Tips Nge-blog Ala #KancutBeringas


Gak berasa banget, udeh hampir 2 taon gue punya blog. Dan gue juga udeh ngerasain suka-duka jadi seorang blogger. Apapun duka yang gue rasa, toh gue makin lama malah makin keasyikan ngeblog, hingga terkadang melupakan tugas dan pekerjaan yang gue punya. Hihihi MySpace

Btw, dua hari yang lalu, tepatnya 27 Oktober 2011, gue baru inget kalo ntu adalah hari Blogger Nasional. Gile, banyak bener blogger-blogger yang ngucapin selamat ke gue di twitter. Hihihi. Trus, bapak blogger Indonesia, Enda Nasution tiba-tiba kasi kejutan ke gue! Ape tuh? Nih :

Alhamdulillah yah, sesuatu banget  ! Btw masuk ke postingan SALING SILANG loh! Klik sini

Nah, ngomong-ngomong kalian juga kepengen kan blognya direkomendasi sama orang terkenal atau dikenal sama banyak onliners? Makanye, nyok ikutin tips ngeblog ala #KancutBeringas berikut ini :


1. Konsisten dalam memosting. Mau setiap hari, kah? Mau seminggu sekali, kah? Hohoho. Saran gue sih, minimal seminggu sekali !

Kenape sih harus konsisten? Soalnye kesian entar pembaca setia lo, kepengen baca tulisan terbaru dari blog lo eh tapinye lo nye kagak konsisten! Pembacanye jadi males deh buka-buka blog lo lagi.

2. Isi tulisan haruslah menarik! Menarik tuh gak musti LUCU loh, ye! Bisa juga membahas sesuatu yang lagi nge-hits/nge-trend saat ini, tulisan yang menginspirasi/bermanfaat, tulisan penting (misalnye lo suka ngeliput berita, nah lumayan tuh dipajang di blog!), dll.

Trus bisa juga, kalo lo jago gambar, motret, nulis puisi, atau bikin pidio asyik... nah kenape kagak dipajang aje di blog?

3. Cari ciri khas blog dan diri lo! Soalnye gini, kebanyakan blogger muda yang ada saat ini tuh menurut gue FLAT. Mereka punya gaya bahasa yang kayaknye sama, mungkin dipengaruhi sama seseorang yang sama yang menginspirasi mereka kali, ye! Coba deh cari ciri khas yang mau lo tonjolin di blog (dan jangan ngikutin orang laen!), misalnye kalo blog gue tuh ciri khasnye FRONTAL trus tulisannye asal ngejeplak dan rada ke-betawi-an gitu. Dari segi desain juga mungkin ngaruh kali ye, misalnye blog gue yang punya ciri khas buku diary buat headernye. Hihihi MySpace

Lalu coba juga cari ciri khas lo, sebagai identitas yang mungkin bisa selalu diinget sama orang laen. Misalnye, bang Benakribo yang punya khas rambut kribonye. Kalo gue ciri khasnye... Hm, apa yak? Suka gonta-ganti gaya rambut kali, ye? Wakakaka MySpace


4. Desain blog seindah mungkin. Tapi, jangan kebanyakan gadget, yak! Entar blognye berat, yang ada orang laen males buka blog lo.

Soalnye gini, kebanyakan pembaca juga demen ke blog kite karena desain blognye yang menurut mereka aduhai banget, ya lumayan lah buat cuci mata pembaca. Hehehe MySpace

5. Blogwalking. Cara ini juga ampuh loh buat naekin visitor blog lo. Ya, pokonye seminggu sekali aje kalo lagi ada waktu luang.

Pas blogwalking, coba isi chatboxnye dengan ngomong, “Hai, kunjungan nih. Btw desain blognya, lucu banget! Tulisannya kocak! Hihihi!”. Jangan sesekali ye cuman isi chatbox dengan, “HAI, BLOGNYA UDAH DIFOLLOW, FOLBEK DONG!” Idih, apa banget MySpace

Trus jangan lupa, kalo blogwalking jangan cuman buka blog dan isi chatbox doang, coba deh sering-sering isi komentar lo di tulisan dia. Hehehe. Entar juga sama dia dikunjungi balik.

