Enak Kagak Enak Pake BPJS

pelayanan BPJS buruk
Berobat pake BPJS tuh banyak kagak enaknye sebenernye coy. (Sumber Foto)

Hampir setahun lalu gue bercerite soal suami gue yang dirawat di rumah sakit dan dioperasi karena tumor. Didalem cerita ini (klik) gue menyebutkan bahwa semua biaya ditanggung BPJS. Kekurangannye cuman satu: jangan harap antri obat BPJS bisa berjalan mulus, pun dengan berobat jalannye. Semua dilalui dengan antri yang super panjang, pun emak-emak bawel yang kagak sabaran menunggu.

Bertahun-tahun gue punye BPJS, kagak pernah sekalipun gue pake. Nah, kebetulan gue mau mencoba sesekali. Maka dari ntu, pada suatu senja yang asoy, gue menuju puskesmas terdeket, dan gue bilang ke resepsionis ingin menemui dokter gigi.

“Kalo mau ke dokter gigi, besok dateng ke sini lagi jam 5 subuh buat ngambil nomor antrian. Dokter gigi buka setiap Senin hingga Jumat, jam 8 pagi sampai 4 sore,” kate si abang resepsionis. Yang bener aje kudu ke sono jam 5 subuh, segininye amat dah!

Besok subuhnye, suami gue berinisiatif mengambil nomor antrian sendiri. Terus doi balik ke rumah dan bilang, “Nanti jam 7 kite ke Puskesmas, yak.”

“Loh, kan dokter gigi buka jam 8?”
“Kate resepsionis, jam 7 kite kudu ambil nomor antrian lagi!”

ASTAGA, REMPONG AMAT.

pelayanan BPJS buruk

Tepat jam 7 pagi, kami sampe di Puskesmas dan langsung ambil antrian. Jadi, nomor antrian yang diambil saat subuh tuh nomor general, sedangkan nomor antrian yang mulai jam 7 ntu buat ke klinik khusus. Tapi entahlah kenape kudu ambil nomor general dulu, coba? Ribet banget, asli.

Jadi, dari jam 7 tuh gue kudu nunggu klinik gigi buka, sembari antri juge. Kalo dapet antrian awal-awal misal antara nomer 1-10, bisalah dapet panggilan dari jam 8-9 pagi. Selebihnye, ya kira-kira aje sendiri. Yang jelas, klinik gigi cuman ambil 100 pasien doang perhari.

Kebetulan laki gue mau ikutan periksa gigi kan tuh. Doi mau bersihin karang gigi, sedangkan gue ngobatin gigi yang berlubang di depan pinggir kanan. Sekitar jam setengah 9 kami dipanggil. Dari segi pelayanan dokter sih, oke yak. Dokter muda semua, ngomongnye lembut. Dari segi biaya, meski pake BPJS, gue tetep kudu bayar biaya tambal 90 ribu/gigi. Waktu ntu ada 2 gigi yang ditambal. Ya masih lebih murah ketimbang dokter gigi langganan gue, bisa 500 ribu/gigi. Tentu bakal beda kualitas dan yang pasti kagak buang-buang waktu antri berjam-jam!

(karena aq Sobat Misqueen jadi aq pake BPJS ajalah).

pelayanan BPJS buruk

Kalo soal bersihin karang gigi sih, gratis pake BPJS. Tapi cuman bisa dilakuin 1 tahun sekali. Kalo di klinik gigi langganan, bersihin karang gigi tuh sekitar 400 ribuan.

Beberape bulan setelahnye, gue kembali ke Puskesmas karena sakit gigi di bagian dalem (entah gigi apaan). Gue kira kan ada bolong yak, eh pas di Puskesmas si dokter bilang kalo ada geraham bungsu numbuh. Bisa dicabut melalui operasi tapi bukan di Puskesmas, harus ke rumah sakit rujukan. Akhirnye gue dapet rumah sakit Pelni untuk jadwal satu minggu setelahnye. Biar kagak nyut-nyutan, gue sempet dikasi obat. Lumayan ngaruh sih, obatnye.

Bayangin menjelang Lebaran sampe beberape hari setelahnye gue ngerasain sakit gigi yang luar biasa. Nyut-nyutan abis. Mau ngomong juge males. Makan dan minum jadi kagak enak asli.
Sekitar 10 hari setelah Lebaran, gue ke rumah sakit Pelni di bilangan Slipi. Gue kira bakal sepi, ya secara masih dalem suasana Lebaran. Taunye rame banget, coy!

