Cara Mengidolakan Seseorang Biar Gak Dicap Norak

Mengidolakan seseorang ntu biasanye dirasain oleh hampir seluruh manusia di muka bumi ini. Percaye deh, emang pasti terjadi. Dari mengidolakan selebritis, pemuka agama, nabi, politisi, orangtua sendiri, suami orang #eh, dan sebagainye.

Jujur, sedari kecil gue selalu mengidolakan apepun dan sapepun. Mulai mengidolakan Sonic, karakter SEGA jaman '90an, penyanyi kece macem Agnezmo, Yogi Finanda (pemaen Eiffel, I'm in Love), John Pantau (John Martin Tumbel), Putri Titian, David NAIF, dan sekarang lagi menggilai banget Jason Ranti dan Danilla Riyadi. Untuk lebih jelasnye, nanti gue ceritain di postingan laen ye.

Dari sekian fanbase yang gue ikuti dan pantau, emang gue akui kalo fanbase Kpop yang solidnye tinggi banget. Segala merchandise mihil, konser mihil, bener-bener rela dibeli dan dinikmati. Segala kehidupan idolanye bener-bener dikulik tiap hari.

Sayangnye, mungkin karena sebagian besar dari mereka belom dewasa, jadi mereka lebih terlihat lebih 'beringas' di media sosial. Kalo gue sih, sangat memaklumi dan kagak berani ngata-ngatain kayak orang laen. Biarlah mereka berproses...

Mungkin banyak orang yang kasi gelar norak ke penggemar Kpop, padahal kalo menurut gue mah yang lebih norak ada lebih banyak banget, cuy. Tapi ape pun fanbase dan idolanye, gue harap sih mereka dan kite semua berusaha untuk kagak tampil norak di muka publik maupun di depan idola sendiri. Caranye?

1. Harus sadar bahwa selebritis pun cuma manusia, jadi wajar kalo punye kesalahan. 

Misal ada seorang idola, artis X yang kagak sadar ngegaruk s3laN9k4ngAn pas live di TV. Ya terima aje kalo idola lo ketahuan begitu, tapi kagak usah beringas ke fanbase kompetitor atau akun haters. Gatel mah wajar, kecuali gatel ngerauk suami orang baru deh viralin aje wkwkwk.

Pegimane kalo idola kite ketahuan pake narkoba? Ya kagak usah diikutin kelakuannye, tetep kasi support, bukannye kasi ujaran kebencian. Support lah ia untuk melakukan rehab.

Terkadang ada kesalahan yang sepertinye masih bisa dimaafkan. Kadang ada yang kagak bisa dimaafkan, misalnye ternyate politisi idola kite nilep duit rakyat, artis kesukaan ngerebut suami orang, dsb. Yowislah ntu mah cukup tau aje, mendingan juge cari idola laen, eymmm.

2. Jika ada yang mengkritisi (secara santun) terhadap idola lo, ya kagak usah ngamuk

Harusnye kite bersyukur jika idola kite dikritisi oleh beberape orang. Karena tandanye idola kite ntu emang beneran populer dan selalu terlihat di muka publik alias kagak anyep, lah.

Jika ada kritik yang diutarakan dengan santun, maka tanggapilah dengan santun. Jangan malah ngamuk, yang ada lo dan fanbase lo yang kena cap norak oleh masyarakat.

Jika ada temen sesama fanbase yang ngamuk, mohon tenangkan dan nasehatilah ia. Ketimbang nama fanbase jadi jeleque.

3. Jika ada kesalahan idola yang lo ketahui (namun ia kagak sadar), tegur dan kasi saran langsung ke doi. Coba DM ke Instagramnye, kalo kagak dibace baru deh share di kolom komen atau di caption postingan Instagram lo.

Jadi, gue pernah kasi saran dan support ke seorang Youtuber dengan subs jutaan. Gue utarakan via DM. Karena emang gue sayang ame diye, ya gue bilanglah ke diye bahwa ada postingan Instagramnye yang menurut gue gawat banget kalo kagak dihapus. Karena postingannye berisi prank saat ibadah, dan gue takut hal tersebut dimanfaatkan orang yang pengen pansos (akun haters, lawyer, sekuter).

Gue bilang gini, "Beb, mending hapus aje deh tuh postingan. Bukan ape-ape nih, soalnye Youtuber sebelah sempet dilaporin ormas dan lawyer gegara postingan prank ibadah"

Untungnye diye bace ntu DM, terus banyak curhat soal postingan ntu.

"Padahal gue gak ada niat mau jelek-jelekin agama..."

"Iye, tapi sori beb, netijen Indonesia tuh kagak semuanye ngerti eymmm..."

"Terus gue kudu ngapain?"

"Langsung hapus, jangan diungkit, dan diemin netijen yang berusaha julid dengan postingan ntu..."

Untungnye sih doi ngedengerin gue wkwkwk. 

4. Gunakan fanbase gede lo buat hal-hal positif. Jangan buat ngerisak orang laen.

Banyak banget kejadian saat fanbase ngerisak (bully) orang laen, yang bahkan ada banyak juge kejadian artis yang dirisak oleh fanbase. Coba aje tanye Mbah Gugel dengan kata kunci "Artis yang pernah dibully fanbase".