6. Cari banyak temen sesama blogger! Setelah lo blogwalking, coba deh add FB/follow twitter blogger tetangga. Hihihi. Selain itu, coba juga ikut komunitas blogger, kayak Kancut Keblenger gitu. Hehehe (promosi).

7. Tentuin target pembaca blog lo! Dari situ, lo bisa nentuin gaya bahasa yang mau lo pake. Kalo blognye remaja, ya pake aje bahasa sehari-hari yang ringan. Kalo target pembacanye orang tua, ya pake bahasa baku. Hehehe MySpace

Trus, kalo lo kepengen blog lo diketahui sama orang sedunia, pake Bahasa Inggris. Yah contohnye kayak blognye si Evita Nuh lah.

bocah ajaib!

8. Jangan sombong dan pelit ilmu nge-blog ke orang laen! Kalo ada yang nanya-nanya soal blog, ya jawab aje sebisa lo!

9. Jangan jadi blog hasil COPASan! Hare gene blognye COPASan? Masih jaman, bung?

10. Be Your Self! Pake gaya bahasa sendiri lah, jangan pake gaya bahasa blogger inspirator lo! Soalnye hari gini banyak banget yang gaya bahasanye macem Radityadika atau Pocongg. Kalo kayak gitu mah, orang juga bakal susah inget ciri khas lo! Abisnye, rata-rata blogger muda sama semua!!!

11. Jangan nge-blog karena kepingin gaul. Masih jaman nge-blog yang semua isinye curcol gaje ala abege? Kalo curcolnye menarik buat pembaca sih, kagak masalah. Kalo isinye galau semua, bosen kale! Udeh blognye berisi curcolan, eh jarang diurusin dan ditinggalin gara-gara MALES! Nge-blog sih gara-gara ngerasa lagi nge-trend. Jiaaah! Bolehlah lo punya blog isinye curcolan, cuman untuk sekarang ini, blog curcolan tuh udeh banyak banget dan kalo lo mau blognye dikenal banyak orang, ya susah kalo blog lo juga isinye cuman curcolan doang! Kan orang jaman sekarang demennye blog yang bisa menghibur dan punya isi yang berisi!


12. PROMOSI! Kalo punya tulisan, sering-sering aje promo di jejaring sosial hehehe. Kalo di twitter, coba follow @UpdateBlog dan kasi apdetan lo ke mereka, lumayan tuh nambah pembaca dari follower mereka!

13. Jangan kebanyakan IKLAN di blog! Ape lagi ampe lo majang-majang iklan gaje kayak iklan viagra dengan gambar yang aduhai, atau iklan pop-up yang tiba-tiba muncul dan nutupin blog. Idih, apa banget! Yang penting mah, urusin blognye dulu aje ampe bener dan dapetin trafik tinggi, Insya Allah entar juga bakal ada brand yang mau ngajak kerja sama, kok! #uhuk

14. Jangan menutupi identitas asli lo! Kalo misalnye nih ye, blog lo bagus sampe ada PENGIKLAN dari brand besar mau kerja sama dengan lo... TAPI eh tau-taunye di blog lo ntu kagak ada contact person atau biodata lo secara sekilas. Nah otomatis deh tuh pengiklan bakal males duluan. Dan rejeki lo pun... ilang!

15. Tulisannye kalo bisa jangan cuman berisi kalimat semua, coba susupi dengan beberapa foto, video, dan emoticon. Biar pembacanye kagak bete, hehehe. Trus, kalo bikin paragraf, jangan kebanyakan kalimat (maksimal 5 kalimat lah). Bikin aje paragraf kecil-kecil.

Dan jangan lupa cantumin link referensi tulisan atau gambar yang lo ambil dari web laen. Biar gak disangka plagiator! MySpace

Nah ntu dia 15 tips ngeblog ala #KancutBeringas ! Gimane? Moga kepake, ye! Hehehe MySpace

Pokonye, terus aje lah nge-blog. Jangan pantang menyerah! Jangan sedih kalo gak ada yang komen! Pokonye jangan menyerah, jangan menyerah, jangan menyerah... huwowowo~~~ (demasip mode on).

KEEP BLOGGING!


