Benarkah Perempuan Harus Bisa Masak Sebelum Nikah?

BENER KAGAK NIH PEREMPUAN KUDU BISA MASAK SEBELOM NIKAH? APE CUMA MITOS AJE YEEEE??? (Sumber Foto)
Gue pernah dibilangin gini ame emak gue, "Jadi cewe kok kagak bisa masak, kagak bakalan dapet cowo yang mau kawinin elu kalo elunye begitu, inget!" Lalu kembali gue dibandingin oleh sepupu-sepupu yang bisa masak, bahkan sebelom mereka diperistri.

Pasca nikah, mau kagak mau gue belajar masak sendiri dengan alasan:

- Kondisi rumah gue dan suami yang jauh dari warteg, jadi mau kagak mau kudu bisa masak
- Biar pas sahur, bisa menikmati makanan yang fresh, bukan dari makanan angetan
- Karena sadar bahwa memasak itu salah satu life skill

Kalo semisal gue bisa masak jadi bikin suami makin sayang, gue rasa ntu bonus aje.

Sekarang sih, ya gue bisa masak. Dan gue merasa ingin menertawakan emak.

HAHAHAHA GUE KAGAK BISA MASAK AJE, ADA TUH YANG MAU JADIIN GUE BINI.

HAHAHAHA SEKARANG GUE BISA MASAK. APE LO, APE LO!

Beberape waktu lalu, gue sempet melihat screenshot instastory seorang istri baru yang menyombongkan diri melalui tulisan di atas foto masakannye. Kurang lebih doi bilang gini:

"Lelaki itu akan selalu sayang sama istrinya yang bisa masak! Bisa gak kalian bikin masakan kayak gini? Kalo gak bisa masak, gak usah berharap dilamar!"

Sontak, salah satu Chef ternama yang melihat itu malah menertawakan, "Hahaha, belajar masak baru sampe situ aja sombong. Masak ikan goreng rada gosong aja udah kayak bisa masak apa aja!"

Hahahaha, gue jadi ikutan ngakak! Bolehlah berbangga diri saat bisa masak, tapi dengan merendahkan orang laen, KOK SOMBONG YHAAA ANDA!

Lagian juge, ada banyak kok istri yang jago masak dari doi, tapi akhirannye diselingkuhi dan dimadu dengan cewe lebih muda en seksi. Jadi, kagak boleh sombong dulu, lah. Selalu ada celah untuk ditinggalin oleh pasangan, even kite udeh jadi seorang istri cantik, jago masak, dan jago di ranjang.

Belom lagi barusan gue nemu twit cowo ngeselin gini. Semacem mau teriakin: "HEH, CEWE YANG BISA JAGO MASAK SEKELAS CHEF RENATTA JUGE BELOM TENTU MAU AME LO, NYETTTT!"


Buat yang masih menanti lamaran kekasih hati dan galau "Aduh, si Ayank Mbeb tetep sayang ame gue kagak ye meski gue kagak bisa masak?" SELAMAT, KALIAN UDEH MENEMUKAN TULISAN YANG TEPAT!

Kalo menurut gue, kagak usah terlalu galau sih. BISA MASAK ITU NALURI. Jika sekarang belom bisa, besok-besok bisa banget kalian bakal jadi di luar ekspektasi jagonye!

Lagi pula, memasak itu life skill buat SEMUA GENDER. Lelaki pun kudu bisa masak dan kagak boleh malu jika emang bisa masak. Lha wong kebanyakan Chef terkenal dan abang-abang nasgor aje laki kan tuh. Lagian dengan bisa memasak, di kondisi darurat (amit-amit sih) nanti, setidaknye kite bisa bertahan hidup dengan bahan-bahan yang ada. Sesederhana masak nasi goreng, lah.

Yang mau bisa masak, yang penting sih KEMAUAN ALIAS NIAT. Even kalian disepelein, "Kagak bakal bisa masak deh lo!" Coba deh BUKTIIN.

Jaman sekarang ini udeh enak banget kalo mau belajar masak. Udeh ada banyak tutorial masak di Youtube atau aplikasi Cookpad. Belom lagi di socmed bisa nyontek resep dari Instagram Yackikuka, Tastemade Indonesia, Masak TV, Masak Darurat, dsb. Yang penting, mulailah dari yang gampang-gampang dulu. Gampang dari segi cara, bahan yang mudah didapatkan, serta peralatan masak yang dimiliki.