Menurut gue sih, kagak perlu segitunye ye. Lebih baik menggunakan fanbase untuk hal-hal kebaikan. Cukup ghibah aje lah maksimal, kagak usah sampe ngerisak.

Gue cukup bangga saat tau anak-anak Kpop turut mempopulerkan kontra dan kritik Omnibus Law di socmed. Aslik deh, pengen rasanye gue peluk para adek-adek ntuhhh.

5. Jangan pernah minta folbek, namun teruslah kasi komen positif dan support ke idola lo.

Seumur-umur gue kagak pernah minta folbek ke idola, aslik! Yang ada, gue selalu menanggapi segala status atau postingan socmednye. Dan mungkin karena sering banget gue komen, jadi ternotis dan keinget terus. Ujung-ujungnye, ya ada lah idola yang ngefolbek secara ikhlas. Lagi pula, gue menanggapi postingan mereka karena ya emang gue suka aje, bukan bermaksud biar mereka ngefolbek.

Justru kalo mereka ngefolbek, jadi beban tersendiri bagi gue. Kurang bebas berekspresi wkwk. Tapi lama-lama, bodo amat deh gue.

Nah, mungkin hal itu yang bisa lo coba terhadap idola. At least, biar selalu dinotis lah (ngebalesin komen/DM terus).

6. Kalo ketemu idola di luar dan doi terlihat lagi sibuk atau lagi bareng keluarga/pasangannye, jangan maksa minta foto.

Figur publik tuh pasti selalu pengen punye waktu bebas dan berkualitas di luar kegiatan entertain-nye. Nah, sebagai penggemar ada kalanye kite kudu mengerti dan memahami akan hal ntu. Kalo soal foto bareng mah, pasti bisa lah di laen waktu, misal acara Meet 'N Greet atau launching sesuatu.

Hal ini pernah disampein ame Putri Titian via instastory lamanye dulu. Doi memohon maaf jika menolak foto bareng saat situasinye doi lagi bareng keluarga (ape lagi bareng anak-anaknye).

Gue juge sempet denger curhatan salah satu anak artis (entah sape gue lupa), yang bilang ngerasa gengges banget kalo bokapnye (aktor terkenal) pas lagi diajak ke emol eh malah dikerumunin emak-emak yang minta foto. Katanye, "Ngapain gue cape-cape ngajak bokap buat dinner bareng kalo banyak waktu yang terbuang untuk hal-hal di luar waktu pekerjaan. So, kapan gue bisa punya waktu yang bener-bener berkualitas?"

Gue juge keinget dengan curhatan Rafathar (anak Raffi - Gigi) yang paling kagak mau ketemu banyak orang (ape lagi mau diajak jumpa fans) karena trauma pernah dicubit oleh emak-emak. Mungkin si emak-emak ntu ngerasa gemes ame Rafathar tapi kan namanye juge anak kecil ya mengartikannye beda. Meskipun situasinye lagi acara M&G, gue harap sih setiap penggemar bisa membatasi kelakuan di tekape, biar kagak diilfilin ame sang idola.

7. Jangan pansos dengan cara nyebelin, misalnye sok jadi haters doi. Tapi bikinlah karya yang bisa lo persembahin khusus buat doi.

Ketimbang melakukan ujaran kebencian demi dinotis idola, lebih baek kasi sesuatu yang kreatif buat mereka. Kalo lo bisa ngegambar, bikinlah gegambaran kece berisi muka kece si idola. Kalo lo punye suara cakep, bikin aje cover lagu si idola. Kagak ngerasa kreatif? Ya kirim aje hadiah buat doi, coba deh cari tau doi lagi suka ape. Nanem Janda Bolong? Pake piyama gaul? Baca buku? Kasi deh tuh hadiah, sape tau nanti hadiahnye nongol di instastory-nye.

Namun, percayelah.... idola yang baek pasti akan menerima setiap komen positif setiap penggemar  sebagai hadiah terbaek di dalem hidupnye. Jadi, kalo lo kagak sabi ngasi hadiah atau karya, at least kasi support aje, cukup kok.

8. Jangan banyak meminta kalo emang lo sayang ame idola.

Gue sering banget liat penggemar yang minta hape, kamera atau duit, kepada para idola mereka. Katanye, biar bisa berkarya kayak sang idola. Duh, jangan segitunye, dong. Yang ada idola lo ilfil ame lo. Kalo emang mau berkarya, ya kerja dulu biar dapet duit. Nah, duitnye buat beli hal-hal yang berkaitan dengan karya atau hobi lo.

Jangan banyak meminta idola bikin lagu, film, atau konten Youtube yang sesuai dengan pikiran lo. Meminta sesekali boleh, tapi kalo keseringan, ya sape lo? 

Jangan banyak meminta idola lo untuk bisa pacaran dengan selebritis terkenal laen. Sape lo? Soal hati kagak bisa dipaksain, cuy.

--------------

Yah itulah segenap saran berbau pengalaman gue soal dunia per-idol-an. Semoga bisa dijadiin pembelajaran bagi kite semua.

1 comment:

  1. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000 :d
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q :-* (f) (f) (f)

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.