Plis Deh, Mulut Lo Jangan Ndeso, Nape!


HOLLAAAAA, LAMA KAGAK JUMPA DIMARI, YE! HAHAHAHA *pura-pura ketawa, padahal lagi nangis*

Sebenernye kepengen banget seminggu 2 kali mosting blog, tapi apa daya. Ngerjain skripsi ternyate kagak segampang yang gue kira. Apelagi kalo kite miskin buku. Beginilah akibatnye kalo gue kagak hobi beli buku kuliah. Mane nyari bukunye susah banget lagi, hiks.

KOK GUE JADI CURCOL?!

Anyway, sebelom gue pulang kampung ke Tasikmalaya (yang dapat dipastikan kagak bisa onlen disono karena modem suka kagak kebaca), jadi sekarang... di kantin kampus pada jam makan siang, gue bela-belain memperbarui blog ini dengan salah 1 tulisan yang mungkin udeh ditunggu-tunggu banget sama temen-temen pembaca *hoeeekkk*

Tema tulisan kali ini yaitu soal penyebutan nama merek ternama, terutama merek yang berasal dari Perancis. Ya... itung-itung sebagai pengetahuan kalian gitu. Penting banget loh, biar lidah kalian kagak ndeso-ndeso banget. Biar kagak malu-maluin kalo lagi kumpul-kumpul sama kalangan selebritis dan konglomerat. Huehehe.




CEKIDOTZZZZ!


Pertama, LOUIS VUITTON. Mungkin sebagian dari kalian bacanye LUIS VUITON. Padahal, salah besar! Bacanye LUWI VITONG! Muahahaha!

Lumayan nih tas buat naro orok

Louis Vuitton adalah salah satu brand ternama asal Perancis yang memproduksi tas berbahan kulit. Penamaan brand ini sendiri persis dengan nama pendirinye, yang merupakan seorang desainer Perancis. Louis Vuitton merupakan salah satu merek dengan simbol tanda kebesaran bagi orang-orang dunia. Sayangnye, seperti yang kite tau kalo merek ini ada banyak banget versi KW-nye. Sono aje ke ITC, pasti nemu deh Louis Vuitton yang cuman 50 ribuan. Padahal harga aslinye bisa $375 - $1.895 (RUPIAHIN DEH TUH! Ini juga belom termasuk PPN!).

Dipilih nyok dipilih cuman tiga poloh rebooooo *ala abang-abang ITC*

Kedua, CARREFOUR.  Supermarket yang berpusat di Perancis ini seperti yang udeh kite tau bahwa doi juga udeh mulai ekspansi di Indonesia sejak 1996. Carrefour Indonesia sendiri sekarang udeh dimiliki sama Chairul Tanjung (CT), itu loooh pemilik TransCorp, Trans Studio Bandung, Bandung Supermall, dll. Btw Pak CT itu kakak kelas gue di SMA loh *pamer*. Hihihi.

Karfur~~~

Nah, sebagian besar dari kalian mungkin ada yang baca CARREFOUR : KAREFOR, KERFUR, KAREPOR, dan laen sabagainye. Padahal cara baca yang bener itu KARFUR. Namun di Perancis sendiri sebenernye sih dibaca KAFOO atau KARFUR dengan “R” yang samar-samar, karena mereka itu kagak terlalu bisa ngomong R. Hoho.

Ketiga, CHANEL. Merupakan salah satu merek asal Perancis yang memproduksi  Fashion & Accessories, Eyewear, Fragrance & Beauty, dan Fine Jewelry & Watches. Masih banyak banget orang yang nyebut merek ini persis ketika menyebut channel untuk televisi. Padahal sebenernye, merek ini dibacanye SYANNEL.

Nenek-nenek pun pake Chanel -__-

Keempat, PEUGEOT. Itu loh, salah satu nama merek mobil. Bokap-nyokap gue serta kebanyakan orang sih nyebutnye PISET (Huruf E dibaca persis ketika kita nyebut EMPAT). Padahal, sebenernye PEUGEOT dibacanye PEUZYO. Jauh bangeeettttt!!!

BELIIN DONG!!!!

Kelima, Croissant. Salah satu roti yang mungkin banyak dikonsumsi sama kalian ini sebenernye dibacanye KROWASONG. Jauh banget, ye? Hihihi.

yummy!

Keenam, NYX. Itu loh, salah satu merek kosmetik. Dibacanye bukan EN-WAI-EX. Tapi NIX. NYX diciptakan pada 1999 oleh warga Los Angeles, Toni Ko. Nama NYX diambil dari nama dewi Yunani kuno yang menguasai malam. Huiiihh!

