SATANISME DI DALAM DUNIA FASHION



Hm, oke deh. Akhirnye gue bikin juga nih tulisan soal “SATANISME DI DALAM DUNIA FASHION”. Huiiih, yang suka sama konspirasi wahyudi, sini-sini merapat! 

Mungkin diantara kalian masih ada yang belom ngerti apa itu Satanisme. Buat yang belom tau : 


Satanisme itu bisa dibilang seperti menyembah setan, lah. Satanisme ini punya dua aliran, ada Teistik dan Atheistik. Teistik tuh macem orang yang nyembah setan sebagai tuhan atau dewa. Kalo di Indonesia terkenalnye sih macem ‘pemujaan’ lah. Misalnye memuja pocong, genderuwo, dan laen-laen.

Kalo di luar sana sih, Gereja Setan termasuk dalam satanisme Teistik. Ya menurut gue, termasuk juga kayaknye dengan orang-orang yang katanya Freemason, Iluminati, dan organisasi rahasia lainnya yang berbau setan. Apapun jenisnye sih, gue cukup menyebut mereka Satanis atau Satanic.



Sedangkan Atheistik itu sebutan buat mereka yang kagak percaya sama Tuhan dan hal-hal lain yang berbau gaib. Mereka juga biasanya disebut dengan kaum materialis karena cuma percaya dengan keberadaan benda.

Hm, sebenernye sih agak kompleks juga ngomongin penjabaran Satanisme. Bisa dibilang sebagai penyembah setan, penyembah diri sendiri, penyembah materi, pelawan agama, dll. Gue rasa sih, intinye segala sesuatu dan tindakan yang seperti setanlah yang bisa disebut sebagai Satanisme.

Seperti yang udeh kite tau, kalo kaum satanis itu sekarang udeh banyak banget. Ada yang berasal dari artis, pejabat negara, pengusaha besar, dan orang biasa yang sok ikut-ikutan. 

Para satanis ini (terutama ELITE SATANIC macem orang-orang luar sono, lah) paling demen pake sesuatu yang udeh dipercaya sebagai simbol setan. Terutama buat dipake sebagai busana. Karena satanis ini selalu mengedapankan hal-hal keduniawian, maka kagak heran kalo busana-busana yang dipake mereka tentu aje yang selalu keliatan lebih HITS di mata dengan banyak simbol-simbol setan, sebagai KODE kalo mereka termasuk dalam kelompok itu. Mereka juga kepengen simbol-simbol setan bener membahana di dunia dan dipake sama semua orang. Sehingga, dengan banyaknye pemakaian simbol setan, berarti segala sesuatu yang berbau SETANnye sendiri bakalan makin banyak yang menerima dan ditiru serta dianggap BIASA.

Dan sialnye, simbol-simbol setan itu masih banyak belom disadari oleh orang-orang yang TERUTAMA masih miskin informasi. Simbol setan yang diklaim mereka pun kebanyakan yang keliatan ketje-ketje dan udeh keliatan BIASA banget lah di sekitar kite hingga sekarang. Huiiih. Kayak ape aje tuh? Jadi penasaran! 



1. Simbol Zebra
Awas keseleo!
Berbaju tapi kayak kagak berbaju si Rihanna nye

Bagi Satanis, simbol ini memiliki arti soal pemikiran DEHUMANISASI, yaitu kemerosotan nilai-nilai luhur seperti kebenaran, kebaikan, keindahan dan kesucian. Orang dengan paham dehumanisasi lebih menyukai semua hal-hal hedonisme (kenikmatan duniawi), kegengsian dan kekayaan. Beuh, sifat-sifatnye kaum Satanis banget, ye kan!

Bajunye biasa aje sih.

2. Simbol Kupu-kupu

Kendor ah.

Bagi Satanis, simbol ini berkaitan dengan transformasi atau metamorfosa serangga yang indah. Dari ulat ke kepompong (tidak aktif), lalu menjadi kupu-kupu (kreasi baru yang lebih indah). Menjadi ulat dan kepompong itu kagak sebebas ketika udah jadi kupu-kupu, kan? Nah, Satanis itu kan tipe orang yang suka dengan kebebasan, apalagi dalam berkreasi. Berkreasi tanpa batas, termasuk batas-batas agama. Apalagi kalo soal kreasi dalam SENI, beuh otak mereka aje mikirnye MANUSIA TELANJANG itu termasuk SENI. Padahal di dalem agama, itu kan aurat dan musti ditutupi. 