90 comments:

  1. Cie, selamat ya mama pina :D
    Hebat..hebat, blog lo emang pantas :D
    Btw, gak punya blog? Ndeso! Huhahaha.... :))

    Tapi, blog gue apa ya ciri khasnya?
    Kayaknya nggak ada, ancur lebur! Hhahaha...

    ReplyDelete
  2. ajib!
    kebetulan jg waktu itu gw lg buka salingsilang trs nemu itu pin!
    syukuran dong!! bikin kuis lagi!:P

    ReplyDelete
  3. iyapsss.. bermanfaat nihh tips2 nya kaka pinahhhh :D ^_^

    keep blogposting kakaaa ^_^//

    ReplyDelete
  4. huwow, kalau aku ngeblog buat share tutorial :D
    aku mau belajar bikin buku tutorial soalnya hihihi, latihan dulu di blog

    ReplyDelete
  5. halo mak,
    saya kurang setuju dengan poin 2 dan 14

    2. ngeblog itu sesuai dengan passion kita, ya kita bebas ngisi postingan yg kita suka... postingan itu adalah kebebasan ekspresi diri, ga harus menarik, lakukan dengan caramu

    14, identitas itu adalah privacy. terserah kita dong mau rahasia atau enggak :D
    lagian akun yg rahasia lebih menarik minat pembaca gitu bikin penasaran :p

    salam (ga pake kancut)

    ReplyDelete
  6. keren!!!!selamat!!!pokoknya selamat!!!
    hmmm tips siap dicoba tuh :D
    thx berat jeng :D

    ReplyDelete
  7. awalnya begitu tapi saya sadar kalau saya ingin punya sesuatu, hahahah bagus deh kak pin biar semua punya blog yang bener bner ditulis dari hati :D

    ReplyDelete
  8. Waaah.. berguna banget ini postingannya ka Vina.

    dan, selamat buadt blognya yg masuk pilihan si bapak blogger indonesia :D

    ReplyDelete
  9. tuh kan vin apa gw bilang blog lo bakal jadi blog terbaik selanjutnya nih,.,gw masih inget pas kenal sama lo di blog and facebook,trus banner lo yg dlu masih kocak kaga yg sekarang heehehe lanjutkan posting yg gokil" abis..,.hehehe
    SEKALI LAGI SELAMAT YE VIN \(^_^)/

    ReplyDelete
  10. nice tips qaqaq,emang susah nyari ciri khas blog kita itu apa hehe~ blog gue aja isinya random -__-

    ReplyDelete
  11. nomor satu tuh paling penting. Kebanyakan yang membuat blog mati adalah tidak konsisten posting :D

    ReplyDelete
  12. @ zippy : blog lo ciri khasnye MESUM beb :p

    @ diah : makasih :p

    @ ega : hehe makasih ga, udeh kasi tau gue :p

    @ dipiw : makasih :)

    @ zihny : wah, keren! mau ya bukunya nanti :p

    @ nasihin : kan ini tips kalo blognya mau dikenal, jd musti menarik. soal identitas, masing2 org punya pandangan sendiri :)

    @ ca ya : sama2 :)

    @ tammi : hehe :p

    @ yandrian : yup, yg penting dr hati :)

    @ kautsar : makasih :)

    @ lukman : makasih :)

    @ siluman : gue jg masih random wkwk

    @ ramy : yoi :)

    ReplyDelete
  13. aku setuju banget ama yang di tulis kak vina ( inspirator aku) . .
    jadilah diri sendiri . .

    ReplyDelete
  14. tips-tipsnya menarik, apalagi untuk memperbaiki desain blognya. memang sangat berpengaruh vin ;D

    ReplyDelete
  15. Udah dilakuin semua tuh tips.. tapi blog aku masih gitu2 aja tuh.. hahahaha..

