Ada Apa Dengan Si Kembar?

masalah drama tasya tasyi

Belakangan ini gue melihat berbagai netizen yang ngomporin Si Kembar Tasya Tasyi melalui banyak potongan video Youtube mereka di TikTok dan media sosial. Bahkan berbagai media pun ikut menggoreng konten tersebut. Walau pada akhirnya mereka meminta maaf dan take down artikel gorengannya….

Puncaknya, Tasyi membuat video klarifikasi super panjang, yang mana omongannya diwakilkan oleh sang suami tercinta.

Karena panjang banget videonya (1 jam 8 menit 35 detik, cek sini aja), jadi gue mencoba untuk breakdown inti video serta hal-hal yang juga perlu dikritisi. Semoga berimbang ya….

KALO MAU BACA, DILARANG BAPER.

INTI VIDEO.

1. Alasan kenapa suka jarang ngumpul atau kemarin gak datang ke ultah ponakan, karena Tasyi kemana-mana harus sama suami. Gak bisa sembarangan juga ngumpul-ngumpul sama orang yang bukan muhrim. Mereka emang harus seketat itu dalam pergaulan mengingat pengurus ponpes yang bakal jadi contoh santrinya.

Nah dari dulu tiap ada perkumpulan, selalu ada yang ngomporin suami Tasyi dengan nawarin cewek gitu (wow, terkejut, barbar juga yaaa sirkel mereka tuh). Makanya gak semua acara ngumpul si suami mau hadir. Tergantung ngumpulnya gitu lah pas saat apa, misal lebaran. Cmiiw.

Intinya sih ya, mengurangi intensitas ketemu sama orang yang bisa menjatuhkan mereka ke hal-hal yang jauh dari syariat. Pun kadang mereka udah terlanjur ada acara sendiri, jadi terlihat sering gak datang ke acara keluarga. (diakui Mama Ala pada Live IG malam tadi)

2. Ada pembahasan soal video ‘airpods’ (potkes di Yt Tasya). Sebenarnya gue melihatnya cuma candaan antar keluarga aja. Walau memang ada beberapa hal yang bikin menyinggung Tasyi dan suaminya kecewa. Misal, saat Tasyi dikatain gendut, nyerocos mulu, ceramah mulu, berantem mulu, dst. 

Sayangnya suami Tasyi cuma liat dari potongan video juga. Padahal di situ Tasya juga sama aja dikatain Tasyi walau hanya jokes aja. Dua-duanya bisa jadi sama-sama tersinggung tapi ya ngerasa itu sodara jadi selow aja. Sialnya karena viral aja sih dan digoreng netijen. Gue yang udah nonton semua airpods dari dulu mah biasa aja liatnya.

Kalo mau berimbang, semua episodes airpods harus ditonton dari awal sampe akhir oleh si suami Tasyi. Karena di video klarifikasi itu terlihat sekali membela Tasyi tok doang, jadi gak bisa mengkritisi Tasyi, misal, “Tasyi, kamu harusnya gak ngomong gitu ke Tasya/Mama Ala…”

3. Teguran buat Tasya yang sempat story soal suatu quotes yang dispekulasi macam-macam oleh netizen. Kata suami Tasyi, hal ini namanya sengaja kasih makan ke orang gak bertanggung jawab. Seharusnya gak perlu dilakukan.

Hmmm….

Hal-hal yang perlu dikritisi…

1. Ini masalah internal keluarga yang sebaiknya gak perlu dibikin klarifikasi panjang lebar (apalagi diwakili pihak luar seperti seorang mantu). Karena ada beberapa hal yang menurut gue rawan dipotong-potong/digoreng oleh orang gak bertanggung jawab.

Iya tau videonya bakal dihapus, tapi kan namanya jejak digital itu akan selalu ada. Yakin kok banyak orang yang download video itu sebelum dihapus, demi dijadiin konten tiktok dan digoreng-goreng.

Bakal makin runyam yang ada….

2. Katanya, alasan bikin video itu karena pihak Tasyi udah kelamaan diam dan sabar dengan berbagai hujatan. Sedangkan keluarganya sedikitpun gak ada yang speak up untuk membela. Sampe suaminya agak menyinggung, kalo ada sodara cuma diem aja (gak ikut bela/speak up), itu termasuk jahat.

Yah kalo nangkep dari cuplikan airpods di video klarifikasi aja, kan udah tau dari awal kalo Tasya aja kalo ada-apa cuma keep silent. Oiya tadi juga Bu Ala sempet Live IG dan dia bilang gak ada hal yang harus diklarifikasi. 