Ketujuh, HERMES. Wuiiih, suka mantengin instagram Syahrini kagak nih kalian? Kalo suka, pasti bakal sering banget liat doi pamer-pamer tas HERMES plus ada sertifikatnye. HAHAHA. Nah, gue yakin banget pasti kalian ngebaca si HERMES ini persis dengan tulisannye. Padahal, dibacanye itu ERME.

Mukanye kayak badut, hih!
Pamer to the max.

Sebenernye masih banyak penyebutan merek yang pengen gue share, tapi pasti bakal bikin tulisan ini superrrr panjang!  Ntar dah kapan-kapan kalo sempet dibahas lagi hihi.

Mengetahui banyak merek ternama plus cara penyebutannye itu penting loh, guys. Apelagi kalo misalnye kalian kepengen buka usaha berbau fashion, mau jadi desainer, selebritis, jadi istri konglomerat, gawe di agensi periklanan, dan laen-laen. Ya belajar lah dikit-dikit, gue juga masih belajar nih. Sebagai anak periklanan, gue dituntut buat tau merek-merek ternama. Gue juga masih agak oon dan ndeso. Tapi setidaknye, belom bikin malu di depan orang banyak, sih.

NB : Tau merek itu penting, tapi kalo mau beli, itu tergantung dompet yak. Hahaha. Gue sih kagak fanatik barang-barang bermerek. Beli KW pun hayuk kalo emang keliatan bagus di mata dan dompet, mah.

Jadi keinget pengalaman temen gue, nih.

Di salah satu universitas negeri di Jakarta, ada seorang cewe alay dateng ke kelas dengan membawa sebuah tas Louis Vuitton KW dengan bangganye. Lalu dia pun pamer ke temen-temennye, “Guys, gue baru beli tas LUIS VUITON KELUARAN BARU NIH, BAGUS KAN? IYA KAN” Salah satu temen gue yang menjadi saksi pun ketawa ngakak dan berucap di dalem hati, “Etdah, udeh pamer, teriak, salah nyebut merek lagi. Mana tasnye KW yang GOCAPAN! Dasar alay!”

Ada juga di PIM 2, seorang ibu-ibu gendut berkacamata masuk ke toko CHANEL sambil berucap, “Mbak, beli tas CENELnya satu, dong!” Hmmm, mungkin doi orang kaya baru, jadi kagak tau kalo CHANEL itu penyebutannye kagak sama kayak cenel tipi!

Yah begitulah... Rempong, ye!

Referensi:

63 comments:

  1. waahahaha... gak nyakngka gue kak.. ternyata itu toh bacanya -__-

    ReplyDelete
  2. Prancis emang agak aneh bacanya :D sama kyk belanda sama jerman. udah taunya gue 3 bahasa itu yang tulisan sama cara baca nggak singkron sama lidah orang lain :D

    ReplyDelete
  3. GUCCI dibacanya Gyucai *sok inggris* wkwkwk
    kebanyakan makan singkong sih

    ReplyDelete
  4. baru tau gue .___. , beda banget ya cara bacanya.

    ReplyDelete
  5. Wahaha, gue juga termasuk ndeso ternyata.. haha
    Kalo enggak buka blognya kak pina gue enggak bakalan tau nih, ckck
    "Di salah satu universitas negeri di Jakarta..." di Jakarta univ negerinya cuma satu kak pinaaaah.. X)

    ReplyDelete
  6. rata rata beda jauh tulisan sama bacanya -_____-

    ReplyDelete
  7. kalo ane udah terbiasa kak, soalnya pernah belajar bahasa perancis, pengucapannya aneh...

    ReplyDelete
  8. gw baca pstingan ini sambil mangap-mangap
    1. baca ala sendiri..
    2. baca yang sebenernya
    3. ohh gitu bacanya..

    gw ga ndeso.. karena ga punya tuh bareng..
    yang Fatal crossaint.. iya gw bacanya keroket...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hoakakaka, beda kali. kroket mah yang isinye ayam sama sayuran, itu juga berasal dari Belanda. Kalo croissant dari Perancis (mudah2an kaga salah hoho)

