Kewajiban Influencer yang Sayangnya Sering Terlupakan

apa itu influencer, influencer marketing
Mau jadi influencer kayak Anya Geraldine? (sumber)
Mau jadi influencer? Profesi influencer tuh emang enak karena banyak duit dan populer. Tapi sebenernye punye banyak kewajiban yang kagak perlu gengsi untuk dilakuin. Bukan hanya kewajiban baca kontrak dengan jeli dan baca brief sampe paham, tapi ada kewajiban laen yang kudu dilakuin, atas nama kemanusiaan dan kenyamanan bersama. Kayak ape aje, tuh?

1. Berani Meminta Maaf

Pada suatu hari tersebutlah seorang Selebgram berfollowers 2 juta curhat ke gue soal ketakutannye pasca bikin konten kontroversi berbau agama. Sebelomnye, sebut aje si Acha, ngucapin permohonan maaf di Instagram Story.

apa itu influencer, influencer marketing
Salah? YA MINTA MAAF! (sumber)
"Gue harus gimane lagi?"
"Cukup bagus lu udeh minta maaf. Langkah selanjutnye, langsung lu hapus tuh video kontroversi. Gue takut video lu disalahgunain ame orang lain. Kayak video influencer lain dengan jokes yang sama dengan yang lu bikin, yang kemudian dimanfaatkan segolongan orang buat nyari pamor dan duit. Ape lagi, lu orang berduit dan ber-power!"
"Serius sampe segitunye?"
"Iye! Abis ntu, kagak usah lu ungkit lagi soal tuh konten. Biarkan netijen lupa. Yang penting lu alihin mereka dengan konten-konten laen. Dan jangan lu ulangi lagi."

Sebenernye salut juge gue dengan si Acha yang sadar punye salah dan langsung meminta maaf.

Karena ape? Karena kagak banyak influencer gede yang melakukan hal ini. Banyak dari mereka yang kagak sadar bahwa mereka salah, terus marah-marahin followersnye. Kalo pun emang gengsi minta maaf, mending diem aje lah, kagak usah ngegas saat balesin komen-komen netijen.

Seseorang yang berani meminta maaf adalah seseorang yang memiliki nilai lebih di mata gue. Kalo idola kalian ada yang berani melakukan hal ini, gue cuma mau bilang : pertahankan mengidolakan dia, tapi jangan tutup mata jika dia melakukan kesalahan.

Buat para influencer, tolonglah kagak usah gengsi untuk meminta maaf!

2. Tidak Mengancam Atas Suatu Kesalahan yang Dia Perbuat Sendiri

apa itu influencer, influencer marketing
Punye power dan duit, bukan berarti bisa seenaknye ngancem! (sumber)
Gue bingung dengan seorang Selebgram yang lagi getol-getolnye mengubah branding menjadi orang yang punye sosial tinggi.

Gimane kagak bingung, secara doi sempet mau laporin seorang seniman setelah si seniman menegur bahwa gambar yang diposting Selebgram ntu kagak tercantumkan sumber (nama kreator). Si Selebgram malah ngajakin ketemuan bareng lawyer. WTF. Ngapain sih, tinggal minta maaf dan janji mau menghapus / menambahkan nama kreator, udeh selesai. Kecuali kalo si Selebgram memanfaatkan situasi untuk personal branding awareness. Pongah!

Buat para influencer, tolonglah jangan persulit suatu masalah yang lagi dihadapi. Hal kecil kagak perlu digedein!

3. Tidak Perlu Pencitraan dengan Kebohongan

Seorang penyanyi yang udeh lama berkarir di dunia showbizz, memiliki akun haters di social media. Awalnye gue sempet kaget, "Ni orang kagak pernah bikin sensasi kayak LL atau si Berbi, kok bisa ada haters?"

Setelah gue pelajari ape aje kesalahan si penyanyi hingga ada haters, ternyate ada banyak banget. Intinye sih, banyak kebohongan-kebohongan yang dibuat demi pencitraan.

Padahal, pencitraan yang baik bagi gue tuh ialah pencitraan yang kagak terdapat kebohongan. Jika memang kagak pernah atau kagak suka untuk dilakukan, ya kagak usah posting.

Kalo kagak sanggup urus anak sendiri sampe terpaksa pake baby sitter, kagak usah bilang, "Aku tuh mau punya banyak bonding sama anak, makanya gak pake baby sitter."

Padahal di dunia nyata, omongannye kebalik.

