tercium lebih enak (alias kagak bau pesing) dan kagak lembab. Kalo lembab, lebih mudah berjamur, kan jijique. Kayak kamar mandi di rumah gue yang lama, saking lembabnye, sampe ada jamur gede warna kuning tumbuh coy. Auk dah tuh berjamur ape kagak.

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Kagak ada salahnye juge buat naro jendela di kamar mandi, jika memungkinkan. (Sumber)
Bahkan kalo bisa, sekitar 3 genteng biasa bisa diganti dengan genteng bening. Jadi setan-setan yang konon takut dengan matahari, ogah deh tuh bersemayam di kamar mandi. Heheehe. Kagak deh, biar kamar mandi kagak terus-terusan kudu pake lampu kalo mau dipake. Hemat listrik = cinta bumi!

8. Rumahnye kecil, tapi ditutupi dengan pagar tinggi dan teralis yang kurang tepat

rumah orang indonesia yang tidak direkomendasikan
Di rumah lama gue dulu, kebanyakan tetangga punye rumah modelan begini (Sumber)
Duh, jangan sampe deh rumah kalian kayak di foto atas. Kalo misalnye, amit-amit nih, rumah kalian kebakaran, susah banget nek petugas kebakaran kalo mau nyiremin aer. Segala semua sudut ditutup rapet gitu, huhu. Kesannye malah kayak penjara, bukan tempat tinggal.

--

Kalo kalian paling kagak demen dengan rumah yang kayak pegimane? Cerite dong di kolom komentar.



16 comments:

  1. Dari semua yang ada di list, yang paling nggak banget sih sudah jelas nomor 8. Nggak kelihatan apa-apa. Bener kata Mpok Pina, itu rumah apa penjara. Kok sampai gitu amat.

    Masalahnya gimana rumahnya model ruko, mpok? Kira-kira bisa dimodel gak ya bagian depannya? kan biasanya ruko modelnya standar semua tuh. Pintu garasi semua bagian depannya. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo model ruko, sebenernye hampir sama dengan rumah biasa. yang paling penting sih menurut gue dapur dan kamar mandi harus banget ada ventilasi atau jendela kecil yang menghadap ke luar bangunan. soal interior bisa dicontek di website desainer interior selama ada duitnya wkwkwk. yang paling penting kalo rumahnye sempit, jangan sampe kebanyakan barang.

      Delete
  2. aku gak suka sama cat gelap, banyak printilan yang gak ada fungsinya kayak foto bingkai, guci, minim jendela dan minim fentilasi. Jadinya pengap banget.

    Terus juga gak suka sama rumah orang yang dinding depan rumahnya ada tekhelnya (btw tulisannya bener gk sih? 😅) kesannya kayak di kamar mandi 😅😅😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. tegel yak maksud arum? wkwkwk.

      padahal gue tadinye kepengen pake tegel di depan rumah, eh pas arum ngomong gini, jadi mikir2 lagi wkwkwkwkwk

      Delete
  3. Rumah orangtua sebenarnya kalau dari sisi penampilan harusnya sih bisa lebih baik lagi, tapi apa dikata maunya ibu negara ywdh nunduk aja. Anak ceweknya gak pernah declare suka pink, eh malah kamar dicat pink tua yg which is kalo belajar lumayan gelap, kan aku tuh gak bisa gelap-gelapan :( Trus pindah ke kosan berasa lega banget meski cuma 2x3 m gegara dindingnya putih, minus gak ada jendela ke luar bangunan aja, wkwk.

    Fix kalo punya rumah, gw pengen yang minimalis aja, cat putih, lega, jendela terang, kagak pake furnitur gak penting dah, lagian enak jg kan ya bebersihnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting catnya warna terang aja, putih atau pastel, biar kesannya gak sempit. dan bener, jangan pake furnitur kebanyakan entar ribet nyapu ngepelnye wkwkwkwkwkkw

      Delete
  4. Aku setuju banget sama semua pointnya. Kalo kanopi mungkin biar gak keujanan pin jafi kalo jemur baju gak usah diangkat2 lagi. hihi :). Tapi mungkin bisa diakalin pake kanopi bening kali ya? biar gak gelap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, bisa pake kanopi warna bening dan cukup di bagian carport, gak di semua sisi depan rumah

      Delete
  5. no 8 banyakan rumah orang Cina sih, trauma kerusuhan 98.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wow, iyakah?

      kalo di perkampungan masih nemuin modelan gitu. kalo di komplek (apalagi elit) paling cuma pagar tinggi yang masih sesuai dengan rumahnya yang juga tinggi)

      Delete
  6. Rumah emak gue dominan putih sih pin.. Tp yg bikin bete itu furniture kayu jeparanya itu yaampun... Kursi tamu sm meja makan bunder 6 kursi yg berukir2... Tinggal setel tembang jawa aja wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya bagus itu furnitur jepara. kalo mau dibikin kekinian, dicat warna putih aja. jadi kesan jadul dan seremnya hilang.

      Delete
  7. Kanopi full buat rumah yg ngehadap barat berguna pin. Aje gile kl gak di kanopiin kalo menjelang siang sampe sore panasnya menembus kemana2 jadi males mau ngapa2in dirumah

    ReplyDelete
    Replies
    1. salah satu rumah emak gue menghadap barat, tapi disiati dengan nanem pohon cuy. jadinya adem hehe

      Delete
  8. Alhamdulillah baru selese renov kecil2an kurleb ide ka pina sm ky gue. Jemuran dibelakang sm dapur ada ventilasi. Baru itu aja sih. Blm ada kanopi tralis dll nabung dlu wkwk. Setelah baca postingan jd punya inspirasi lagi. Makasi ye mpok :*

    ReplyDelete
  9. Aku sih yang paling utama, kamar mandi kudu ada sumber udara. Paling males kalo mau pake kamar mandi, terus lantainya becek.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.