    Selamat deh atas terpilihnya kancut beringas oleh om enda bapak blogger indonesia.. :D

    ReplyDelete
  16. MANTAB :)
    sebagian sudah dilakukan mbak vina :D

    ReplyDelete
  17. Manta, ta, tap! Kalo apdet blog seminggu sekali mungkin susah untuk ane kali yak! soal'e ane hidup di asrama, jadi kudu ngirit2 doku simpenan. ntar kalo keseringan ke warnet bisa-bisa ane makan rumput. #siapayangtanya

    but, syukron dah buat tipsnye. udah pernah ngaplikasiin tips kek beginian. alhamdulillah, gak ada perubahan. (lho, lho?) XD

    ReplyDelete
  18. setuju banget nih!! apalagi yg iklan. pas masuk lgsung ada iklan gede nutupin layar. errrghhh -____-"

    ReplyDelete
  19. Tipsnya keren nih Pin :3

    selamat ya , cie cie kejutan dari Bapak blogger :3 semoga jadi cambuk buat terus blogging ya Pin :D

    ReplyDelete
  20. wew bagi tips and trik nii....

    ehm mau koreksi,,kalau bisa verifikasi kata pas komentar dihilangkan dongs...
    :)

    ReplyDelete
  21. Wah keren kak pina masuk lima besar blogger :DD

    Ciri khas gue yang bisa gue tampilin di blog apa ya?! Masa kegantengan gue sih.. Hehe

    ReplyDelete
  22. Ajib banget kak postingannye :D

    ReplyDelete
  23. thanks ilmunya coy ! Sering2 bagi ilmu yak ?

    ReplyDelete
  24. sesuatu banget dah sering" mampir ke blognya pina..
    saluut dah tuh buat loe pin.

    gue prnah ngerasa gagal banget jd blogger, gue pnya blog dr tahun 2007, gara" gue nyerah. jadinya gue tinggalin dah.. #curhatdibalikjendelakamarnikitawilly..

    nah skrg gue coba bangkit,
    dan jadilah blog gue yang baru beberapa bulan gue asuh..

    mulai sekarang gue bakal konsisten dah..
    dan nggak bakal nyerah, nggak bakal nyerah, nggak bakal nyerah... :P

    ReplyDelete
  25. aku mungkin masi kehitumg pendatang baru di blogger..
    postingan kayak gini membantu banget,

    ReplyDelete
  26. postingannya keren ka, tips nya bantu banget buat aku yang masih belajar ng'blog.
    Thanks ya ka :)

    ReplyDelete
  27. leadernya kancut keblenger emang oke abis :3 ilopyu kapina #frontal.

    setuju banget dah ka ama yang ini: Jangan sesekali ye cuman isi chatbox dengan, “HAI, BLOGNYA UDAH DIFOLLOW, FOLBEK DONG!”

    ReplyDelete
  28. I AM A NEW FASHION BLOGGER FROM INDONESIA, LIVING IN SINGAPORE.
    I LOVE YOUR BLOG,AND YOU AS WELL ! NICE POST!! I AM NOW FOLLOWING YOUR BLOG,YOU CAN CHECK IT!! IT WOULD BE AN HONOR IF YOU FOLLOW MY BLOG:

    seekthesleek.blogspot.com
    if you follow my blog:
    - I WILL BE ACTIVE ON COMMENTING YOUR POSTS
    - I WILL RECOMMEND YOUR POSTS TO GOOGLE
    - I WILL SHARE YOUR POSTS TO MY TWITTER : @TIODANG
    PLEASE LET ME KNOW YOUR TWITTER ACCOUNT, SO I CAN MENTION YOU IF I SHARE YOUR POST TO MY TWITTER,
    AND FEEL FREE TO MENTION ME IF YOU WANT ME TO READ YOUR NEWEST POST & COMMENT IT!
    - I WILL PROMOTE YOUR BLOG IN MY BLOG (*this one need a special request , please contact me: cheeringwinda@yahoo.com if you are interested!)
    *THAT IS AS LONG AS YOU KEEP IN TOUCH WITH MY BLOG TOO!!*

    (PLEASE TELL ME IF IT SAYS THAT I HAVENT FOLLOW YOUR BLOG, SOMETHING IS WRONG WITH MY BLOG RECENTLY, BUT IF IT'S FIXED, I WILL FOLLOW U AS SOON AS POSSIBLE)

    ReplyDelete
  29. yang intinya sih be yourself.. ga usah takut kalo tulisan lu bakal nginggung2 orang gitu... slow, my man....

    eh tapi blog yang isinya curcolan menurutku ada gunanya....kita jadi sedikit tau beberapa karakteristik orang. kita bisa belajar banyak juga dari pengalaman2 curcolnya dia. :)

    ReplyDelete
  30. huahahaha lumayan guna nih tips2nya. blog ane isinya kurang menarik soalnya, muucih eaa kak pina :))

    ReplyDelete
  31. Wahhhh...selamat ya Pina!!!
    Thanks juga udah bagi2 tips ngeblog...