Nah, mungkin ada sebagian dari kalian yang insecure karena belom bisa masak sedangkan sebentar lagi mau nikah. Menurut gue, hal yang bisa kalian lakukan ialah:

1. Jujur kepada pasangan bahwa kalian belom bisa masak

Kagak usah sok ngaku, "Ini masakan aku, lhooo" padahal boleh beli dari warung Padang.

Kagak atau belom bisa masak ntu, bukan aib, kok. Jadi, ngaku aje sebelom nantinye pasangan kecewa.

2. Buatlah kesepakatan

Lelaki yang baik kagak bakal langsung ngomel, "Masa cewe kagak bisa masak sih!" melainkan akan menerima kalian apa adanye serta memberikan support, "Gapape Neng kalo kagak bisa masak, mah. Entar kite belajar masak berdua aje, biar makin mesra, iye kagak?"

Coba deh, buat kesepakatan dengan calon suami. Misalnye, "Aku gak bisa masak, nih. Tapi aku akan belajar masak kalo udah nikah. Walaupun mungkin karena aku sibuk kerja, jadi bakal kebanyakan pesen makanan di Ojol atau beli di Warteg..."

Kalo doi bilang oke, harusnye sih ke depannye santuy aje ye. Gue dan temen-temen cewe (mostly pekerja) sih ngerasain santuy aje gitu dengan pasangan masing-masing. Kagak ada yang salah makan di luar, selama duitnye ada. Lagian masak itu membuang banyak waktu dan sabun-air buat nyuci piringnye. Bagi orang yang lebih mengutamakan waktunye buat keluarga atau pekerjaan ketimbang masak, ya kagak ada salahnye. Kalopun mau masak, cuci piring, ya kagak ada salahnye juge. Tiap orang kan memiliki kondisi yang berbeda.

Dan ... Positive thinking aje bahwa dengan makan di luar maka kalian jadi punye waktu banyak bareng pasangan. QUALITY TIME itu yang paling penting buat hubungan. Jika makan di luar memakan waktu 30 menit - 1 jam sedangkan masak-makan-cuci piring 2 jam, maka dengan makan di luar kalian bisa punye sisa waktu l jam lebih yang bisa dipake buat kelonan dan mantap-mantap. 💦💦💦

Lha wong laki gue aje suka cemberut kalo guenye sibuk cuci piring setelah masak wkwkwk. "Udeh kagak tahan abang niiihhhh..." Jiaaah, sabar sabar dah. Belom lagi abis masak, cuci piring, kudu mandi coy. Kagak pede badan bau masakan, entar pasangan komplen. Lagian kagak enak kelonan dengan kondisi bau masakan. Huhu.

Sayangnye, budaya patriarki yang masih ada di pikiran sebagian cowo di sekitar kite, membuat mereka lebih memilih untuk memperistri seseorang yang udeh bisa masak. Jadi, kalian para cewe-cewekuuuh, kalo nemuin calon suami modelan gitu, sabar-sabar aje ye. Mau kagak mau sebelom nikah kudu latihan masak. Semangat cyiiin. Dan gue doain semoga suami kalian nanti mau bantu-bantu pekerjaan rumah. Soalnye suka ada tuh cowo patriarki yang maunye dilayanin terus, ogah bantu-bantu sedikit pun. Huhu.

--

Jadi ... Benarkah Perempuan Harus Bisa Masak Sebelum Nikah?

Jawabannye adalah KAGAK BENER. Namun, yang terpenting ada kesepakatan jika emang kalian kagak bisa atau kagak mau turun ke dapur. Lagian di jaman sekarang kagak perlu pusingin banget soal perut, lah. Tinggal ke warteg atau pesen di ojol, beres. Kalo mau tetep bisa dan jago masak pun, kagak masalah, malah bagus, karena memasak adalah life skill. Ape lagi kalo nanti mau belajar masak bareng pasangan.

Satu lagi, bagi gue "MASAKAN ISTRI ITU YANG SELALU BIKIN SUAMI BETAH DI RUMAH" hanyalah mitos semata. Karena gue udeh banyak melihat kasus emak-emak jago masak tapi tetep aje dikecewain lakinye. Gue berprinsip bahwa suami yang betah di rumah itu adalah SUAMI YANG NYAMAN BERCERITA DENGAN PASANGANNYE SENDIRI. Kalo udeh nyaman, dapat dipastikan suami akan selalu jujur. Kalo udeh nyaman, suami bakal setia kok.

Well, semoga tulisan ini bisa sedikit mencerahkan temen-temen pembace yang cewe sekaligus sebagai bentuk support temen cowo buat calon istrinye masing-masing. AMIN.

Mohon maaf kalo ada kesalahan kata, gaezzzz.
Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.