Salah 1 seni yang menyakitkan kulit

3. Simbol Kucing / Macan Tutul (Cat, Kitten, Leopard)

Tasnye keren juga nih.

Bagi Satanis, ini dijadiin simbol budak seks. Ya, mungkin karena kaum Satanis ini kan kebanyakan suka free-sex dan mereka juga mengakui kalo mereka budak seks. Menjadi budak seks = duit coy.

Seksi :3

Kalo ngomong soal seks, siape gitu yang kagak suka? Semua orang pasti suka seks. Pemberitaan di media aje kalo menyangkut soal selangkangan, pasti oplah dan sharenye langsung naek drastis. Begitu juga di dunia hiburan, yang notabene memiliki penikmat yang lebih suka berbau gitu-gitu, lah. Hm, selebritinye juga kebanyakan aslinye suka gitu-gitu, deh, bahkan kagak jarang sampe dijadiin profesi terselubung juga. Gitu-gitu tuh ape dan gimane, sih? Yeee gitu-gitu! Muahaha! 

Tapi kenape musti kucing atau macan tutul, ye? Kenape kagak gajah aje, kan panjang-panjang gitu #apeu.

4. Simbol Mickey Mouse

Ada 4 lambang Satanis sekaligus nih!

Woy! Gila aje lo, Pin! Ape hubungannye Miki Mos sama Satanis?

Mprettt, Miki Mos tuh tokoh kartun punya Disneyland. Yang punya Disneyland aje Satanis. Muahaha! 

Aduh neng, jangan ngangkang-ngangkang gitu dong. Nanti ada yang ngilu...
Mickey dan Minnie nye lagi ape noh?

Mickey Mouse sendiri merupakan kode tersembunyi kaum Satanis, loh. Jadi matematikanye gini :

A=1. B=2. C=3. D=4. E=5. F=6. G=7. H=8. I=9. J=10. K=11. L=12. M=13. N=14. O=15. P=16. Q=17. R=18. S=19. T=20. U=21. V=22. W=23. X=24. Y=25. Z=26

M = 13
I = 9
C = 3
K = 11
E = 5
Y = 25
M = 13
O = 15
U = 21
S = 19
E = 5

Jumlah : 139

1 + 3 + 9 = 13 (Lambang Dajjal).

Kebetulan? Wah, kagak tau deh! Muahahaha! 

5. Skull and Bones
Iye, bener. Ini juga simbol Satanis loh. Hehehe.

Sexy Shakira
Kancutnye dong boookk!


6. dan simbol Dajjal lainnye....

Yang ini sih, pasti kalian tau lah, ye...

Simbol warna item putih juga diklaim sebagai simbol Satanis


Kemejanye udeh biasa kite temui ye, tapi sape sangka kalo itu....... 


simbol bintang itu sebenernye berasa dari simbol baphomet.


simbol Hexagram


kurang gede ape cobaaaaa


kombinasi warna item merah juga, loh.
ngerti dong ye...
Keliatan jelas banget!
LEBIH JELAS!!!


Gimane? Masih kepengen pake busana dengan simbol-simbol di atas? 

Sebenernye sih masih banyak simbol-simbol Satanis yang udeh merasuki dunia Fashion. Nanti deh ye kapan-kapan gue bahas lagi.

“Pin, kalo gue pake busana dengan simbol itu, apa gue termasuk Satanis?”
Sadar atau kagak, kite semua terkadang menjadi Satanis, loh. Dalam arti, terkadang kite bertindak sesuatu negatif kayak mereka. Ya meski kagak pake busana bersimbolkan Satanis, kalo perilaku kite kayak mereka, ya bisa jadi, toh. Hihihi.

“Pin, kalo gue pake busana kayak gitu, dosa kagak?”
Udeh tau kan kalo itu simbol kaum Satanis? Ya bisa jadi, DOSA. Buat yang beragama Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah bilang loh kalo kite ngikutin gaya orang kafir, berarti kite berdosa dan termasuk dalam orang-orang kayak gitu. 

