Bukan Hanya Livi Zheng Yang Harus Disalahkan!

livi zheng oscar hollywood joko anwar
"Indonesia, mantap, sukses gue kibulin~~~"
Gue tau Livi Zheng dari buku Lalita yang dibuat oleh @lalitaproject, sebuah wadah untuk merayakan dan belajar dari kehidupan dan pencapaian perempuan- perempuan Indonesia (ya setidaknye ntu yang gue tau dari bio mereka). Secara keseluruhan, bukunye bagus karena sangat kekinian, banyak ilustrasi yang dibikin para seniman. Jadi mata kite tuh kagak capek bacanye, mau dipamerin ke Instagram kece, terus jadi tau deh perempuan hebat di Indonesia ada sape aje. Banyak nama yang baru gue kenal berkat buku Lalita, semisal Herawati Sudoyo (ilmuwan genetika), Endah Trista (Ahli Gender) hingga Livi Zheng 'sutradara internasyenel' yang udeh 2 minggu ini banyak diomongin oleh netijen.


View this post on Instagram

KENAPA GAK DIGENAPIN JADI 50 PEREMPUAN HEBAT SAJA? Begitu komen saya saat menghabiskan buku ini hanya dengan 30 menit. Buku ini sebenarnya punya konsep dan tujuan yang bagus. Dari segi tulisan sebenarnya hanya menjadi pengantar kita untuk mengenal tokoh perempuan tsb secara umum. Setelah kenal, kalaupun mau lebih dalam lagi, bisa beli buku yang dibuat oleh beberapa tokoh perempuan (misal buku Mata Lensa yang dibuat sendiri oleh Adek Berry dan Sokola Rimba milik Butet Manurung). . . Saya sejujurnya baru tahu beberapa nama-nama perempuan inspiratif yang ada di buku ini. Hingga kemarin saya jadi ilfil saat menemukan nama LIVI ZHENG yang mana sudah sepekan ini menjadi buah bibir di internet berkat penelusuran investigasi tim Geotimes, Tirto, dan sebagainya. Saya juga menerima banyak masukan soal film-film Livi dari kawan blogger yang pernah diundang untuk nonton film yang digadang-gadang sekelas Hollywood banget itu. Ya memang apa yang selama ini dicitrakan Livi gak sebanding dengan semua tulisan investigasi dan teman blogger yang saya dapat. Belum lagi nyinyiran Joko Anwar beberapa waktu lalu di Twitter yang membuat saya sadar soal tokoh yang dimaksud. Tulisan jurnalis IDN Times saat mewawancarai Livi yang bikin kesel, dsb. Kiranya tim @lalitaproject bisa memproduksi buku edisi revisi dengan menarik nama Livi sebagai salah satu perempuan hebat. Bagi saya literasi tidak boleh disusupi kebohongan dan pencitraan. Saran saya, ke depannya mohon tim Lalita perbanyak riset lagi. Karena zaman sekarang banyak yang mengaku hebat padahal tong kosong saja. Nilai dari saya 8/10, gak jadi 10/10 karena ada nama Livi yang sebenernya biasa aja dan menang anak horang kayah ajahhh iewwwwh. . . . . . #bukumpokpina #lalitaproject #lalita #livizheng #tirtoid #tirto #geotimes #pencitraan #reviewbuku #bookreview #ulasanbuku #perempuanmembaca #bacabuku #literasi #literasiindonesia
A post shared by Irvina Lioni (@irvinalioni) on

Gegara tulisan Tirto, Geotimes, hingga #kode yang dibikin Joko Anwar soal sineas yang suka caper ke pejabat publik, gue jadi tau bahwa Livi Zheng ntu kagak seindah yang udeh diberitain di media. Gue pun sedih karena Lalita udeh kedodoran banget dalam hal riset. Udeh gue mention beberape kali soal hal ini ke tim Lalita, tapi tetep tuh kagak digubris, padahal biasanye DM suka dibalesin.