      Delete
  9. hahhah, soalnya merk lux itu kebanyakan asalnya dri Eropa sono ._.
    thanks to native speaker yg ngajarin gw English di sekolah sama tempat les, jadi tau pronounciation yg bener tentang merk2 kayak begitu ,_,"
    untuk aja gw sendiri g pernah jadi korban merk XD
    kk Pina coba deh nonton acara "The Secret of Superbrands" (kalo ga salah judulnya itu), cari aja k di Youtube :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. WAAAAAAH makasih ya, nanti akan gue tonton deh ^^

      Delete
  10. kalo di bahasa inggris mah pronounciation , jadi keinget iklan farfum yg satunya orang indo yg satunya prancis itu..
    kalo ratatoule dibacanya gimana teh? yang film itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahahahak, kaga tau gue! Coba tanya anak sastra Perancis :D

      Delete
    2. ratatouille bacanya kurang lebih ratatuwiy

      Delete
    3. halah.. susah amat. mungkin"kecubung" dibacanya "kecebong" disana kali yee ya ampun

      Delete
  11. Bukannya Hermes itu nama dewa dalam mitologi Yunani yak?

    #salahfokus

    ReplyDelete
  12. ternyata pendapat gw ttg PEUGEOT selama ini benar adanya... hahaha... dan org2 yg dulu ngejek gw karena katanya gw salah cara bacanya adalah org2 yg sebenarnya sesat... wkwkwkwk :D

    ReplyDelete
  13. baru tau nih kak :D
    croissant itu kok jauh banget, berarti yg denger2 di tv juga salah dong, wkwk

    ReplyDelete
  14. Jujur aku "ndeso" lho, mbak..
    Kalo disuruh nyebut merek2 di atas, mungkin aku juga "kagok" alias "ndeso".
    Tapi alhamdulillah aku iso lulus dengan cuman punya 1 buku berbahasa belanda yang mampu kubeli selama kuliah, sisanya minjem di perpus kampus, hihi5..

    (Opo hubungane..?? Bales curcol.. Wekekekek..)
    # Gak jelas #

    ReplyDelete
  15. baru tau kalo temen2 gue ngomongnya salah semua-___-

    ReplyDelete
  16. ternyata selama ini lidah gue udah salah :|

    ReplyDelete
  17. kata "ndeso" nya rasis kak :p orang kutho juga belom tentu bisa baca gituan.__.

    ReplyDelete
  18. ko si pitung disebut sebut sih k'.. -___-"
    hahah,, plajaran tuh, dulu PEUGEOT itu malah ku sebut pigeon,, (merek bedak),, hahahah.. :P

    ReplyDelete
  19. wadow... jadi bisa dibilang ngendeso gitu ya kapin ?
    kalo gak tahu, gpp kali yee hihi :D

    ReplyDelete
  20. Kalo peugeot gue udah tau, yg lain baru tau huahaha.. Btw, sepertinya gue cocok tinggal di prancis. Gak perlu huruf R. :')

    ReplyDelete
  21. nggak ngerti merek merek beginian Kapin -_-

    ReplyDelete
  22. Semua brand di atas sih udah kenal dan tahu bacanya, kecuali baca PEUGEOT. Ternyata gitu toh, aku kadang dengar orang nyebutnya PEUSO. Hem.

    ReplyDelete
  23. Univ negeri di Jakarta ane taunya cuma UNJ doang ( .____.)

    PNJ aja nangkringna di Depok. UI Salemba pun sarangnye di Depok. ( ._.)

    ReplyDelete
  24. duh jadi selama ini saya bilang "kerfur" ternyata salah. fix ndesoooo

    ReplyDelete
  25. kenapa juga ya ada tulisan yg kalau dibaca beda, kan jadi keliatan kampungan yg baca #eh

    ReplyDelete
  26. Kak vin, setau aku foto yg kakak bilang nenek2 juga pake chanel, itu Coco Chanel nya sendiri deh, hehe.. Fyi aja

    ReplyDelete
  27. Sekalian belajar bahasa prancis ah mwahaha x3
    Krowasonggg~

    ReplyDelete
  28. Selama ini saya membaca 'peugeot' sebagai 'pijet'. Biar mudah diingat.Ternyata dibaca peuzio, toh. :o

    ReplyDelete
  29. disekolahku diajarin Bahasa Perancis. (gk ada yg nanya)

    ReplyDelete
  30. merk kacamata saya louis vuitton. lah :3

    ReplyDelete
  31. Ndeso ala saya..
    Peugeot -- pijet
    Croissant - kroasen
    Hahaa,, thanks infonya pin...

    ReplyDelete
  32. akhirnya stlah bbrapa hari mondar-mandir di blog ini, muncul juga tulisan barunya kak pinaa .. !!