Inget! Postingan ini cuma pengen kasi tau doang soal arti simbol ini di dalem dunia fashion. Kagak ngelarang juga sih kalo kalian masih kekeuh pengen pake simbol-simbol ini di dalem berbusana kalian. Hak kalian. Gue cuma mengingatkan. Dosa ditanggung sendiri-sendiri ini. Muahahaha!

54 comments:

  1. masak 13 simbol dajjal sih kak?

    ReplyDelete
  2. asli kak... gue jadi bingung mau pake baju ape biar kagak dosee :(

    ReplyDelete
  3. untung itu kotak-kotaknya item putih, kalo merah biru ntar Jokowi dikira aktivis remason itu yak,,
    mending pake sarung ama baju koko aja deh, terus ta'arufan sama.......mantan.

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. postingan yang cerdas, pantes aja ya, org2 pnymbah setan di dunia dia maju semua, karna yg dia kejar ya cuma nafsu sama dunia aja, beda sama org *ciyee kita, tpi insya Allah klo kita kejar akhirat, dunia jadi ikut,

    ReplyDelete
  6. nana : amin :D

    erliana : bener, gugling aje. pokonye angka 13 itu angka setan, iblis, dajjal, anti christ, whatever lah. nih coba liat http://www.whale.to/b/13.html

    siwel : masih aje :))

    claudia : telanjang aje ape? :))

    ReplyDelete
  7. ah kenapa paduan warna merah item sama item putih bisa termasuk simbol satanisme, padahal suka bgt make setelan warna itu :|

    ReplyDelete
  8. lah.gue suka merah item putih.
    bahkan hampir semua barang baik baju clana tas dkk warnanya itu.gmn dong? gue satan? oh no ! KTP gue islam kaka...

    ReplyDelete
  9. kak pineeeee... jangan nodai aye kakk.... aye... aye... aye kagak pake rinso -___-

    ReplyDelete
  10. Uwoo uwoo.. Alhamdulillah sih gue anti menggunakan simbol2 dlm berpakaian, apalagi simbol satanis.. Mending pake baju yg desain gambarnya kartun kalo gak polos :D

    ReplyDelete
  11. Trus karena g3 lahir tanggal 13, gw pengikutnya gitu, wah itu mah mereka ngaku-ngaku aja. lama-lama warna putih juga mereka klaim, gak pake baju dong kita, hehehehehehehe..

    ReplyDelete
  12. Kayaknya kemana-kemana gue bakalan make baju koko atau batik aja ni kk.

    Bang Oi Blog

    ReplyDelete
  13. Baru tau kalau mickey mouse ternyata juga satanis. Gue taunya cuma hitam putih, hexagram, bintang-bintang, unfinished pyramid dan one eye. Kaget juga ternyata zebra, macan tutul, termasuk simbol satanis.

    Menurut gue sih masih banyak yang nggak tau ajaran baru ini. Dan ada juga yg bersikap apatis, padahal udah tau kalau itu simbol setan. Contohnya remaja ababil yg ikut-ikutan bikin avatar twitter setengah badan, yg ternyata mata kiri menggambarkan simbol satanis juga. bagi gue satanis itu lebih serem dari film horror indo ya, apalagi liat ahmad dan i yang jor-joran menunjukkan simbol satanis melalui manajemennya. Lain kali share yg ini juga ya kak pin. Ditunggu..

    ReplyDelete
  14. kowaa.. mending pake baju polos warna pink aja aman -.-

    ReplyDelete
  15. biar aman,besok-besok keluar ruamh pake mukena aja deh. -_-
    duh,pesyen ala satanik udah melekat kuat di dunia mode sekarang, gimana ya kak dengan orang yg penegn aptudet sama pesyen malah masuk ke golongan orang kapir ni? ckckck

    ReplyDelete
  16. selalu suka dengan postingan kritis beginian, mencerdaskan! :D

    di kota gue tinggal (Bandung) dulu rame isu gereja satanis, tempat itu begitu misterius, silahkan seacrh di google deh: rumah gurita bandung.

    bahkan ada juga pengakuan sang komik terkenal (mongol stress) ttg keterkaitannya dgn satanis tp gue lupa linknya, klo ini dulu nemu di yutub, search deh.

