Dampak Korona Terhadap Berbagai Profesi

dampak corona di indonesia
Pusing kagak sih lu saat pemasukan berkurang gegara korona? (sumber)
Waktu masih awal-awal korona alias covid-19, gue sempet mengunjungi salah satu tempat main golf ternama. Salah satu orang yang punye jabatan di situ pun curhat ame gue, "Wah, gara-gara korona, kantor jadi batalin kontrak dengan pelanggan dan harus ganti rugi cukup banyak. Kita juga menolak banyak jadwal turnamen golf, yang kebanyakan emang didatengin oleh turis Korea dan Jepang. Kita gak mau salah langkah. Sekarang lagi sepi nih pelanggannya, soalnya pada takut."

"Oh ya, mohon maaf ya tadi sebelum masuk harus pake thermogun dulu. Maaf gak bisa salaman, karena ini aturan baru dari kantor," kate doi pas kami mau pamit.

Kejadian ntu pokonye pas penderita covid baru 2 orang di Indonesia. Masih inget kagak, ntu masa-masa di mane pemerintah masih tampak woles, kementerian masih banyak bacot kagak penting, dan masih belom ada peraturan kerja/belajar/beribadah dari rumah.

Cerita laen pun gue dapetin dari temen gue yang bekerja sebagai fotografer konser, Dian. Doi sempet bilang kayak gini, "Jadi gak ada pemasukan nih gue selama korona ini. Event pada batal. Sejumlah brand rokok yang bikin event kan pada postpone. Tapi pas isu-isu itu udah mulai beredar, cuma 1 yang masih jalan." (obrolan ini sejak awal campaign WFH yak, sejak lebih dari seminggu lalu)

Untungnye komunitas fotografer konser yakni @officialstageid mengadakan StageID Distancing Photo Exhibition and Fundraising, jadi mereka mewadahi para fotografer yang pengen menjual hasil karyanye berupa foto fisik ukuran 4R. Biar mereka tetep punye pemasukan.

Berikut adalah keterangan dari mereka:

Di masa pandemic global saat ini dimana hampir semua event dan konser ditiadakan sampai waktu yang belum diketahui kapan. Tentu ini berat bagi rekan rekan fotografer semua. Komunitas STAGEID mengajak teman2 stage fotografer bergerak & berkarya bersama dari rumah dan mengumpulkan Donasi bagi teman kita yg membutuhkan. Caranya bagaimana? Kirimkan 5 Karya terbaik kalian ke email cetakfotostageid@gmail.com (max 3000 pixel), lalu kami akan kurasi karya yang masuk dan dalam beberapa hari ke depan kami akan menampilkan karya terbaik kalian di feed kami. Dan apabila ada yang tertarik untuk memiliki karya photo tersebut bisa menghubungi kami dan kami akan mencetak foto tersebut dengan ukuran 4R (Postcard) dengan harga Rp. 50.000,- di luar ongkos kirim. Hasil penjualan foto tersebut 50% akan diberikan kepada pemilik karya dan 50% akan kami simpan sebagai dana darurat. Dan apabila rekan rekan fotografer ada yang membutuhkan dana darurat di masa pandemic ini jangan ragu untuk hubungi kami.

Kisaran seminggu lalu gue sempet melemparkan pertanyaan soal dampak korona terhadap profesi temen-temen di social media. Berikut gue tuliskan di mari.

PROFESI TIM MEDIS

dampak corona di indonesia
Tetep semangat buat semua tim medis yang menangani korona (sumber)
"Oh ya, aku kerja sebagai apoteker buat prinsipal farmasi, bagian product management. Kerjaan aku kan mendampingi medical representatif buat detailing produk kami ke dokter-dokter. Otomatis aku visit gitu ke rumah sakit, kan. Nah, ada korona gini kan rumah sakit pada gak nerima kunjungan dari farmasi. Jadi untuk detailing dan follow up ke dokter agak susah walau bisa dari WA. Tapi, ya beda aja, enakan ngomong langsung. Jadi gak bisa maksimal follow up ke dokter, dan berpengaruh terhadap insentif." (Winda)

"Orang sekitar gue (lingkungan rumah) jadi pada takut gitu sama gue, mentang-mentang gue kerja di rumah sakit. Padahal kan gue juga di sana kerjanya dengan safety, insha Allah yakin aman." (Sigit)

"Yang lain di kasih libur dan tempat usahanya sepi, sedangkan saya sebagai perawat tidak dapat libur dan rumah sakit tempat saya kerja ramai. Mana tempat kerjaku di rumah sakit rujukan buat covid-19." (Ayu Andira)

"Rada terganggu, masker susah dicari even di rumah sakit sekalipun. Mana hand sanitizer yang ditempel di setiap sudut ruangan ilang atu-atu digondol orang, kasian yang gaweannya kaya gue pion paling depan untuk tertular & menularkan orang yang di rumah." (Tedy Muliady Chaniago)