Kalo kagak sanggup diet nasi, ya kagak usah, "Aku tuh udeh beberape tahun lho kagak makan nasi."

Padahal di dunia nyata, eh ketahuan masih suka makan lontong, pas traveling ke luar negeri tetep cari nasi.

Buat para influencer, mohon dipahami bahwa pencitraan itu perlu, namun janganlah diisi dengan kebohongan. Di era keterbukaan ini, mata netijen itu lebih tajem dari pisau. Keberadaan kalian di dunia nyata dan maya dilihat oleh semua netijen. Jadi, berhati-hatilah.

4. Bijak dalam Memosting Dokumentasi Anak

Seorang Selebgram mengunggah video berisikan anak yang digendong suami sembari bermain skateboard. Hadeeeeh, kalo nyungsep pegimane, nih? Mane anaknye kagak dipakein helm.

"Tenang, suamiku ini jago, gendongan aman!"

Suka bingung dengan otaknye, bahaya bisa dateng kapan aje, dan yang paling penting jangan pernah menantang bahaya saat bareng anak!

Belom lagi yang suka potoin anak yang lagi mandi, boker, hadeuh kayak kagak ada momen laen aje.

Buat para influencer, please ngotak ye tiap dokumentasiin anak. Udeh anak dijadiin konten buat nyari duit, kagak bijak pula, ckckck. Awas anak lu pas udeh gede malah nuntut lu!

5. Re-check Sebelum Mengunggah

apa itu influencer, influencer marketing
Netijen yang baik itu : re-check informasi sebelum membagikan! Influencer? Ya kudu ngelakuin jugelah!!! (sumber)
Gue tau bahwa semua influencer berbondong-bondong ingin dicap paling uptodate. Hingga sering posting informasi umum yang penting di social media. Namun, kadang gue keki aje kalo ada influencer gede yang membagikan informasi hoax atau yang dilebih-lebihin. Ape susahnye sih Googling dulu buat mastiin informasi yang didapet sebelom dibagiin? Ngapain sih cepet-cepet banget ngebagiin konten?

Buat para influencer, kuota internet kalian pasti banyak banget kan? Ngotak dikit lah, sono Googling dulu sebelom share konten penting. Jangan kayak orang susah. Paling cuma kesedot kuota 100 MB doang. Punye kuota tuh jangan cuma dipake buat maen filter IG doang!

6. Melakukan Diskusi dengan Followers

Influencer mau makan ape sih kalo kagak punye followers? Maka dari ntu sebagai wujud apresiasi, jangan pernah males untuk ngebalesin dan berdiskusi dengan followers. Lagian demi branding dan kenaikan engagement rate akun sendiri, kok.

KAGAK SEMUA KOMEN FOLLOWERS harus dibales. Setidaknye di tiap postingan, ada 3 komen yang dibales. Ntu pun dibales dengan kalimat santuy, kagak perlu ngegas.

Dengan melakukan diskusi dengan followers, dijamin si influencer akan memiliki followers yang setia dan kagak mudah berpaling ke kompetitor influencer terkait.

Buat para influencer, jangan gengsi untuk berinteraksi dengan followers, yak. Kagak bakal menurunkan derajat kalian, kok!

7. Re-check Calon Klien yang Mau Endorse

Minggu lalu gue dengerin berita soal beberape artis dan selebgram yang dipanggil polisi dan dijadikan saksi atas kasus penipuan akun yang sempet meng-endorse mereka.

Gue kagak kaget saat pak polisi menyebutkan nama-nama influencer tersebut. Emang udeh dari awal gue gedek banget ame tuh influencer, kok kagak pilah-pilih endorse. Padahal punye tim sendiri, tolonglah itu tim disuruh kerja yang bener.

Buat para influencer, sebelom nerima endorse, coba deh dicek dulu akun brand / online shop terkait. Apakah terpercaya? Apakah produknye aman buat followers? Apakah si brand / online shop pernah mendapatkan suatu kasus yang merugikan umum? Dsb.

Hey influencer, kalian udeh dibayar mahal jadi jangan males untuk re-check. Ini demi branding kalian juge kok. Semakin kalian pilah-pilih, masyarakat jadi tau bahwa kalian bukan influencer ecek-ecek.

Gimane gaes, mau jadi influencer? Gue harap kalian kagak melupakan kewajiban-kewajiban ini, yak. Pesen gue: JANGAN SOMBONG. Dunia berputar, cuy. Dan selalu ada karma yang berlaku. Teteplah jadi orang baik dan menyenangkan. Semoga sukses!



Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.