Cara Jadi Artis dan Terkenal yang Paling Dikepoin Netijen

Cara Jadi Artis dan Terkenal
Kite hidup di mane semua orang berlomba-lomba ingin jadi artis dan terkenal.
(gambar dari @lalamarionmj)
Tahukah kalian bahwa kata kunci "Cara Jadi Artis" atau "Cara Terkenal" banyak dicari para netijen?  Gue rasa social media turut andil sebagai faktor kebanyakan orang kepengen jadi artis dan terkenal. Gue cuma pengen berpesan : "Pikir ulang kalo mau jadi artis dan bisa terkenal gitu, jangan sampe entar nyesel!"

Tapi... Baiklah, gue akan kasi tau cara jadi artis dan terkenal berdasarkan riset kecil-kecilan. Gue akan kasi tau dari sisi positif dan negatif, tinggal dipilih aje mau yang mane asal tau konsekuensi.

1. Bikin Karya dan Konsisten

Cara Jadi Artis dan Terkenal
Agnezmo merupakan artis dan musisi yang paling konsisten dan paling gue gemari hingga saat ini
(gambar dari Instagram @agnezmo)
Namanye juge artis, ya pastinye dianggep sebagai seniman. Namanye seniman, ape lagi yang kudu dijual selaen karya?

Karya pun sabi macem-macem. Maen sinetron, film, jadi penyanyi, Youtuber, Podcaster, dsb. Kalo pun ngerasa kagak pede dengan fisik yang dimiliki, sabi jadi penulis skenario, lirik lagu, atau bikin buku, karena kebanyakan bekerja di balik layar. Well, artis kagak musti di depan TV, semua media bisa dimanfaatin buat ngartis.

Di jaman kayak sekarang sih kagak susah ye buat berkarya. Semua dikembalikan lagi kepada niat masing-masing dari kalian. Setelah ada niat untuk berupaya sedemikian rupa, coba intropeksi diri ape sih media yang kalian suka buat ngartis? Bentuk seni ape sih yang mau difokusin? Tinggal dikembangin aje.

Abis dikembangin...

- Kalo mau jadi artis sinetron/film/iklan, mau kagak mau kudu getol maen Instagram sebagai personal branding. Kemudian ikut casting di sono-sini. Ngomong-ngomong soal casting, gue pernah ikutan lho 10 tahun lalu, hahaha. Bisa diklik di sini (part 1) (part 2) (part 3) 

- Kalo mau jadi artis Youtube atau TikTok, ya sono lah bikin konten di masing-masing platform! Khusus yang mau jadi artis Youtube, bisa liat ide kontennye di tulisan gue ini (klik).

- Kalo mau jadi musisi, coba ikutan ajang pencarian bakat di TV dan perbanyak bikin cover lagu di Instagram/Youtube, sape tau diintip produser. Macem Chintya Gabriella yang diajak Om Anji sebagai talent manajemen musiknye.

Cara Jadi Artis dan Terkenal
Cantik dan berbakat, kurang ape lagi sih?
Dan sebagainye.

Nah, KONSISTEN juge kudu banget dipegang teguh ame kalian. Jangan sampe cuman semangat di awal abis ntu lupa dengan motivasinye. Sayang tau!

Kalo kagak konsisten, bisa-bisa market kalian pindah ke artis laen yang lebih konsisten. Ape lagi di jaman sekarang ye, udeh banyak banget coyyy artis di dunia nyata dan dunia maya. Oleh sebab ntu, kalo udeh ngembangin diri dan konsisten, step selanjutnye yaitu ....

2. Self-Branding yang Unik

Cara Jadi Artis dan Terkenal
Melly Goeslaw ialah salah satu musisi yang selalu berpenampilan nyeleneh nan unik. Patut dicontoh jika kalian berani.
(gambar dari @melly_goeslaw)
Yang bikin banyak orang suka bace blog gue adalah gaya bahasanye yang unik, yakni penggunaan logat Betawi dan kosakata sederhana yang mudah dimengerti nan asik.

Nah, dari sini gue belajar bahwa kalo mau lebih dikenal dan diinget, ya kite semua kudu unik. Lagian juge tiap manusia kan unik, tinggal ditemuin aje keunikannye ape dan dipamerin ke publik.

Keunikan bisa terlihat dari :

- Bentuk fisik : bersyukur kalo kalian punye rambut kribo, hidung bengkok, tompel di pipi, ya anggep aje itulah yang bikin kalian unik ketimbang orang laen. Nah, untuk menjadi artis dan terkenal, keunikan fisik pun diperlukan bahkan bisa dijadiin nama panggung. Misal, kayak Rina Nose yang namanye tuh ditambahin 'Nose' karena hidungnye yang pesek.

- Gaya berpakaian : fashion blogger tuh ada banyak banget di muka bumi ini tapi entah kenape gue tuh selalu teringat pertama kali nama DIANA RIKASARI. Karena gaya berbusananye yang berwarna-warni dan sekarang malah suka pake baju yang didaur ulang sendiri. TOP! Pantes tetep ngehits sampe sekarang!

