Saat Kau Sebut Kami Bodoh dan Pecundang

Selamat memilih! (Sumber)
Setiap pemilu pasti ngerasa lebih pusing. Terlebih saat besok kite mendapati pemilu serentak (kaga cuman pilpres doang), saat-saat di mane kite bakal dipusingkan untuk memilih banyak calon wakil rakyat.

Sebelomnye, ijinkanlah gue untuk memaparkan bahwa gue benci suasana pemilu (inget, suasana).

1. Kampanye terselubung. Di mesjid yang awalnye solawatan terus kampanye suruh pilih presiden tertentu. Di konser musik yang dijanjikan netral namun ternyate merupakan acara kampanye terselubung (bace tulisan gue sebelomnye ini, klik). Malesin kagak sih?

2. Media sosial jadi kagak asik. Buzzer politik bermunculan, yang sedihnye malah kebanyakan yang kagak objektif dan saling sikut dengan buzzer lawan politiknye. Kemudian para pendukung fanatik cuman manggut-manggut, kagak coba cari tau dari perspektif laen. Menutup mata dengan segala kejahatan yang pernah dan masih dilakukan junjungannye. Saat dikritisi dengan baek-baek, mereka lalu ngegas, sedihnye menyerang ke masalah personal lawan junjungan dan orang yang bersebrangan dengannye. Misal, ketika seseorang mendukung paslon 1 secara mati-matian, kemudian mengatai paslon 2 semacem, “Urus anak lo tuh yang gay” “Halah, ngurus keluarga aje kaga bisa” “Ciee belom ada cucu ya? Kite mau cucu dong” dsb. Yang mendukung paslon 2 mati-matian, ngatain junjungan orang laen dengan sebutan PKI, kafir, anti agama tertentu, dsb. Hey hey hey, bebas berekspresi kagak sampe gini juge sih, brosis! Suer, kalo hal tersebut dilontarkan dari orang yang katanye sekolah sampe tinggi dan berada di kelas sosial yang memumpuni, GUE SIH KETAWA AJE HEHEHEHEE!

3. Lomba pencitraan. Para politisi berlomba-lomba memperlihatkan citra baeknye. Kok baru-baru ini, dulu-dulu ngapain aje?

Ada politisi yang nyaleg sedari tahun 2014, yang kemudian gagal dan nyaleg lagi. Kok nyaleg lagi, demi membela rakyat kecil kah? Kagak, lah, selidik punye selidik ternyate 'si om' ini punye bisnis tambang. Beruntung ada seorang kawan yang kenal dengan 'si om' dan kemudian berkata, “Doi nyaleg demi melindungi dan bikin undang-undang yang bisa memperlancar bisnisnye. Kan kebanyakan pengusaha tambang nyambi jadi penguasa negeri biar gitu doang”

Eh tau-tau kemaren ada film dokumenter “Sexy Killers” yang kemudian viral ntu. Di situ sih kagak ada 'si om' yang gue maksud, karena tampaknye di video ntu lebih memberikan spolight kepada penguasa kelas teratas yang lebih dikenal publik.

Sebenernye sih pencitraan kagak salah, memang diperlukan. Tapi kalo pencitraannye dibumbui rasa-rasa yang kurang manusiawi, kagak diiringi dengan keikhlasan hati, ya malesin aje kagak sih?

Oh iyak, Alhamdulillah sih gue merasa ada atau kagak ada Sexy Killers, gue tetep pade pendirian. Hehehe. Kagak ngaruh asli, tapi bolehlah buat tambahan insight. Sedihnye sih, di Twitter pade banyak buzzer dan fanatik yang menutup mata, ngatain SJW ke sang kreator, dsb. Udeh bawa-bawa personal, duh malesin sih. Tau sih si kreator ngeblok banyak akun yang kontra, tapi gegara diblok kok komennye malah pade nyerang ke personal? Cukuplah kritisin aje soal tuh film.

4. Elit politik berlomba-lomba bikin kontroversi, biar makin dapet awareness. Biar bisa dapet suara dari segelintir rakyat yang 'lugu'.