Oh iyak, saat Lalita menggelar exhibition dan talkshow (sebelom Livi Zheng ketahuan belangnye), gue dan suami nyempetin dateng, dan gue sebagai hadirin diperkenalkan oleh sosok Eno Bening yang mengaku sebagai marketing Lalita Project sekaligus moderator hari ntu. Oke, dari info tersebut gue langsung kontak Eno dong di Twitter, mempertanyakan soal sosok Livi Zheng di buku Lalita (tentunye setelah kite semua jadi tau kebusukan si Livi). Tapi yang gue dapet malah, "Emang Livi Zheng kenapa?" WTF, sebagai anak yang digital banget, gue kagak yakin Eno Bening kagak tau dengan kasus Livi Zheng. Oke, gue lupa, kan doi marketing itu, ya, jadi gak mungkin mau menanggapi jauh (padahal doi doyan bacot dan nanggepin komen orang, bahkan meme-meme kagak jelas, liat aje noh Youtube-nye).

livi zheng oscar hollywood joko anwar

livi zheng oscar hollywood joko anwar

Oke, ntu sekilas cerita pegimane gue tau seorang Livi Zheng. Nah, karena gue tertarik untuk ghibahin Livi, ya jadi gue kulik deh soal nih si 'sutradara' ini. Nah, sekadar rekomendasi, sebaeknye kalian nongton sampe abis Q&A Metro TV di Youtube (klik).

Sebenernye sebelom ada Tirto, Geotimes, dan media laen ngebahas Livi Zheng akhir-akhir ini, pada tahun 2017 ada sebuah artikel blog yang pernah menulis soal "Fake News and Fake People" (silakan klik). Di situ tertulis:

"Asalnya, suatu hari yang cerah, saya mendapatkan berita dari sebuah PR agency mengenai sutradara asal Indonesia yang “membanggakan” karena film debut-nya masuk ke short list Oscar. Kurang lebih paham dengan betapa jalan menuju pencapaian seperti itu sungguh panjang dan berliku, dan sebelumnya tidak pernah sekali pun mendengar nama sang sutradara, apalagi setelah melihat trailer filmnya yang menurut saya enggak banget, saya hanya mendengus dan move on.

Kemudian beberapa hari ke depan saya tertegun melihat nama sang sutradara ini muncul di berbagai media daring. Obvs, mereka juga menerima rilis yang sama, dan langsung menelannya tanpa ditelaah lebih lanjut. Iseng, lalu menyelidiki apa sih, sebenarnya artinya short list di Academy Awards ini? Oalah, ternyata arti dari daftar ini adalah film yang sudah dikirimkan ke komite dan membayar fee yang diwajibkan untuk seleksi. Itu saja? Ya, itu saja. Seperti sudah diduga, kemudian berita mengenai film ini di ajang kompetisi Oscar pun setelah itu hilang ditiup angin. Beberapa bulan kemudian saya menerima rilis lagi yang mengatakan kalau film yang sama diputar di bioskop di Amerika Serikat. Berapa layar dan selama berapa hari, informasinya tidak lengkap, tetapi ya bombastis sekali. Kesimpulan saya sepertinya sutradara muda ini anak seorang yang kuaya ruaya."

livi zheng oscar hollywood joko anwar

Jadi, berkat tulisan 2 tahun tersebut, gue semakin yakin bahwa emang bener Livi Zheng pake PR agency untuk memuluskan publikasi tentang doi. Beberape indikator bahwa Livi pake PR agency yakni (sotoy-sotoynye gue nih):

- Jika Livi Zheng ditanyakan sesuatu, pasti jawabannye udeh terasa template banget. Meski yang ditanyain tuh sebenernye sederhana, Livi bakal jawab seakan-akan super detail padahal kagak sesuai konteks. Kalo kata temen blogger gue yang juge anak PR, Ratri, "Waktu di program Q&A jawaban Livi plek based on briefing document yang dibikin sama timnya. Apapun pertanyaan dan sanggahan yang diajuin." Yup, bener-bener template abis, macem admin socmed suatu brand saat menjawab pertanyaan dari followers dengan template yang tinggal copas dari daftar FAQ.

- Bad news is a good news. Meski Livi diberitakan ono ini kucrut, ya setidaknye doi dapetin banyak eksposur dari berbagai pemberitaan dan ocehan netizen di media sosial. Yang kagak tau Livi Zheng, sekarang jadi tau. Yang kagak tau karyanye pun jadi nyari ye, kan (termasuk gue, nanti gue komenin di bawah). Kalo kata Ratri, "Mumpung pelem barunye (Bali; Beats of Paradise) lagi diputer, ditambah lagi kontroversi, bagi PR agency ya mending sekalian riding the moment dengan datangnya Livi di 'persidangan' program Q&A pekan lalu. Walaupun jika dihitung dengan PR value, ya emang gede banget, tapi tone pemberitaan banyak yang negatif."

- Livi Zheng udeh kelihatan luwes banget saat berhadapan dengan media dan banyak orang. Dan gue rasa, butuh waktu cukup lama biar bisa tampil seluwes dan setenang Livi Zheng.