Cara Jadi Artis dan Terkenal
Blogger legend yang semakin tenar berkat gayanye yang warna-warni dan unik! Liat deh, sekarang Diana Rikasari lagi sering pake baju recyle buatan sendiri, lho. (gambar dari @dianarikasari)
- Kelakuan : entah kenape kalo kelakuannye kayak Danilla Riyadi yang bodo amatan banget ntu, ternyate bisa menjadikannye sebagai musisi unik di skena indie. Mungkin karena di skena indie tuh belom ada musisi cewe macem Danilla kali ye, yang berani ngomong kont*l di depan kamera, cuek bebek pake tato banyak, dsb. Kalo di dunia mainstream, kelakuan kocak kayak Komeng yang jokes-nye kagak kepikiran, bisa ngebikin doi jadi komedian yang selalu dinantikan. Atau Haji Bolot dengan kelakuan bolotnye, atau Cak Lontong dengan gaya bahasanye yang mumet ntu.

- Karya : contohlah Laeli Sagita yang punye ciri khas emak-emak galak gegara selalu berakting ntu di tiap sinetronnye. Kalo di dunia musik, bisa contohlah Jason Ranti dengan lagunye yang nyentil sosial politik, NAIF dengan aliran musiknye yang berbeda dengan band laen, dsb.

3. Berpenampilan Menarik

Menarik kagak harus cakep, kok. Berpenampilan norak macem Dijjah Yellow aje udeh bisa dibilang unik. Biar gitu-gitu, si Dijjah salah satu artis Instagram, lho.

Terus menariknye kudu gimane? Ya disesuaikan dengan personal branding yang dimiliki. Kalo mau dicap bapak-bapak hot, ya pakelah baju yang biasa dipake cowo hot, macem si David Bayu NAIF ini.

Cara Jadi Artis dan Terkenal
DAVID BAYU NAIF, salah satu bapak-bapak hot di Indonesia di mata gue!
(gambar dari @davidbayudj)
Kalo punye duit lebih, coba sewa fashion stylist, biar cara berpakaian kalian sabi disesuaikan dengan personal branding, perkembangan zaman, serta target market.

4. Bikin / Ikutan Komunitas

Jujur ye, waktu gue bikin komunitas blogger dulu, waduh tau-tau semua blogger di jaman ntu, tau sosok gue. Seringkali anggota komunitas terlihat mau pansos ke gue biar ikutan dikenal oleh blogger laen. Sempet kaget sih dengan fenomena ini, padahal dulu bikin komunitas cuman buat asik-asikan aje, bukan buat cari ketenaran. Beda ame jaman sekarang, di mane banyak komunitas yang dibikin semata-mata sebagai bahan narsistik si founder, bahkan memyombongkan diri. Kapan-kapan gue bahas kali, ye. HAHAHAA. Lha, jadi spill.

Coba aje bikin komunitas yang sesuai dengan minat bakat kalian. Kalo berkembang, nanti nama kalian bakal banyak dikenal kok.

5. Jadi Anak Artis

Cara Jadi Artis dan Terkenal
Gading Marten dan Roy Marten, anak-bapak goals banget sih!
(sumber gambar @gadiiing)
Keistimewaan yang jarang dimiliki ame semua orang nih. Bersyukurlah jika kalian punye emak-babeh artis, karena di saat kalian muncul ke publik maka mereka semua bakal lebih inget ame kalian. Tapi yang paling diperlukan sih, skill dan karya yang kalian miliki ye. Kalo melempem mah melempem aje, cuman dikenal tapi kagak pinter cari cuan buat ape. Contohlah Gading Marten yang mampu berakting keren di sejumlah film. Mau si Gading bukan anak Roy Marten pun kagak masalah ye. Jangan mencontoh anaknye Bang Haji Rhoma Irama, bukannye fokus berkarya malah maen narkoba. Huhu cape deh!

6. Pansos ke Temen yang Udah Jadi Artis

Gue jadi inget ame Sarah Gibson temennye Awkarin yang kecipratan tenar dari temennye ntu. Meski cuma tenar di Instagram tapi lumayan banget lho penghasilannye. Secara udeh punye jutaan followers.

Gue sempet cek satu persatu temen-temen deket para artis sih. Kalo gue liat-liat, banyak banget yang kemudian mereka kecipratan tenar, walau kagak disengajain (misal, IG mereka jadi banyak difollow karena temennye yang artis ntu sering ngetag nama di story).

Ya pantesan aje gue banyak mengenal orang yang kerjaannye pansos sono-sini ke berbagai artis abis ntu ngemis-ngemis collab HAHAHA. Habisnye, enak sih ye kalo berhasil pansos. Bisa nambah followers dan cuan, booo!

7. Bikin Drama Settingan

Ya macem si Barbie Kumalasari yang ada aje setting-an bikin drama ini itu. Karyanye cuma seumprit, dramanye luar biasa. Tiap hari ada aje nongol di pemberitaan. Masalahnye, mau sampe kapan kayak gini? Toh bikin drama mah, palingan juge bertahan seminggu di otak orang. Kudu konsisten bikin drama demi cuan, tapi coba pikirin lagi: Mental beneran udeh kokoh kayak baja? Kagak malu ame keluarga besar? Mau banget pas lu mati dikenangnye malah sensasinye bukan karyanye? IDIHHH.

Jadi, ntu diye berbagai cara untuk menjadi artis dan terkenal. Cara mane aje yang pengen kalian coba?

Kalo udeh jadi artis dan terkenal berkat tulisan ini, jangan lupa DM ke IG @irvinalioni ye wkwk.

Selamat mencoba!

Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.