Dulu Benci Kucing Eh Sekarang Malah Jadi BUCING (Budak Kucing)

kucing lucu mixdom
Kucing lucu kayak gini, siape yang kagak gemes? 

Pertama kalinye nih gue menceritakan pengalaman punya kucing, wkwkwk. Efek pandemi nih, jadi cari pelampiasan hiburan lain. Ternyate, kucing lah yang bisa jadi pelipur lara saat ini.

Jujur, dulu gue jijik dengan kucing. Iye sih mukanye lucu-lucu, tapi ngeliat bulu mereka yang berterbangan, belom lagi suka eek sembarangan, bikin gue ilfil deh ame binatang satu ntu.

Sampe akhirnye, ortu gue memelihara kucing. Emak gue emang dari dulu kepengen punye kucing. Namun, kudu dientar-entarin dulu melihat situasi rumah yang kagak memungkinkan buat memelihara hewan satu ntu. Soalnye di rumah tuh banyak banget barang pecah belah yang dijadiin pajangan. Plus kebanyakan furnitur. Buat temen-temen yang suka maen di rumah gue, pasti tau deh.

Nah, pasca pensiun, Alhamdulillah ortu bisa bikin rumah yang gede. Mulai dari situ mereka berencana untuk kagak mau lagi naro banyak furnitur dan pajangan. Jadi lah mereka pelihara kucing.

Kucing yang dipelihara pun bukan hasil jual-beli gitu. Melainkan, gegara kagak sengaja nemu satu kucing betina di hutan belakang rumah, dan lagi hamil pula. 

Kucing mixdom ntu dinamain Yasmin, dipelihara selama kurang lebih 4 bulan dan kemudian doi kabur. Kitten Yasmin yang berjumlah 4 ekor, lalu diambil 2, sisanye diadopsi oleh temen emak dan dinamain Moza-Mozi. Lalu, si sepasang kitten kawin (ya ampun incest bro!) dan menghasilkan 4 kitten. Setelah melahirkan, eh si sepasang ntu kabur gaes wkwk. Terus, diasuhlah 2 kitten yang ada, 2 lagi ya dikasi ke orang lagi.

kucing lucu mixdom
Kembaran Buye, Cemong, dan Buye, saat masih jadi kitten 1 bulan.

Kucing ntu bernama Bino alias Oyen alias Bule (atau biasa gue panggil Buye). Serta Cemong (dulu dinamain Albino tapi kebagusan haha).

Nah, sejak 2 kucing terakhir ini hadir di kehidupan keluarga, emang gue ngerasa kayak hawa rumah tuh jadi enak aje gitu.

kucing lucu mixdom
Buye dan Cemong usia 10 bulan.

Orang-orang rumah yang tadinye lebih emosian, jadi bisa gampang calm down. Terus, obrolan jadi lebih asik karena lebih sering ceritain soal kucing wkwk.

Namun, tentu aje gue kagak mudah untuk langsung suka dengan kucing. Prosesnye panjang, gaes!!!

Konon, kucing tuh akan lebih caper ke orang yang kagak suka kucing. Entah ngedeketin, tau-tau mereka usel-usel, sok-sok rebahan di deket kite, dst.

Nah, ntu terjadi di gue, gaes!!!!

Tiap gue kerja di karpet, tau-tau mereka berdua nongol terus rebahan di deket gue. Terus si Cemong kepoin laptop gue. Atau Buye yang minta disayang-sayang (si kucing oren ini emang manja).

Lalu, ada aje tingkah lucunye. Si Buye lah yang suka cium ketek bokap. Si Cemong yang suka kagetan dan ngumpet tiap ada petir. Atau polahnye yang suka cium kopeah dan beha. HAHAHA.

"Udeh, pegang aje ntu kucing. Kagak usah gelian!" ujar emak tiap para kucing ada di deket gue.

Lalu, waktu ntu gue sempet kagak sengaja nemu artikel bahwa kucing tuh hewan yang suka kebersihan. Kalo kite liat mereka jilat-jilat badan, istilahnye tuh mereka lagi mandi (grooming) untuk menghilangkan kotoran yang dirasa.

(Tapi kagak semua kotoran ya, gaes. Paling cuma debu-debu aje. Kalo kotor karena kejebur got, ya harus manusia yang mandiin. Haha).

Kucing di rumah gue nih, paling ogah pake litter box (tempat pup dan pip) jika pasirnye penuh dengan eek mereka. Kan kadang lupa dibersihin tuh ame bokap, jadilah si kucing terpaksa buang hajat di kandang (eeknye kan jatoh ke tadahan kandang yak, jadi si kucing semacem mikir, "Yaudeh ah gue buang di marih aje, kagak bakal ngotorin kandang banget ini").

Kalo soal bulu yang berterbangan, setelah gue pelajari, ternyate yang paling menganggu tuh semisalkan kucing kite tipikalnye berambut panjang (biasanye kucing ras macem ragdoll gitu). Sedangkan kucing-kucing di rumah tuh, masih di bawah medium-hair namun kagak short-hair juge. Gimane yak, namanye juge kucing mixdom (mereka mix Persia dan Domestik aka kampung).

Soal bulu sih, kagak menganggu yak di rumah. Karpet yang kena bulu pasti dibersihin, ntu juge kagak banyak. Bulu mereka kagak sampe masuk ke masakan.