    ReplyDelete
  32. selamat yaa kakpinaaa ;3
    betwe, sarannya oke begetek, besok ngubrek2 blog aah~ hahahah XD

    ReplyDelete
  33. sesuatu banget loh kak
    semoga tipsnya bisa aku biasaiin yah XD

    ReplyDelete
  34. paling suka sama postingan yg ini... manfaat banget buat newbie

    ReplyDelete
  35. baru buka blog dan nemuin postingan ini. keren kak, berguna banget buat aku yang masih pemula. tangkiyu bangeetttt ..

    salam kenal :)

    ReplyDelete
  36. -------------aaaaaaaaaaaaaa

    blog copasan ??

    :( hakss (_ _ Ndesooooo

    ReplyDelete
  37. ciri blog saya GAJE kak--"

    btw,, SELAMAT YAA KAPIIINNN!!

    ReplyDelete
  38. memang pantas vin lu mendapatkanya
    salam kenal

    ReplyDelete
  39. ok lah gw koment, tp gw juga pengen dung lu komen

    ReplyDelete
  40. mantep deh!
    thanks buat tips2nya kak..

    ReplyDelete
  41. tengkyu tipsnya ya neng
    btw selamat ya blognya udah terpilihh..

    ReplyDelete
  42. poto nya kocak aja uheuheheh ... baydewai nama blog nya unik ya kancut beringas :P

    ReplyDelete
  43. waahh,blognya kereenn :D
    salam kenal kak irvina :)

    ReplyDelete
  44. sedaaaaapppp deeehhh...
    aku tidak akan menyarah !
    never never never..
    ;)

    ReplyDelete
  45. tips loe oce sangat..lengkap padat n jelas..desain juga oke..mousenya ga tahan oi..stumb up

    ReplyDelete
  46. Thumbs up deh buat Ratu Kancut :D
    ini bagus banget tips nya, dan banyak yang nge"Jleb!" banget dari tulisan lo hahahaha
    Salam kenal nyak :D

    ReplyDelete
  47. kemaren dah mampir kesini, mo kenalan, koneksi internetnya kayak kancut :)

    salam kenal dulu..
    terus..selamet ya udah masuk blog yang di-rekom. ternyata dah banyak juga yang nge-rekom blog ini.

    dan saya juga salah seorang anggota grup kancut keblenger..

    sukses terus ya

    Salam..

    ReplyDelete
  48. Hey sist follow blogku yaa :) http://khharkaaa.blogspot.com/

    Masih coba coba ngeblogging nih xD

    ReplyDelete
  49. kereennn bwgtz.. slmat ia ka putri titian,.. :D

    ReplyDelete
  50. komentar nmr 3. masalah cirikhas gue punya ka dalam tulisan terutama, gue sering melakukan kesalahan yaitu typo(penulisan yang salah) dan itu gak sengaja ditulis, dan malah menjadi cirikhas saya dimata pembaca dan itu buat mereka malah senang hhe

    komentar nmr 4.desain allhamdullilah mereka suka dan selalu ingat hhe

    ReplyDelete
  51. mmm... msih susah nerapin tips2 itu mpok Pina... yg pling susah ngilaingin, adalah postingan curhat n ksah sehari2 trus nyari ciri khasnya itu blm dpet... n msih angin2an jg ngepost'a... blm bsa konsisten... ffuhhh... pdhl pgen bneran jd blogger sejati

    ReplyDelete
  52. siiipppp,, thx yaaa..
    aku juga mau ngikutin saran diihh ahh blogwalking.. keblogku ya http://anggawardani.blogspot.com/

    ReplyDelete
  53. kunjungan perdana , pantesan bisa masuk ke daftar kaya gitu triknya hebat :) , ijin nyimak dulu