"Kerja di klinik, pulang kerja mesti mandi, ngerendem baju kerjaan, setiap saat cuci tangan, masker 8 jam nempel di muka, ribet dah!" (Corneea Nurcahyo)

PROFESI TERAPIS UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

"Klien-klien gue banyak off sementara sampai kondisi memungkinkan buat gue dateng lagi ke rumahnya buat lanjutin terapi. Klo off berarti pemasukan juga berkurang. Oh iya, terapi ini sistemnya private, gue langsung ke rumah klien." (Ahmad Faiz)

PROFESI PEDAGANG

"Warung ayam gue jadi sepi. Orang-orang pada makan apaan sih, kok gak ada yang beli begini? Biasa orderan grabfood gofood gacor terus, ini bener-bener sepi banget! Masa hari ini gue cuma dapet 2 orderan doang?" (Ayu Sugiarti)

"Walau hanya warung mi ayam di pojokan, omzet hampir turun 69%." (Guntur Jauhari)

PROFESI PERHOTELAN

"Gue kerja di perhotelan. Terpaksa di rumahkan dari tempat kerja di tengah kebutuhan dan kewajiban yang tetap bahkan cenderung meningkat. Gajian uncontinued!" (Adhie Anfield)

"Homestay sepi, customer juga pada minta refund. Udah seminggu gak ada yang nginep." (Khairunisa Putri)

"Semua proyek villa di Bali Lombok ditunda sampai batas waktu yang belom ditentukan karena investor dari China menarik semua investasi kembali ke negaranya." (Vivava)

PROFESI GURU HONORER DAN GURU LES

dampak corona di indonesia
Sementara belajar dari video call dulu ya, gaes (sumber)
"Sebagai pendidik honorer, gak masuk ngajar otomatis gak ada pemasukan." (Andi Marwan Paris)

"Private piano gue semuanya ketunda. Ortu gak mau ambil risiko, rata-rata murid gue expat pula, ada juga yang bayar perdateng. Tongpesss." (Marshinta Valentine Samosir)

PROFESI EVENT ORGANIZER

"Hampir 12 event digagalkan, semua vendor mengikuti untuk di reschedule karena ini kan bencana dunia." (Rina Rahmadi)

PROFESI PENGUSAHA SABLON

"Beberapa orderan kaus gathering terpaksa ditunda pembuatannya, dan dapat info bahwa minggu depan banyak toko bahan (kain) yang tutup dan akan buka kembali April jika kondisi memadai. Huhu" (Dian Nugraha)

PROFESI PENGUSAHA KOSMETIK

dampak corona di indonesia
Ternyate pengusaha kosmetik pun memiliki dampaknye juge. (sumber)
"Orang jadi gak mikirin beli yang lain selain alat kesehatan, sehingga berdampak pada penjualan produk gue. Brand-brand kosmetik pada hiatus dulu lho kebanyakan. Malah ada satu brand yang terpaksa kasi free ongkir untuk setiap pembelian secara online, biar orang tetep mau beli." (Feby)

PROFESI PEMILIK COFFEESHOP

"Usaha coffee shop gue, biasa pelanggan gua orang-orang kantoran, tapi mereka pada diliburkan jadinya berimbas ke coffeeshop gue." (Saputra Nazuar Riandi)

--

Sebenernye sih masih banyak profesi-profesi laennye yang berdampak gegara si korona ini. Gue sih mendoakan semoga ini semua cepet berlalu, dan kite mendapatkan kebebasan menghirup udara di luar lagi.

Asli dah, udeh buluk gue di rumah! Bosen, kepengen jalan-jalan di emol!

Pesen gue melalui artikel ini sih gini, gaes.

1. Jika punye rejeki lebih, mungkin bisa sesekali pesen makanan di ojol atau beli di warteg/warung makan gitu. Biar mereka kagak terus merugi / kagak punye pemasukan. Kasi duit tip ke abang ojolnye yak, atau beliin juge makanan ke mereka. Kalo kagak sanggup, bisa tetep kasi bintang 5 atas kinerja mereka. Oh iyak, kalo ada abang-abang gerobakan lewat rumah, dibeli yak dagangannye! Gue pun sampe saat ini masih suka beli makanan di luar, bantu-bantu lah!

2. Untuk kalian yang bekerja di rumah sakit, tetep sabar dan semangat yak. Kagak usah peduliin nyinyiran netijen, biar kagak stres, kan kalo stres bisa-bisa imun turun. Tetep safety saat bekerja. Badai pasti berlalu!

3. Inget, tetep #dirumahaja kalo bisa. Kalo emang terpaksa kudu keluar, yang penting tetep jaga kebersihan, pake masker, dan sering cuci tangan (jika kagak memungkinkan, pake hand sanitizer yang berasal dari merk ternama, jangan abal-abal entar melepuh tangan kalian!)

Semoga tulisan ini bisa dijadikan pembelajaran bersama, yak.

1 comment:

  1. Iya mpo. Aye harus beneran cari tambahan nih. Sebagai guru private, murid aye tinggal satu. Mau coba dagang online sih moga syukses. Mohon doanye ye mpok.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.