Lama kelamaan, gue pun jadi tergugah untuk memegang para kucing. Untuk pertama kalinye, gue memegang Cemong. Bulunye? YA AMPUH, HALUS BANGET WOY!!!!

Gue berasa megang karpet mahal HAHAA.

Dua minggu setelahnye, baru deh gue berani gendong tuh kocheng-kocheng. Terus makin lama, makin menggila lah gue. Beliin tempat makan, baju tentara kucing (rikues emak), berbagai macem mainan, boneka ikan-ikanan, pet cargo dst. Pokonye duit bulanan gue habisin buat mereka aje tuh wkwk.

Liat nih si Buye barbar, ganteng kan??? 

kucing lucu mixdom
Kocheng Oyen bar-bar sok ganteng
Nah, semakin lama gue mempelajari dunia kucing, gue jadi tau bahwa kucing tuh harus divaksin dan disteril. Steril, apaan tuh? Nah, steril tuh semacem dikebiri bagi jantan, untuk betina rahimnye diangkat gitu, gaes. Fungsinye, agar mereka kagak ada gejolak birahi, soalnye kalo udeh birahi pasti ada aje dramanye. Entah kabur (kayak kucing sebelomnye di rumah!!!), pipis sembarangan (spraying), meong-meong terus, dst. Hmmm, ortu gue kan kagak ngerti begituan ye, mangkenye selama ngasuh kucing, dari dulu suka menerima drama kayak gitu. Pas gue pikir-pikir, oke fix, itu akibat kucingnye birahi dan kagak disteril!

Disebutkan pula bahwa steril untuk menekan populasi kucing (biar kagak beranak mulu), bikin panjang umur dan meminimalisir penyakit-penyakit tertentu. Karena gue sayang dengan kucing-kucing di rumah, jadilah gue nabung dari jauh-jauh hari, untuk melakukan vaksin dan steril, yang harganye naujubileh (kagak ada BPJS kucing ape ye?).

Sebelom melakukan 2 hal tersebut, gue sempet adopsi kucing temen blogger gw (Om Ridu), namanye Maliki. Kucing betina mixdom berusia 1 tahun, yang kagak bisa diurus lagi karena yang ngerawat (emaknye Om Ridu) lagi sibuk ngerawat anak bayi. Udeh gitu, lingkungan rumahnye tuh kagak aman buat kucing, soalnye kucing-kucing liar suka dijahatin gitu. Ketimbang Maliki (yang emang suka dibiarin keluar) kagak aman, jadi dicariin lah Pawparents baru.

kucing lucu mixdom
Maliki, si kucing betina yang rada tomboy namun aslinye manja
Kagak mudah sih saat ngerawat Maliki di awal-awal, karena pas dateng ternyate Maliki nih lagi sakit jamuran parah. Terus... adaptasinye 2-3 mingguan lah, sampe doi bisa berkawan dengan Buye dan Cemong. Bahkan, kawin! Hahaha.

Jadi... Sebelom gue steril Buye dan Cemong, gue mempersilakan mereka untuk kawin dulu deh ame si Maliki (yoi dah berbagi istri wkwk). Gue juge penasaran anak-anak mereka tuh bakal kayak gimane gitu.

Dan gue berharap, semoga setelah ada Maliki, para jantan tuh kagak kabur-kaburan dan spraying. Walau ternyate... Yailah... Setelah pade ngerasain kawin ternyate mereka sama aje. Dan betina gue dicuekin huhu.

Bahkan sempet ada di tahap Buye dan Cemong homoan wkwk.

Anyway, kalo gue pikir-pikir yak, mengasuh kucing tuh sama banget kayak mengasuh balita. Bedanye sih, kucing seumur hidupnye bakal harus dijaga sebagaimane balita. Kalo balita manusia kan, setidaknye mereka makin gede, dewasa, dan bisa ngurus sendiri. Kucing mah ape-ape ya kudu diurus. Kalo kagak, nanti yang ada mereka sakit yang aneh-aneh. Matanye lah keluar jalur, jamuran, scabies, berak darah, dst.

Terus, kalopun kalian kepengen punye kucing namun orangtua/pasangan serumah kagak ngijinin (karena kagak suka), gue doain semoga mereka yang tadinye kagak suka malah jadi bucing wkwk. Karena selain kejadian di gue sendiri, gue pun melihat berbagai cerita orang lain yang demikian. Misal, seorang anak yang bokapnye benci kucing, eh pas si anak nekat punye kucing, malah bapaknye jadi bucing wkwk.

Terakhir, jangan dikira melihara kucing tuh cukup ngasi makan doang. Kagak cukup itu doang! Karena kebutuhannye tuh segambreng. Beli cat litter (pasir), shampoo khusus kucing, P3K kucing (obat-obatan macem VCO, obat flu, obat kutu), vaksin, steril, snack, dst. Terus kudu nabung karena takutnye suatu hari si kucing sakit dan butuh pengobatan dokter hewan (yang kagak murah).

Paling segini dulu cerita gue tentang kucing. Nanti akan disambung lagi di artikel selanjutnye. 

1 comment:

  1. Numpang promo ya Admin^^ (f)
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat
    ayo segera bergabung dengan kami di ionpk.biz ^_$
    add Whatshapp : +85515373217 || ditunggu ya^^ x-)

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.