Karena ini kali pertama gue ke RS tersebut, jadi tentu aje gue kagak ngerti prosedurnye pegimane. Terus gue nanye-nanye tuh. Jadi...

- Pertama dateng, gue kudu ambil nomer di pintu masuk.
- Sejam kemudian gue dipanggil resepsionis dan ditanye, “Mau ngapain?”
- Setelah gue bilang, “Mau ke dokter gigi” kemudian gue disuruh ke klinik gigi atas.
- Pas di klinik gigi, gue serahin data diri dan ambil nomer.
- Sejam kemudian gue dipanggil, disuruh ambil nomer antrian di mesin antrian (mirip mesin ATM) dan gue kedapetan minggu depan buat konsul.

Hadeeeeh, kirain bisa langsung ditanganin!

Minggu depannye, gue dateng lagi. Ambil antrian di bawah, ambil antrian lagi di atas, terus disuruh ke bawah untuk rontgen gigi. Pas di area rontgen, gue kudu antri di bagian pertama. Dipanggil ke dalem, taunye buat antri ruangan rontgen. Ya kira-kira membutuhkan waktu 30 menit buat antri, sedangkan rontgen cuma semenit doang. Setelah rontgen, ke klinik atas lagi buat naro dokumen dari ruang rontgen. Nunggu 30 menit, dipanggil suster, dan doi berkata, “Operasi bulan Oktober tanggal sekian.”

“Hah? Nunggu 4 bulan lagi?”
Terus dateng dokternye, ngomong, “Semua pasien yang ada di sini pun kayak kamu, dari 3-4 bulan lalu daftar.”
“Kalo gigi saya nyut-nyutan, gimane nih, dok?”
“Nih resep kamu tebus di apotek bawah. Diminum kalo giginya nyeri, oke?”

Terus gue nunggu obat.... TIGA JAM PEMIRSAAAAH!

Ya pokonye di Pelni gue dari jam 7 pagi, baru selese jam 1 siang. Segitunye gue buang waktu!

pelayanan BPJS buruk

Mau nangis kagak, sih? Ternyate pelayanan untuk pemilik BPJS belom sepenuhnye enak. Ya enak budgetnye bisa sehemat mungkin tapi dibayar dengan WAKTU. Untung gue dan suami bukan anak kantoran, jam kerja fleksibel, tapi gimane dengan kebanyakan orang? Gimane kalo ada orang kagak punye waktu banyak buat berobat jalan?

Terus gue keinget kalo petinggi BPJS tunjangannye mau dinakin 2 kali lipet. Padahal sejumlah RS belom dibayarin ame pihak BPJS. Padahal BPJS masih defisit. Padahal pelayanan untuk pasien pengguna BPJS masih kacau banget.

Gue sempet nanye ke pihak Pelni, bisa kagak sih ambil antrian cukup ke suatu website aje dan sekali nunggu antrian? Biar lebih simple aje gitu. Tapi nyatanye, ntu cuma khayalan babu aje, karena mereka bilang kagak bisa ambil nomer via digital. Asli, ribet banget prosesnye.

Gue harap pemerintah bisa lah minta jajaran kesehatannye buat rombak birokrasi dan proses berobat yang dibikin sesederhana mungkin. Ya kali deh gue kudu ambil beberape nomer dan nunggu antrian segitunye buat HANYA dikasi kabar jadwal operasi 3 bulan lagi. Jaman serba internet gini, masa ngambil nomer aje kudu antri panjang di mesin cetak nomer. Tinggal bikin aplikasi apa kek gitu, terus nunjukin ke resepsionis di klinik masing-masing yang ada di RS. Sumpah, menguras tenaga dan waktu banget ini mah. Huhu.

Jadi begitu gaes, menurut gue mending kite semua sehat-sehat aje lah. Kalo sakit tuh ribet. Ape lagi kalo cuman ngandelin berobat pake kartu BPJS. Asli gue mau nangis kalo inget-inget ini, ape lagi kalo kudu balik lagi ke RS yang kayak lautan manusia ntu. Huhuhu. Mungkin kalo ada rejeki lebih mendingan gue pake duit sendiri buat operasi ketimbang ngarepin BPJS. Pfffttt.

Nanti kelar operasi gue bakal update ceritenye lagi dah. Oke?

Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.