Lagi-lagi kata Ratri, "Kalo pake PR agency, biasanye mereka lebih butuh eksposur pemberitaan biar lebih 'kedengeran' sama publik." Yup, berarti ya artikel 2017 ntu menyatakan yang sebenernye.

PRO-KONTRA Q&A "BELAGAK HOLLYWOOD"

Seorang netijen bernama Budi Setiawan yang kerap disapa Buset sempet membuat pernyataan soal Livi Zheng saat 'disidang' oleh sineas di Q&A Metro TV.



Dari status Facebook Buset di atas, sebenernye banyak bagian yang menurut gue kagak sekejam yang doi tulis. Misalnye saat doi bilang, "Maman Suherman mempertanyakan dimana hebatnya Livi Zheng yang kayaknya lebih ngetop karena berfoto dengan pejabat ketimbang karyanya."  Padahal setelah gue tonton 3 kali, Maman Suherman hanya mempertanyakan, "Kamu lebih seneng di-endorse dengan kritikan media asing atau diendorse pejabat? Karena saya takut jika saya merasa hebat hanya karena berfoto dengan Jokowi dan lalu saya mengaku satu lingkar istana padahal tidak." Tentu antara pernyataan Buset berbeda dengan yang udeh diomongin dengan Maman Suherman.

Pernyataan Buset yang mengatakan, "Zheng adalah figur ideal impian anak milenial sekarang yang sukses mewujudkan impian para gaek zaman purba" tentu kagak bijak karena sesungguhnye Livi Zheng BELOM PANTAS dijadiin figur ideal! Oala, Budi Setiawan kurang bahan bacaan ape ye?

Hmmm, curiga ini salah satu buzzer untuk membalikkan fakta~~~

Ini tanggapan gue setelah menonton Q&A "Belagak Hollywood" dengan narasumber Lizi Zheng.

- Makasi banget karena melalui episode ini gue jadi tau soal perfilman. Gue jadi tau perbedaan box office, mockbuster, dan blockbuster. Gue jadi tau pelem lokal bagus kayak ape aje (gue baru tau pelem Marlina dan kata suami gue emang beneran bagus huhu so sad kenape gue sekudet ini???!!!). Dan yang paling penting.... Gue jadi tau MANUSIA MANE YANG KUDU GUE JADIIN ACUAN BELAJAR FILM.

livi zheng oscar hollywood joko anwar

- Gue kagak merasa program tersebut sengaja di-setting untuk bully Livi Zheng. Bagi gue, ini seperti sidang skripsi aje, sih. Cuma sebatas menguji karya yang udeh dilahirkan dengan embel-embel yang ada. Sayangnye, bagi gue bodoh banget jika Livi Zheng ke situ sembari bawa banyak kertas dokumen (padahal millenial lulusan Amrik sekelas Livi Zheng harusnye lebih modern dari panelis, lha wong para panelis yang lebih tua ntu cuman bawa segenggam gadget bakal cari referensi).

- Gue sempet merasa, "Kok Q&A selaku program beserta host yang dipercaye kagak jadi penengah, sih?" Tapi setelah dipikir-pikir, bisa jadi Metro TV begitu atas dasar kesepakatan seluruh media nasional yang ada, semacem bilang, "Eh udehlah lo frontal aje, anggep aje program lo ntu sebagai balasan dari kite semua yang udeh dikibulin dan dipermaluin gegara tuh bocah!"Oke deh, ntu perasaan gue aje wkwkwk.

- Berdasarkan informasi dari salah satu sumber terpercaya, semua pertanyaan yang diajukan panelis kagak terlebih dahulu dibagikan ke sesama panelis maupun kepada Livi Zheng saat masih berada di backstage. Semua hanya di-brief, "Pokonye bakal ada 3 segmen untuk Livi Zheng, 3 segmen untuk Joko Anwar."

- Sekolah di luar negeri, tumbuh dari keluarga kaya raya, kagak semerta-merta memiliki kerendahan hati dan kecerdasan yang luar biasa. Rendah hati apenye, lha wong tiap ditanyein, jawabannye muter-muter dan malah sebenernye kagak dijawab sesuai konteks plus overproud halu semata. Suka motong omongan panelis, lah. Terus pas posisi si Livi dituker dengan Joko Anwar, lha sebagai panelis kenape si Livi nanye kayak mahasiswa di kelas nanye ke dosen biar dapet nilai plus? Nanye seadanye aje, yang sangat general, yang kagak mengisyaratkan kalo doi tuh emang beneran sutradara cerdas? Udeh dikasi kesempatan buat 'nyerang' Joko Anwar eh malah nanyanye cuman sebatas, "Dapet ide dari mane? Sejak kapan berpikir mau jadi film maker" WKWKWKWK WOY NTU MAH LO TANYE AJE LEWAT TWITTER!!! ATAU BACE NOH DI GUGEL!!!