    ReplyDelete
  54. makasi ama sarannya kak Vinaaa... hohoho

    ReplyDelete
  55. Pemula numpang blajar gan thanx

    ReplyDelete
  56. kereeenn!!! walaupun ada satu tips yang agak susah,KONSISTEN NGE POST.. makasih atas bantuannya ya kaak!! :D

    ReplyDelete
  57. . bbehh .. kerenkeren , gue sukaa bangeeett :)

    ReplyDelete
  58. ajiiiib keren banget deh ahh fokoknya .. bermanfaat banget dehh ... thanksss :)))

    ReplyDelete
  59. Huwaaa ada Rusa muncul di blog terkenal ini. hehehe

    ReplyDelete
  60. Keren mbak tipsnya ^^
    Thanks thanks...

    ReplyDelete
  61. Sipdeh, kak! =D

    ReplyDelete
  62. pke bhsa ingggris itu bagus yah ? tpi aku pke bhsa ing di blog ku,ada yg sewot. zz bete bgd ! -_-

    ReplyDelete
  63. TITIK mungkin itu ciri khas gue. Kepengen ny sih gitu, tapi kalo yg lain pada gasuka gue cari cirikhas yg lain deh, kayak ganteng misalnya itu juga cirikhas gue loh kak, eh selamet yaak ratu kancut

    ReplyDelete
  64. wuah! tipsnya lumayan berguna banget buat saya! saya termasuk jarang ngeblog gara-gara sekolah hahaha :D

    ReplyDelete
  65. ini postingan lama ya sebenernya
    tp tips nya oke lah buat nanti dipahami sami sareng dipelajari hehe :3

    ReplyDelete
  66. FIGHTING ^^
    Bagus sekali postingnya :) makasih kakak..

    ReplyDelete
  67. Yesssssss!!!!! (huruf 'S'nya sengaja gue banyakin biar kerasa efek lebaynya)
    blogwalking hari ini berguna. udah setahun lebih ngeblog *tapi baru aktif akhir-akhir ini* baru ngerti apa yang dimau sama pembaca blog/blogger. thanks beradddhh *plus ngeden* buat Pina yang udah bagi-bagi wawasannya..

    Selamat Hari Sumpah Pemuda *apa hubungannya!!?*

    ReplyDelete
  68. Nice info nihh.
    Bisa diterapkan ke blogku.
    :)

    ReplyDelete
  69. informatif banget nih.semoga bisa jadi blogger yang OK,,BTW suka gaya bahasa ente Cing..betawi asli. oiya aku tau blog ini dari majalah Chic..ternyata emg Chic banget,,pas lah buat ngilangin stress..

    ReplyDelete
  70. makasi yaa ka pina, bener bener membantu nih buat blogger pemula, wkwkwk

    ReplyDelete
  71. Mantap postingannya sob,,
    jady Terispirasi niiie?

    ReplyDelete
  72. waaa makasih banget kak buat postingannya! insya Allah aku lakuin, deh hihi... biar blognya keren juga kayak punya kakak :D

    ReplyDelete
  73. tips nya keren kak pin .. !! patuh di contoh nih .. !!
    mksih ya tips nya kak pin .. !!

    ReplyDelete
  74. Langsung terapin ajadah. Thanks infonya kapin :D

    ReplyDelete
  75. setuju banget sama point2nya. apa lagi yang point nomer 11 :D

    hipnoterapi surabaya

    ReplyDelete
  76. sipp tips tipsnya :D
    bisa buat inspirasi

    ReplyDelete
  77. Iya gue setuju banget tuh sama gaya bahasa para blogger yang "sama semua" kadang ada yang maksain absurd sampe gue sendiri enek bacanya wkwkwkw.

    Tapi kalau menurut mpok kalimat greeting atau kalimat closing yang paling nyaman dari tiap artikel buat si pembaca itu yang kaya gimana sih?
    apa hanya sebatas "Terimakasih ya sudah berkunjug." doang?

    ReplyDelete
  78. Top banget Kak tipsnya!!! (y)

    ReplyDelete
  79. terimakasih buat tipsnya, sangat membantu

    www.tokoobatku.com/obat-jantung-rematik-herbal/

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.