    ngomongin beginian emang seru, kita makin waspada dan ati-ati dlm ikutan trend..dan semakin teliti dgn makna yg sesungguhnya tersembunyi disekeliling kita ;D

    ReplyDelete
  17. ribet ya, setan udh meraja lela. kagak ribetnya ya pk daster aja-__-"

    ReplyDelete
  18. Berarti tipi jaman dulu itu juga satanis dong :O kan hitam putih.... *dirajam*

    ReplyDelete
  19. Mickey Mouse juga?? gak nyangka, imut gitu padahal. :D :D

    ReplyDelete
  20. banyak yg aku blm tahu, terutama filosofi zebra kupu2 sama macan tutul. Thanks vina~nice post

    ReplyDelete
  21. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  22. lagi-lagi posting yang terpampaaaaaaang! :D
    terima kasih infonya kakaak :3

    ReplyDelete
  23. Oh, jadi kalo saya pake logo gambar pentagon, mata satu, dll, saya jadi satanic dong? Misal orang kafir pake simbol nama Allah berarti dia islam dong? Kalo misal ada cewek pake jilbab yang ada logo satanic, gimana tuh? Hehe

    Jadi status kepercayaan kita tergantung simbolik ya. Hmm...

    Jadi kalo misal ada bule pake batik berarti dia orang Indonesia.

    Bergaya seperti orang kafir yang dimaksud tuh secara simbolik ya mbak? Waduh, masalahnya orang kafir pake jazz, kalo saya ikutan pake jazz, gimana tuh? Masak iya saya kafir gara-gara pake jazz?

    Masalah angka 13, saya mau luruskan aja, kalo gak diterima sih ya gak masalah. Angka 13 itu hanya suatu kepercayaan dan bisa-bisanya orang kafir aja, mbak. Selama di Al-Qur'an dan Al-Hadist gak ada larangan tentang angka 13, ya gak masalah sih. Kalo emang dilarang, kasian dong bayi-bayi yang lahirnya tanggal 13? Dianggap anak setan, hehe.

    Tapi opini mbak bener-bener saya hargai kok :)

    ReplyDelete
  24. kaka, kalo peter says denim itu apa-an?pernah nemu baju punya kata itu + bintang kebalik,,,

    ReplyDelete
  25. kak pinaa kalo simbol yang peace itu gimana kakak?

    ReplyDelete
  26. ardhito : gak secara langsung lo satanic, maksud bergaya disini dimana lo berbangga ria memakai sesuatu yang sebenernya merupakan simbol satanic, apalagi kalo lo apatis, udah tau itu simbol satanic tapi masih dipake secara bangga. sebagai seorang muslim, memakai sesuatu yang dibanggakan oleh orang kafir itu emang nggak boleh kok, apalagi kalo misalnya yang lo pake ga ada manfaat yang berarti (emang manfaat pake baju pake simbol mereka apa, sih? lagian Allah pernah bilang kalo kita jangan pernah sombong dan berbangga dg apa yang dikenakan).

    masalah jazz, itu maksudnya mobil? nah sekarang gue tanya, lo beli mobil karena merasa ada manfaatnya kan? mobil lo itu lo pergunakan buat yang positif aja kan? ya gak apa-apa, silakan. lagian hampir semua produk satanis kita pergunakan kok, dari printilan yang kecil (sabun, sikat gigi, makanan dll) sampe yang gede (gadget, mobil, dll). selama itu bermanfaat bagi kita, ya gak masalah. dan itulah hebatnya kaum satanis, bisa menciptakan banyak benda yang bermanfaat bagi kita. nah umat muslim harusnya sadar diri, kenapa bisa kalah saing dari mereka? mau sok-sok-an anti produk satanis? hahaha, mana bisa. wong hampir semua produk yang kita gunakan emang buatan orang satanis kok!

    tulisan ini gue ngambil konteks dari hal berbusana. nah manfaat pake busana itu apa sih? buat menutup aurat kan? tapi sayangnya, pada kelompok tertentu, macem satanis, busana dijadikan media buat memperkenalkan simbol-simbol mereka. setelah dikenal banyak orang, otomatis bakal diterima dan dirasakan biasa aja, dong. nah kalo udah kayak gini, mereka bakal bangga.