- Salah satu sumber mengatakan bahwa Livi Zheng bukan menjadi konsultan Walt Disney seperti yang diakui di acara tersebut, melainkan hanya membantu dari segi ditanya, "Kami mau bikin pelem di Asia Tenggara, nih. Kalo di Indonesia tuh, Livi punye rekomen tempat yang oke kagak buat pengambilan gambar?" Kagak ada sama sekali kontrak, begitu menurut si sumber. Namun tadi sore gue sempet menemukan artikel ini soal tanggapan Disney yang rada kontras dengan sumber gue. Gue udeh berusahaa meminta konfirmasi ke pihak Disney namun hingga saat ini belom ada tanggapan. Untuk poin ini gue merasa masih abu-abu dan bisa gue update lagi pada artikel gue ini. Yang jelas, gue masih ragu banget dengan embel-embel konsultan, mungkin cuman tim peneliti tempat, kali? Cuman kru lapangan biasa aje, gitu, dan bisa aje orang Indonesia-nye kagak cuman si Livi Zheng doang!

"EH MPOK PINA, ELO KEBANYAKAN BACOT! EMANG ELO UDEH TAU KARYA-KARYANYE LIVI ZHENG???" 

Eits, sebelom gue nulis panjang lebar di mari, gue udeh berusaha pengen nongton Bali: Beats of Paradise, namun udeh keburu turun layar. Tapi jangan sedih, gue pun langsung cek indoxxi tersayang untuk melihat pelem Livi Zheng. Sayangnye, gue cuman menemukan Brush With Danger yang konon masuk seleksi nominasi Oscar. Bagi gue, pelem Brush With Danger bolehlah dikasi ponten 6/10. Kagak jelek-jelek amat tapi ya kagak bagus wkwk. Dari segi ide cerita oke, tapi minusnye "Ngapain Livi dan adeknye jadi aktor utama di situ? Belajar akting dulu sono gih ame Tara Basro!" Belom lagi tone pelemnye yang kagak Hollywood banget, scene gaje, slow motion yang kayaknye kagak dipakein stabillizer jadi kagak smooth, dsb. Yailah, jangankan Oscar, masuk FFI aje kayaknye masih kalah jauh dari Gundala.

Gue pun nongtonin semua pidio di cenel yutup Sun and Moon Films yang dimiliki keluarga Livi Zheng.

Pertama, gue nongtonin Judith Hill - Queen of the Hill, yang kate temen gue yang anak art, si Dian bilang : "Eksplorasinya masih cetek banget, kalo di seni masih mooi indie banget (dan so last year, jaman penjajahan Belanda). Memandang Indonesia cuman yang bagus doang, plek-plekan. Mana semiotiknya gak dieksplor. Jadi, ya keliatan banget elemen budaya hanya ditempel doang. Bukan berarti jelek tapi gak related aja. Lagian di sono udeh kontemporer, lha doi masih mooi indie..."

livi zheng oscar hollywood joko anwar
Percaye dah, MV ini cuman menang kualitas kamera 4K doang. Selebihnye ya B aje. Ngakak dengan pemilihan font yang kurang tepat, bukannye font ntu lebih cocok buat pidio yang berhubungan dengan otomotif, ye? (ape gue salah?). Terus ngapain juge di MV naro nama sutradaranye wkwkwk monmaap ini narsis bener sih! 
Nah, gue setuju soal elemen budaya yang cuman ditempel doang. Katanye mau mengutamakan budaya gamelan, yaelah gamelannye aje cuman dikasi porsi 5%. Coba deh tuh contoh lagu Tulus berjudul Baru. Dari intro sampe closing, ada suara alat musik (yang entah apaan, semacem alat tradisional kayaknye tuh) yang mane kedengeran banget dan jadi ciri khas. Gue inget lagu Baru pun gegara suara "dung dung dung" wkwkwk.

Kedua? Ketiga? Keempat? Yaa tonton aje deh tuh, ada pidio Blitar, Vibrant Jakarta, dsb. Kayaknye nih orang emang ngincer pidio pariwisata dah wkwkwk.

BUKAN HANYA LIVI ZHENG YANG  HARUS DISALAHKAN, setidaknye ini menurut gue pribadi. Kenape?