Pihak keluarga Bu Ala kayaknya emang tipikalnya tim silent aja. Ya memang harusnya begini gak sih? Daripada nanti jadi boomerang lagi. Kalo kata gue mah, masalah keluarga gak harus bikin semua orang tau. Mau klarifikasi? Sekalian sewa jasa Public Relations biar hasil pernyataannya bagus sekaligus dapat membungkam netijen. 

3. Gue baru tau ternyata Tasyi dan Mamanya itu suka adu debat soal hijab mulu. Tasyi menganggap itu wajib, Mamanya nggak. Lalu dibela sama suami Tasyi, yah namanya dakwah emang susah apalagi ke orang terdekat, begitu kurang lebih. (agak kaget kenapa hal ginian aja sampe dibahas di video klarifikasi yang sebenernya gak terkait sama si airpods yang dimasalahin utamanya).

Yang gue tau, soal hijab itu emang tergantung dari keyakinan ya. Ulama sebenernya punya pendapat berbeda dan itu wajar. Tinggal gimana kita mau yakin ke ulama mana. Harusnya sih hal sensitive kayak gitu gak perlu diobrolin lebih dalam. Dan wajib saling rispek aja sih.

Ini jadi pelajaran buat kita semua, gak semua hal sensitive perlu dibahas. Kalo sekali ngajak, yaudah cukup. Jangan memaksa. Bentuk cinta ke Tuhan ada berbagai cara, kalopun orang terdekat punya cara berbeda, ya hormati dan hargai aja.

Gw paham suami Tasyi punya pendirian tertentu, tapi harusnya kasih tau juga ke istrinya untuk bisa rispek pilihan orang, even itu orangtua sendiri.

4. Buat suami Tasyi, gak usahlah kamu sampe ngomongin, “Tasya betul-betul ada kedengkian, atau benci terhadap Tasyi, yang disalurkan lewat jokes, di media yang dia punya.”

Pernyataan kayak gini gak patut diungkapkan secara frontal di Youtube lah. Omongin aja langsung ke orangnya.

Walau gue paham, kamu bilang itu bentuk kekecewaanmu terhadap Tasya (dan Mama Ala) versi 2 tahun lalu, dan merasa 2 sosok itu sudah lebih baik lagi sekarang….


5. Kalo menurut gue, ada baiknya kalo mau bikin klarifikasi keluarga, ya harus sama keluarga lagi (satu frame). Bareng-bareng gitu. Kan kontennya soal ketersinggungan di dalam keluarga. Kenapa harus bikin videonya sama pasangannya yang gak ikut syuting di konten terkait sebelumnya?

Kalo gak bisa klarifikasi bareng, lebih baik saling diam. 

6. Memang menjadi seseorang yang terkait sama pesantren, harus bisa menunjukkan kebaikan. Gak boleh publish omongan-omongan yang bisa digoreng orang sekitar. 

Bahkan kalo bisa gak nunjukin hedonism. Nah, yang ini kok gak disinggung yah sama suami Tasyi? Gue justru resah sama konten macem gitu dari seorang istri pengurus pesantren.

Soalnya gue keinget banget video Tasyi yang spill belanjaan pas jalan-jalan (habis puluhan juta), pas ASMR koleksi tas-baju mewahnya, dan sebagainya. Katanya takut sama Ain, kok malah pamer kemewahan ya…

Bukannya agama mengajarkan kesederhanaan? Pun gak boleh nunjukin harta duniawi secara gamblang, yang mana dapat mengundang beberapa hal (ain, dengki, bahkan rampok woy).

7. Sebagai Public Figure, kalian harus siap dengan berbagai pujian dan hujatan. Nah kalo emang dirasa gak sanggup sama hujatan, ya gak usah dibacain. Kalopun udah terlanjur baca, ya langsung block aja, selesai sudah.

Jadi begitu ya, heuheu…

Oh iya, postingan ini ditujukan untuk teman-teman yang mungkin gak bisa nonton video tersebut dengan berbagai alasan (waktu, kuota, atau videonya di-take-down).

Sebelumnya mohon maaf jika tulisan ini ada kesalahan-kesalahan. Kalo ada tambahan, komen aja ya.

Kalo ada hujatan untuk tulisan ini, akan gue hapus dan block ya. Hahaha.




1 comment:

  1. rasanya sangat disayangkan ya si kembar ini sampai perang saudara, karena kesalahpahaman. Semoga bersatu kembali dan tetap harmonis.

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.