    lo tau gak kalo simbol2 itu disebarinnya sama siapa? kebanyakan sama artis. nah kalo artisnya pake apa gitu, pasti diikutin sama fansnya. dan para fansnya pada berbangga ria deh udah pake sesuatu yang persis dengan sang idola.

    masalah angka 13 ini, di agama islam emang ga ada tuh kepercayaan angka keramat. emang gue percaya? kagak tuh.

    anyway gue ngebahas soal 13 ini dari segi simbol yang disucikan satanis, ya, terutama yang dijadiin produk fashion. kalo soal tanggal lahir 13 seorang anak, ya gue juga kaga percaya.

    nah, yang soal miki mos, dibalik penamaan tokoh itu ternyata ada konspirasi tersendiri yang dibuat oleh si satanis, dengan menyusupkan simbol terselubung, yakni 13. kan 13 ini angka kepercayaan mereka. sekali lagi, KEPERCAYAAN MEREKA bukan KEPERCAYAAN KITA (muslim).

    tulisan ini cuma buat ngasi info aja, di akhir paragraf kan udah gue jelasin juga kalo kalian kekeuh mau pake simbol mereka ya silakan, kalopun berdosa toh dosanya ditanggung sendiri.






    ReplyDelete
  27. kombinasi warna item merah juga? itu mah warna ulos batak kali kak pin! wkwkwkwk

    ReplyDelete
  28. dodot + ben : gue jg suka, tapi kalo soal warna busana kayanya tergantung niat pemakainya deh

    upil : pake polos lebih baik hehe

    wijatnika : soal tanggal lahir, ya nggak atuh. disini gue cm mau bilang kalo satanis itu suka bgt menyisipkan angka 13 di dlm produk mereka, sbg kode kalo kelompok mereka itu ADA dan menghormati tuhannya (13 itu angka dajjal). kalo soal warna, gue rasa tergantung niat pemake. lagian warna itu kan banyak makna juga secara umum. dalam islam aja, putih itu menunjukkan kesucian

    syahroyni : bagus tuh hehehe

    fadhli : kasian sama yang ga ngerti soal ini ya hehe

    anggita : silakan hahaha

    mahdiyah : hahhaa udah pake baju biasa aja :p

    bani : iya, kt udah terasuki oleh mereka hehe

    adiz : silakaaan!

    sayyida : makasi

    wanto : terserah dirimu saja

    akmal : hehe iya :p

    rana : makasi kakak hehe

    1 sma : sama2 kaka

    sabda : bisa jadi brand itu disponsori sama org satanis hehe

    dewi : itu juga termasuk :p

    gentong : kalo soal warna, tiap kelompok punya kesamaan tapi perbedaan arti. ya tergantung niat lah

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  30. Waduh jadi bingung mau make baju apaan-___-

    Buat yg suka gratisan, mampir ke blog gue buat dpt aksesoris gratis ye ;)

    linknya : http://sausanhanifah.blogspot.com/2013/01/efoxcity-giveaway-international-giveaway.html

    ReplyDelete
  31. Eh, gue malah punya itu tuh kemeja kotak-kotak item putih :/

    ReplyDelete
  32. yaudah kalo begini, aku bakal beli banyak kaos bola + batik aja deh
    -_____-

    CMIIW

    ReplyDelete
  33. berati kebanyakan desain baju emang ngarah ke satanisme dong? wow, baru tauu haha :p

    ReplyDelete
  34. Organisasi besar yang katanya RAHASIA, punya mind control, dengan sejuta konspirasi-nya.

    Tapi kok banyak yang tau akan hal itu? bahkan orang Indonesia tau. Hebat ya!

    ReplyDelete
  35. Ervirdi : udah banyak mantan2 satanis yang akhirnya bertobat dan share soal organisasi itu di muka umum. apalagi di era keterbukaan informasi yang kayak gini, ya jelas dong kalo orang Indonesia pun bisa tau. lagian nih, sepandai-pandainya orang menyembunyikan 'bangke' toh bakal tercium juga. kuasa Illahi yang ingin membuka mata dan hati kita, untuk terus waspada dan gak mengikuti gaya mereka.

    shakti : banyak, wong yang sponsorin juga orang-orang satanis.

    angga : silakan hoho

    indra : hayoloh!

