Kisah Danilla Riyadi Soal Pelecehan Seksual di Masa Kecil

Foto Danilla Riyadi jepretan Ananda Surio (link)
Dalam wawancara Danilla di video ini, gue cukup kaget bahwa idola gue satu ini ternyate punye sisi kelam di jaman kecil dulu. Namun menurutnye, kepahitan itulah yang justru bikin Danilla kini jago memasak dan meracik karyanye sampe enak. Sampe gue begitu menggemari karya, pun dengan personal Danilla yang semakin bijak.

Jaman SD, Danilla bercerita bahwa kehidupan di sekolah sangat teramat barbar. Rok kawan ceweknye lah diintipin, padahal temennye lagi duduk biasa doang. Bahkan para kawan cowo-cowonye suka pegang-pegang payudara, dan Danilla pernah menjadi salah satu korbannye.

Kalo soal rok diintipin, jaman 90an kayanye emang ngetren banget. Pake serutan bulet yang ada cermin, yang kemudian dilem di atas sepatu si pelaku. Kaki bersepatu diarahkan ke bawah rok dan viola, kancut pun terlihat. Ini pun terjadi saat gue kelas 3 SD. Kadang suka bingung, temen-temen gue udeh pade s4gn3 kah di usia teramat kecil ntu? Bukan ape-ape, gue pun suka jadi korban serutan plus rok dibuka-buka ame temen-temen cowo. Tau kan dulu tuh rok rampel cuma sedengkul, kalo dibuka tinggal ditarik langsung keliatan tuh segitiga bermuda. Kena angin aje bisa keliatan ituannye!

Sayangnye jaman dulu belom ada tuh pendidikan seks yang diajarin di sekolah, yang ngajarin kite bahwa hal-hal kayak gitu namanye pelecehan dan kalo jadi korban kudu langsung teriak aje. Serta langsung lapor ke orangtua dan guru.

Kembali ke cerita masa kecil Danilla. Yang makin gue terkejud yakni saat si Cici menjadi korban pelecehan dari pria dewasa selama bertahun-tahun. Sedari kelas 5 SD hingga kelas 1 SMA, cewe berzodiak Aquarius ini kerap kali dipegang-pegang dan dicium oleh seorang karyawan ortunye.

Selagi Danilla tertidur di ruang tamu, sang pelaku pasti akan melakukan aksinye. Bahkan pernah suatu pagi buta, sang pelaku masuk ke kamar untuk melakukan hal terkeji ntu.

Klimaksnye, saat sang pelaku berani membuka celana. Saat setengah terbuka, tentu aje Danilla udeh sangat kaget dan beruntung ada karyawan laen yang melihat lalu berteriak. Pelaku pun langsung dipukul dan diadili oleh keluarga.

Ada satu hal yang lebih bikin gue kaget. Yakni saat sang pelaku melakukan aksinye lagi beberape tahun kemudian. Saat itu, Danilla cuma bilang, "Udah selesai belom megangnya?"

Sedari kecil, Danilla udeh merasa ini aib, hanya bisa memilih diem, dan merasa udeh terlalu shock sehingga ngerasa kagak mampu untuk menceritakan hal tersebut ke orang laen (pada saat itu).

Setiap ingin melawan, Danilla seringkali merasa freezing. Sebagai pembelajaran, dilansir dari KlikDokter, kondisi freeze terjadi karena bagian otak yang merespons rasa takut jadi sangat aktif karena ketakutan yang luar biasa. Makanya, korban pelecehan seksual bisa terlihat diam saja dan bikin orang salah kira (dianggap mau). Padahal, sama sekali tidak.

"Kata orang-orang, gue tau apa soal pelecehan, karena gue kerap dicap mengeksploitasi wanita karena perkataan kasar gue. Guys, gue pernah dilecehkan seperti yang kalian rasakan. Gue tau rasanya badan kalian dipegang orang yang bukan kalian sayang, pastinya gak enak. Tapi gue (sebagai korban) gak minta dikasihani. Malah sejak saat itu gue merasa harus selalu berjaga diri, dan itu berlaku (kepada kalian) mau perempuan atau lelaki," kata Danilla untuk temen-temen sekalian.

Oiyak...

JIKA KALIAN MENDAPATI PELECEHAN/KEKERASAN SEKSUAL, plis langsung kontak ke Komisi Nasional Anti Kekerasan terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) Jl. Latuharhari 4B Jakarta. 

Telp +62-21-3903963

Twitter @KomnasPerempuan

Instagram @KomnasPerempuan

Atau bisa ke kontak di bawah ini:

Semoga kejadian kagak menyenangkan seperti Cici Danilla kagak terulang lagi ke siape pun. Huhu. Stay safe, everyone!

(Anyway banyak untold story soal Danilla di video ini, plis nongton sampe abis!!!)

2 comments:

  1. Biasanya yang pernah ngalamin, pada takut buat speak up juga. Btw, Mpok! Pernah bahas soal hubungan yang desruptive gak, ya? Lama ga mampir, sih. hehe.

    ReplyDelete
  2. ayo segera bergabung dengan kami hanya dengan minimal deposit 20.000 :d
    dapatkan bonus rollingan dana refferal ditunggu apa lagi
    segera bergabung dengan kami di i*o*n*n*q*q :-* (f) (f) (f)

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.