Tips Jalan-Jalan Hemat Ala Mpok Pina

tips hemat jalan jalan irvina lioni

Meski kalian Sobat Misqueen kayak gue, kalian berhak kok untuk menikmati hidup dengan aktivitas jalan-jalan. Tentunye dengan cara jalan-jalan hemat! Emang bisa? Bace aje dah nih tips hemat jalan-jalan dari Mpok Pina berikut ini.

1. Bawa makanan dari rumah

tips hemat jalan jalan irvina lioni
Walau cuman ke Taman Monas, bawa bekal dari rumah adalah solusi hemat~~~ (Sumber)
Waktu gue ke Jepang, gue kerapkali diledeki oleh temen, "Ngapain sih bawa-bawa makanan dari rumah?"

Gue pribadi bersyukur udeh menjadi manusia setengah vegetarian dan memiliki mulut yang Indonesia banget. Jadi, tiap ke luar negeri pasti gue selalu meminta emak untuk memasak tempe orek yang kemudian dimasukin ke dalem toples (mungkin akan bawa rendang kalo gue doyan daging utuh, hehe).

Selain tempe orek, gue juge kerap membawa abon sapi dan mie instan. Saat berada di tempat tujuan, gue tinggal membeli nasi, deh. Kalo di luar negeri (terutama Asia), nasi bisa dibeli di minimarket terdekat. Harganye paling 25 ribu kalo dirupiahin (jangan samakan dengan beli nasi di warteg yang cuma Rp 5.000 aje coy).

Ternyate lumayan irit juge brosis bawa makanan dari rumah. Perut kenyang, kagak banyak jajan, dan terhindar dari makanan yang ternyate kagak halal (untuk Muslim).

Kalo jalan-jalannye hanya di dalem ngeri, biasanye tergantung dari lokasi yang dituju. Kalo di sono gue merasa makanannye kagak gue banget, gue akan bawa makanan dari rumah. Kalo makanannye gue banget, ya gue kagak bawa makanan.

Gue sih yakin banget, pasti sebagian dari kalian udeh pernah melakukan cara gue di nomor satu ini, iye kan?

2. Riset tempat makan murah meriah

tips hemat jalan jalan irvina lioni
Biasakan cari tau dulu, beb. (Sumber)
Biasakan untuk meriset tempat makan murah di lokasi tujuan manapun, kalo kalian tipikal backpacker Sobat Misqueen kayak gue. Hehe. Bisa googling, lihat di website travel, tanye-tanye temen, atau cek berbagai utas (thread) terkait aktivitas jalan-jalan di media sosial. Dengan begitu, jalan-jalan kalian pun bisa lebih hemat. Sisa uang bisa kalian alokasikan untuk membeli oleh-oleh atau ditabung lagi deh~~~

Meriset juge kudu dilakuin buat kalian yang kekeuh kepengen mengkonsumsi yang halal-halal doang. Jangan cuman nyalahin tempat destinasi dengan sebutan, "Huh, dasar negara kafir!" plis kalian kudu bijak dengan diri sendiri! Inget kan pepatah ini: di mane bumi dipijak, di situ langit dijunjung~~~

3. Jangan tergiur belanja sesuatu yang kurang penting

tips hemat jalan jalan irvina lioni
Kalo di pasar deket rumah ada yang jual barang-barang persis kayak di tempat destinasi wisata, mending kagak usah dibeli. Kalopun mau beli oleh-oleh, cari yang lebih reasonable harganye dan bermanfaat buat dipake sehari-hari. (Sumber)
Jujur nih yeee, gue paling mudah tergiur melihat oleh-oleh khas tempat tujuan jalan-jalan! Misalnye, pas lagi di Jepang, gue tergiur banget membeli mainan tradisional, kipas ala Jepang, kimono, kue-kue, dsb. Kalo ke Jogja atau Solo, pengennye membeli berbagai batik. Hehe.

Apa daya, gue hanyalah Sobat Misqueen yang kagak bisa belanja banyak selama jalan-jalan!
Kalo beli 1-2 barang aje (untuk diri sendiri), mungkin kagak nape-nape. Tapi kalo emang lagi berupaya hemat selama jalan-jalan, mau kagak mau harus membatasi diri untuk kagak banyak belanja.

Sekalipun mau belanja, ya harus beli yang murah meriah namun tetap bagus atau enak (untuk makanan). Kalo bisa sih, beli sesuatu yang bisa dinikmati bersama, misalnye nih makanan khas seperti bakpia Pathok ala Jogja. Bisa dimakan bareng keluarga dan kerabat terdekat, sembari nonton bola bareng atau curcolan.

4. Mengunjungi tempat yang kagak ada biaya masuk atau dengan biaya masuk terjangkau

tips hemat jalan jalan irvina lioni
Cari destinasi yang gratis tis tis tis atau... kalopun ada HTM, cari yang murah meriaaaahhh (Sumber)
Sebelum ke tempat tujuan, jangan lupa untuk riset tempat wisata yang ramah di kantong. Kalau gratis, malah lebih baik, hehe.

Biasanye nih, tempat wisata yang kagak dipungut biaya yakni : taman / alun-alun kota, tembok-tembok berisi mural yang dibuat seniman lokal, gedung ikonik kota, dan sebagainye.

Sedangkan tempat wisata yang biasanye memiliki harga tiket masuk terjangkau : museum, taman ria, tempat-tempat wisata alam (gunung, bukit, hutan, pantai), dan sebagainye.

5. Menginap di homestay atau menginap di rumah temen

tips hemat jalan jalan irvina lioni
Jangan malu buat bobok di homestay, meski kagak semewah hotel tapi tetep bisa bobo nyaman kok. Yang penting banyak riset aje (Sumber)
Homestay biasanye memiliki harga kamar yang terjangkau gilak bagi backpacker. Di Jogja aje nih, kalian bisa menemukan berbagai homestay yang harga permalamnye hanya Rp 50.000 - Rp 100.000-an doang coy. Bahkan dengan harga terjangkau ntu, ada homestay yang berbaik hati memberikan fasilitas sarapan buat kalian. Lumayan, jadi kagak keluar uang di pagi hari.

Mau lebih irit lagi? Perbanyak temen! Gue pernah lho menginap di rumah atau kost milik temen blogger sewaktu jalan-jalan ke Malang dan Surabaya. Malah lebih seru karena mereka bisa sekalian jadi tour guide pribadi. Hehehe.

Kalian punye tips jalan-jalan hemat laennye? Komen keleus di bawah~~~

Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.