    sausan : pake baju polos aja gitu :p

    ReplyDelete
  36. yaudah yg aman gak pakai baju aja #eh

    kak vina, minta kritikannya dong tentang tulisan di blog saya kayak kemarin yg judulnya bubur ayam :D

    ReplyDelete
  37. mickey mouse? seriusan? :o

    ReplyDelete
  38. terlepas dari penjabaran lo diatas pin kalo menurut gue kadang simbol2 kaya gitu dipakai buat menarik orang lain juga. kadang mereka yg tau dan tetep make, itu biar diomongin kaya ini nih. padahal kita belom tau pastinya lady gaga / rihanna itu penganut satanisme. soalnya gue jual jam vintage ternyata simbol segitiga ada matanya malah dijual juga eh terus ditambahin kumis hahahahaa jadi secara ga langsung simbol2 satanis ini buat naikin rating mereka juga sih. shock, itu kenapa leopard juga hahaa untung tas leopard gue udah mendekam dilemari.

    ReplyDelete
  39. gile ,ternyata banyak banget ya pin. Baru tau gue sumpah mickey mouse dan segala macemnya itu satanis. dan itu kotak-kotak sama bintang juga satanis. Apa kalo ada orang yang bikin puisi ada bintang-bintangnya juga jadi satanis ya :(

    ReplyDelete
  40. dwi : ya kagak gitu juga haha

    noni : lagian simbol mereka juga di beberapa kebudayaan kelompok lain juga sama. misal simbol hitam putih, kan di kebudayaan orang bali juga ada tapi artinya beda :p simbol satanis emang udah banyak dipake kok, udah keliatan biasa aja bagi kita, ya mau gimana ya jadi serba salah mau pakenye wakakakak

    adit : oke

    ReplyDelete
  41. mending pake baju polosan gitu ya kaka pin? atau pake seragam sekolah aja ya bekas dulu2 :| habisnya pake baju apa aja kayaknya salah semua ya, telanjang juga salah.

    ReplyDelete
  42. kotak2 hitem putih juga ka pin? nah kalo ska di indonesia kan item putih kotak2? misal tipe-x gitu? setanism berarti juga?

    ReplyDelete
  43. makasih kak pina infonya, intinya kalo kita udah dapet pengetahuan kayak gini bisa lebih ati-ati kedepannya, :)

    ReplyDelete
  44. serem kak, sekarang mah lambangnya makin banyak aje -____- apakah gue harus telanjang tanpa busana supaya gak dikira ikut begini beginian (?) -_____-

    ReplyDelete
  45. Bener banget. Apalagi kalo yang udah make para artis. Yang namanya fans suka nelen mentah-mentah fashion yang dipake artis. Harus kudu punya sama kayak punyanya si artis. bahkan perkembangan simbol satanic dalam dunia fashion ini makin nambah aja seiring maraknya boyband girlband yang alirannya udah gak jelas antara gaya barat campur gaya negaranya atau apalah itu dicampur simbol2 satan di mv2 atau pas perform . Apalagi kan nih para korean freak *maap* paling seneng kalo udah nyangkut masalah idola. apa aja dibeli, dipake walaupun gak tau maknanya apaan. yang penting sama kayak punya si artis. gitu deh. heheh

    ReplyDelete
  46. gue tertarik sama komen lo yang bilang ada mantan2 satanis yang tobat terus share. apa iya dia bisa share tanpa ada ancaman atau misalnya teror mungkin sampe ada penyiksaan atau pembunuhan gegara si mantan tersebut membocorkan misi mereka pin? sering-sering ulas beginian yak. gue tertarik akan info ini :D bermanfaat buat yang awam, tapi jangan ditelen mentah2 juga. tar bisa salah kaprah :)

    btw, yang paling shock sih zebra ama mickeymouse hiks :" itu kan locok bangeeeeet :""""

    ya semoga kita selalu dalam lindungan Allah ya gais. aamiiiin :")

    ReplyDelete
  47. ais-__- item putih seragam gue. merah item kalo senin, jam ada segitiganya. huaaaaah-__-

    ReplyDelete
  48. kak pin perabot kamar gue item putih, duh pas dibuat gue kga tau itu warna mengandung simbol satanisme. gimane yeee masa iye dibuang ~:o

    ReplyDelete
  49. sayang, padahal aku suka mickey mouse... *harus direlakan kah?* #mungkin iya

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.