Cape kagak sih liatnye?

5. Penjuru wilayah jadi KUMUH, bahkan lebih KUMUH ketimbang musim pemilihan sebelomnye, akibat segala macem pemilihan dilakukan pade 17 April 2019 besok! Sedih gue mah!

Namun, yang paling sedih adalah, gegara politik PERSAUDARAAN DAN PERTEMANAN menjadi kian rumit!

Yang dulunye terasa deket banget, tapi jadinye renggang karena salah seorang atau kedua belah pihak kagak mau mencoba menghargai.

Yang sedih lagi, kebanyakan orang Indonesia belom paham soal negara demokrasi. Dalam hal ini, jika ada segelintir orang ada yang bilang kagak mau milih, eh dari penjuru kubu langsung melakukan penilaian buruk dan persekusi.

Gue adalah salah seorang yang masih memilih untuk tidak memilih. Disclaimer, ini bukan kampanye, bukan ajakan agar kalian mengikuti prinsip hidup gue ini!

Gue cuman sedih kalo ada orang yang menyebut bahwa golput = bodoh = pecundang = kagak berhak mengkritisi dan melakukan protes!

Lho, kok gitu yak?

Bahkan, sebuah akun yang menyebut akunnye sebagai “MENJADI MANUSIA” menurut gue belom layak MENJADI MANUSIA karena seenaknye ngatain manusia “pecundang” hanya dari sikap berpolitiknye! Golput pun salah satu sikap politik dan biasa terjadi di negara demokrasi!

pemilu golput
Ketika kata-kata tidak seperti ekspektasi yang diharapkan seiring dengan nama akun yang diusung.
Para influencer dan akun-akun ternama bahkan bilang mereka “Anti Golput Club” “Jangan Golput” dsb. Loh, kok gitu sih? Gue aje yang golput, membebaskan mereka untuk memilih atau kagak. Kok yang memilih, segitu alerginye? Padahal di undang-undang pun kagak disebutkan bahwa memilih merupakan kewajiban, hanya sebagai hak doang. Memilih atau kagak memilih, sama-sama sikap berpolitik, sama-sama bukan tindakan pidana!

Kecuali, kite tinggal di negara yang emang udeh diatur kalo memilih politisi tertentu adalah KEWAJIBAN dan ada hukum pidana bagi yang golput. Kalo kayak gitu sih, ya mau kagak mau gue bakal milih!

STIGMA BURUK #1 : GOLPUT = BODOH

Sebenernye ada banyak klasifikasi golongan putih. Ada yang terpaksa golput terkendala masalah teknis (misal namanye kagak terdaftar terus pas ngurusin eh dipermasalahin), ada yang karena aspirasinye dicuekin selama bertahun-tahun, alasan beban moral, dsb.

Terlalu dini jika para kubu pemilih mengatakan bahwa GOLPUT = BODOH.

Kagak bisa digeneralisir karena gue banyak menemukan mereka-mereka yang golput adalah orang terdidik dan orang-orang yang pro kemanusiaan hingga turun ke jalan BAHKAN bekerja di suatu lembaga pro kemanusiaan dengan gaji yang cuman seumprit! Emang ada orang bodoh yang mau kerja macem gitu? Nyatanye, orang-orang cerdas dengan kebaikan hati yang tinggilah yang berada di sonohhhh!

Kagak jarang, mereka-mereka adalah pendengar yang baik dari 2 KUBU yang lagi 'dikompetisikan'! Mereka pun selalu memperbanyak riset soal baik dan buruk, turut membela jika ada junjungan khalayak yang dihina / difitnah, dsb.

STIGMA BURUK #2 : GOLPUT = PECUNDANG

Menurut KBBI daring, pecundang bisa diartikan sebagai orang yang menghasut, bisa juge diartikan sebagai mengeluarkan perkataan yang pedas-pedas yang dapat menyakiti hati orang yang mendengarnya.

Padahal jelas-jelas kubu pemilih fanatik yang lebih banyak menjadi pecundang! Hoax, isu SARA dan kebencian, kontroversi, drama, datengnye kebanyakan dari kubu pemilih!