- Bisa aje ini cuman ambisi orangtuanye yang kebelet anaknye jadi film maker, padahal anaknye kagak ada minat dan bakat sedikit pun terjadap dunia film. Atau bisa aje ini ambisi si ortu demi dapet cuan melalui projek video pariwisata di daerah-daerah Indonesia, terus bisa kongkalingkong dan melakukan nepotisme kembali. Hmmmm.

- PR agency yang mau bantuin membesarkan nama Livi Zheng dengan kebohongan, dosa woy!!!!

- Media nasional yang kagak pernah mau verifikasi ulang dan kagak kritis!!! Coba deh orang-orang yang kerja di media renungin kata penutup dari Maman Suherman di Q&A:

Acara ini mengingatkan, di segala era...
Saya harus selalu berusaha percaya, sejatinya jurnalis tahu dan semestinya sangat tahu... membedakan antara "katanya" dengan "nyatanya"
Membedakan opini yang bebas dengan fakta yang sakral, menyajikan kabar setelah menjalankan disiplin verifikasi, dengan semangat yang sangat skeptis terhadap segala data dan informasi yang disodorkan narasumber.
Lalu, kerap manusia melupakan jika ia hidup dan hanya tenggelam oleh ilusi suatu pencapaian. Sehingga ada yang merasa cukup dan sangat cukup, jika orang lain bisa berdecak kagum. Tetapi ada juga yang mengambil jalan ala superhero, berjuang di jalan sunyi bagai Gundala, tokoh ciptaan Hasmi, yang memilih menjadi kawan bagi si lemah, musuh bagi para pencoleng tanpa harus menepuk dada, dan memamerkan wajahnya dengan jumawa.
Ia berbuat baik saja... seraya menyembunyikan wajah aslinya.
Begitulah, neka rupa manusia... karena setiap orang melihat dunia dengan kaca mata pikirannya masing-masing. Ia memahami dan membuat keputusan dengan berpijak pada kerangka tafsir yang dimilikinya. Tinggal saja, yang perlu dilakukan manusia adalah memilih tempatnya di dalam dunia. Apakah akan menjadi aktor yang menggelapkan, atau menjadi aktor kehidupan yang membawa terang dan kebaikan.
Sebagai penutup, teringat ucapan seorang filsuf...
Karena hidup tak bermakna, manusia harus memaknainya dengan karya.
Dan karya terbaik manusia itu, yang mengangkat kita ke level yang lebih tinggi.
Karena begitu banyak nilai terkandung di dalam karyanya yang bisa diambil dan diterapkan, untuk mewujudkan hidup bersama... yang semakin jujur dan semakin bijak.
Dan yang pasti, karya akan berbicara dengan sendirinya.
Tidak perlu dipuji sendiri, tidak usah dibela sendiri.
Dan karya itu nyata dan nyatanya, bukan semata kata dan katanya.

PESAN BUAT LIVI ZHENG DARI MPOK PINA

1. Kalo kagak ada minat dan bakat di perfilman, kagak usah dipaksain, cuyyy!
2. Kayaknye Livi Zheng lebih berbakat jadi anak Public Relations atau Politisi, deh? Pokoknye pekerjaan yang banyak membutuhkan skill ngeles. Heehehehe.
3. Jago wushu, kan? Ketenangan dalam berbicara didapetin dari wushu, kan? Nah, kenape kagak jadi atlet wushu perwakilan Indonesia? Atau buka sekolah wushu di Jakarta?
4. Mau mengangkat budaya Indonesia, ya sah-sah aje. Tapi tetep rendah hati, no overproud, dan jangan pake jalan pintas! Kalo bisa, tolong banget, jangan sampe kejadian kayak di Bali: Beats of Paradise. Ini gagal banget, budaya cuman tempelan, dari segi pelem pun menurut review Cine Crib juge bikin sedih.
5. Ketimbang cape-cape bikin pelem, kenape kagak jadi produser aje dan ngasi budget ke anak-anak muda sekelas Chandraliow dan Agung Hapsah?
6. Mending berkarya semampu elo aje, dah. Kagak usah banyak bacot, biarkan karya elo yang bacot.

Yang muda berusaha, yang tua menjaga. Yang berusaha salah arah. Yang menjaga mengarahkan. Selagi muda buatlah kesalahan sebanyak mungkin, karena dari kesalahan kita tahu mana yang benar. Didik Diryadi

Bagi gue, Livi Zheng cuman cici-cici biasa aje. Menang di privilege dan kekayaan doang. Monmaap niye. Cuss deh berkarya. Karena cuman karya yang bisa menutup mulut dan kejulidan para haters, netijen, sineas yang sirik, serta dirikuh yang kebanyakan bacot di artikel ini. HAHAHA.

Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.