    Waahh .. !! ternyata Perancis lebih parah ya drpada Inggris ..
    Beda bnget penulisannya sama penyebutannya ..
    smpe goyang dombret nih lidah gara-gara bca merek-merek yg di atas ..
    hhehehe ..

    ReplyDelete
  33. Oh gitu toh ternyata cara bacanya... Ya walaupun kapin udah ngepost begini gue gayakin nanti pas ngucapinnya bakalan bener juga, lidah kampung jadi susah-__-

    ReplyDelete
  34. astagaaaaa, berasa katrok baca posting ini.
    Memang SMA dulu ga ada mapel bahasa prancis. hiksssss *nangis di kamar mandi*

    ReplyDelete
  35. aneh --', kesannya terlalu mengejek -.-

    ReplyDelete
  36. karfur? huahaha ndeso gue sumpeh deh. kaga ada yg bener nyebutnya, ckck

    ReplyDelete
  37. Malah ada temenku yang nyebut Louis Vuitton dengan nama singkatannya 'LV' (baca: Elvy) Penyanyi dangdut kali,... :)

    ReplyDelete
  38. yang selama ini gue bener nyebutnya cuma peugot doang hahaha
    ndeso, tapi udah pantes lah punya peugot, amiin XD

    ReplyDelete
  39. PEUGEOT. bener nih selama ini nge gampangin bacanya jadi "pijet" LOL xD
    NYX juga. ih selama ini -__-
    thanks kak pin (y)

    ReplyDelete
  40. walah, aku taunya louis vuitton dibaca Luwi Vitong aja kak pin
    merek Peugeot masih jadi kontroversial, ada yang bilang Pes-yo, Pissio, asli dibaca Peu-Ge-Ot, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin karena semua lidah orang beda2 dan terbatas dalam pengucapan hahaha

      Delete
  41. kak itu bulgari nulisnya bulgari apa bvlgari ya? ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bvulgari dibacanya bulgari. kalo yang digambar typo :))

      Delete
  42. Come on sista.. mana ada boutique CHANEL di PIM2? CHANEL cuma ada di GI east mall. Dimana2 orang beli tas premium designer semua ngomong nama tipe design nya bukan main bilang tas chanel satu, itu mah pesen makanan di abang2 lol. itu boutique tas kw kali yah LOL. please do more research before you write anything. Btw, baca croissant itu Kroissa(o)ng sounds like a+o bukan krowasong. Gelang yang ada in your pict itu love bracelet dari Cartier. @Ginevraap, tulisan Bvlgari baca bulgari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Come on sista (atau bro?) kalo komen pake akun asli dong, cemen banget~~

      Masalah Chanel, itu kata temen gue, lo tanya @gravitease dia yang cerita. Mungkin itu ibu2 OKB belom ngerti baca tas Chanel. Gue gatau ini letak kesalahannya tempat apa gimana (mungkin si @gravitease salah inget tempat, bukan di PIM 2 tapi di mal lain) atau mungkin bisa juga saat itu kejadiannya bukan di gerai Chanel asli (mungkin lagi di toko lain yang jual Chanel KW, gue ga gitu ngerti sama PIM 2).

      Masalah CROISSANT, gue belajar dari @belajarperancis, lo bisa cek disini http://chirpstory.com/li/11289

      Sori sori aja nih, gue kalo nulis juga ada sumber, gak asal bacot.

      Delete
  43. aduh please deh aigner itu gk masuk dalam hitungan premium designer.. kayanya ini posting kocak abis deh hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduh plis komennya pake akun asli, cemen banget HAAHAHA

      kalo mau menegur kesalahan ya toh sopan dikit dan jangan songong. cemen banget lo.

      plis ya lo kenapa mempermasalahkan ilustrasinya? di dalam ilustrasi itu gue cm butuh nama2 brand ternama dan barang2 branded luar doang. kalo gue masukin barang-barang lokal yang gak ada sangkut pautnya sama tulisan, baru lo boleh bacot.

      Delete
  44. ka pina aslinya orang tasik? baru tau.

    ReplyDelete
  45. Di sekolah belajar bahasa prancis, dan emang bener bahasanya munafik, maksudnya tulisan sama cara bacany ajauh banget ahahaha :)

    ReplyDelete
  46. Itu yang ngajak berantem ngeselin amat ya.. correct each other aje duluu.. kesalahan kok dicaricari. Postingan nya baguss nambah wawasan

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.