STIGMA BURUK #3 : GOLPUT = DILARANG PROTES DENGAN PEMERINTAH SELANJUTNYE

Kalo gue liat-liat, yang pro pemerintahan Ahok dulu, banyak banget yang suka protes, kritik pedes, dan nyinyir sedemikian rupa (bahkan kagak objektif) di pemerintahan Anies Baswedan.

Terus karena gue kagak milih, gue kagak boleh mengkritisi? Meskipun sama-sama bayar pajak? Meski sama-sama berkontribusi secara positif untuk negara? Emang dikira kontribusi hanya dari pemilihan umum doang? Kontribusi untuk negara kagak cuman saat pemilihan ntu doang!!!!

Milih atau kagak milih, ya sama-sama harus mengawal pemerintahan sapepun, dong! Ya terus kalo kubu pemilih kagak ada yang kritis, terus kubu non pemilih kudu diem aje?

Golput adalah alarm atau wake up call bagi para wakil rakyat. Mereka hanya mengingatkan adanya mekanisme demokrasi yang tidak berjalan. Perlu dipahami bahwa dalam alam demokrasi yang menjunjung nilai-nilai kebebasan ini, golput sebenarnya harus dipahami sebagai sebuah gerakan yang bermakna. Bukan hanya diartikan sebagai sikap negatif dalam penyelenggaraan pemilu. Penerjemahan tentang fenomena sosial ini harus dilakukan dengan baik plus metode yang benar. Menyalahkan golput tanpa mengungkap sebab musababnya adalah sebuah kenaifan. Sebenarnya persentase golput merupakan elemen sangat penting dalam menakar berjalannya roda demokrasi. Menyalahkan golput adalah sebuah tindakan yang tidak bijak. Sikap golput hanyalah sebuah dampak, bukan penyebab. - M. Aji Surya, dosen ilmu komunikasi dan pengamat sosial (SUMBER)

Terus kalo golput, apakah kite bener-bener kagak berkontribusi buat negara?

Banyak cara untuk berkontribusi coyyyy. Berpendapat secara kritis, berkarya, kagak jadi pengangguran, menolong orang kagak mampu, bikin rumah baca, kagak pake plastik bakal belanja, kagak ikut nyebar hoax, banyak hal yang bisa dilakukan untuk kemajuan negara!

Jika RUU Permusikan aje (yang isinye buruk rupa ntu) bisa kemudian dicabut karena aspirasi rakyat yang bersatupadu, masa sih yang laennye kagak bisa? Kuncinya satu: yang penting solid coy!

Jika memang ada hal-hal yang harus disuarakan, maka suarakanlah! Melalui media sosial, blog, lembaga swadaya masyarakat, komunitas, forum, rubrik opini di media massa, youtube, dsb.

Lagian sapepun yang jadi wakil rakyat, kagak semua aspirasi bisa diwujudkan, karena segala macemnye tuh selalu dikembalikan lagi kepada kepentingan pribadi para penguasa. Yang terpenting buat kite semua sih, ya sama-sama bersatu buat MELAWAN!

Akhir kata, gue bersyukur bisa memfilter dan menilai orang sedari ape yang mereka katakan selama masa kampanye.

Keliatan banget mane yang bijak, mane yang kagak. Yang beneran cerdas, mane yang kagak.

Gue pun kagak mau mengeneralisir bahwa semua kubu pemilih kagak bijak dan kagak pinter. Gue masih banyak menemukan mereka yang bijak, cerdas, mau menghargai pun menghormati. I LOVE YOU, GUYS.

Terakhir, gue pengen cepet-cepet semua berlalu. Cape juge cuy punye tetangga yang nyaleg dan timsesnye berisik sampe pagi buta dan liat rangorang berantem gegara pilihan politik.

Mohon maap nih ye kalo tulisan ini dirasakan kurang bijak dan kurang mengenakkan hati.

PAHAMI, HARGAI, HORMATI. Jangan kau lukai demokrasi ini. Janganlah kau alergi kepada mereka yang bersebrangan dengan segala caci maki.

Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.