HARAM! HARAM! HARAM! Kebanyakan Berkoar Tapi Kagak Sadar Diri!



Seperti tahun-tahun sebelomnye sih, menjelang Natal kemaren banyak banget status, gambar dan meme yang menyebutkan bahwa mengucapkan Natal ntu haram bagi umat Islam. Namun, kagak semua penyampaiannye tuh enak dan disebarkan dengan melihat kondisi sekitar dahulu. Maksudnye gimane, Mpok?

Beginih...

Di Path gue, ada salah satu temen lama yang setiap hari hobi membagikan konten-konten agama. Gue sih kagak mempermasalahkan ye selama doi sadar apakah konten tersebut tepatkah.

Tepat yang gue maksud adalah ...

1. Dakwah memang bagus, tapi kalau dakwah pake meme berisi sindiran, efeknye bagus kagak? Misalnye ngeshare meme berisi copy, "Yang gak berhijab tuh ibarat permen yang gak dibungkus, kalo jatoh ya udeh gak bagus!" Menurut gue, dakwah dengan cara ini kagak tepat, berhijab atau kagak, yang namanye bagus atau kagak bagus orangnye ya ada aje. Kite kagak bisa menyamaratakan mereka memang. Kini kite kagak bisa asal ngejudge, karena tau sendiri seringkali penampilan kagak seiring dengan perilaku dan hatinye. Kalo mau dakwah, coba dengan pesan yang lebih enak, misal, "Tahu gak, kalau kamu berhijab, berarti bapakmu gak berpeluang dijilat api neraka nanti. Sayang bapak? Berarti harus  sayang Allah juga, yuk berhijab. Kita doakan yah...."

Soal hijab-hijaban, kemaren gue share juge di tulisan inih.

2. Apakah media yang dipakai untuk dakwah udeh bener? Contoh, lo share meme berisi copy, "Umat Islam ngapain sih ngucapin Natal, pengikut Yesus ngapain dikasi ucapan!" ke grup chat atau social media yang masih ada banyak temen kristen/katolik yang join grup/bertemen ame lo di socmed, ape lo kagak mikir perasaan mereka kayak gimane?

"Tapi menurut guweh, kabar kayak gitu harus dishare meski itu sakit"

Kalo ngomong jangan seenak jidat. Lo pikir Islam ngajarin kite buat nyakitin hati orang laen? Kagak!

Gini... Lo mau share info Natal ntu haram, silakan. Asal lo bisa pastiin, apa yang lo share itu kagak bikin sebel temen-temen kristen/katolik atau apakah mereka kagak ada di list grup chat atau socmed.

Why? Hellowww, punye muka tembok? Mau tali pertemanan putus gegara begituan doang? Ampun, deh. 

Kalo gue sih, ogah deh share begituan. Temen dan sahabat gue banyak yang merayakan Natal. Pun dengan bos dan klien-klien gue. Gue kagak mau ada konflik ame mereka gegara begituan doang.

Me, 5 Januari 2011. Masih inget bgt, foto diambil waktu ultah Uncle John. Cuma mau ngingetin gini... Bentar lagi kan Natal, pasti seperti biasa banyak yang share gambar, meme atau status berisi haram mengucapkan Natal, dan sejenisnya. Gue harap sih kita diem aja di sosmed, gak usah ikut-ikutan share gituan, kalaupun mau mengingatkan ya silakan tapi langsung ke orangnya. Kenapa? Gue yakin di sosmed kalian banyak juga temen yang merayakan Natal. Coba bayangin, apa reaksi mereka saat melihat, misalnya meme yang berbunyi (ini gue dapetin di Path tapi gue gak mau share ke sinilah): "Apa pantas penyembah Allah memberi ucapan kepada penyembah Yesus?" Kita gak pernah tau, apakah hal yang kita share itu bisa menyinggungkan temen-temen yang merayakan Natal? Kalau gue jadi mereka, mungkin gue tersinggung. Atau dibalik, kalau mereka bikin meme, "Apa pantas penyembah Yesus mengucapkan lebaran kepada penyembah Allah?" apa kalian tersinggung? Mungkin ya, ada juga yang ngga, tapi hati siapa yang tahu. Tanpa mengurangi rasa hormat, sekali lagi, gue cuma mau mengingatkan, lebih baik diam ketimbang melihat teman tersinggung. Kalau memang dirimu mengimani bahwa mengucapkan Natal itu haram, silakan lakukan. Mudah aja, ya sudah diam ajalah pas hari H gak usah share begituan dan ngucapin. Kalau mau share hal-hal gituan silakan tapi pastiin di sosmed ga ada temen yang merayakan Natal ga tersinggung. Paling gak enak kalau ujungnya berdebat agama dengan teman yang berbeda keyakinan. Jangankan yang beda, yang sama aja ga enak banget! Kalau mau ada yang kekeuh untuk ngucapin Natal, ya silakan, kalian punya hak, soal dosa atau ngga, biarlah Tuhan yang menilai. Terkadang memang, diam itu emas. Thanks. Regards Mamah Pinah #AkuMahApaAtuh #SokBijaque #TapiInilahAkuh #BodoAmatDijudgeJelek #JanganSukaJudgeImanOrang #MariPiqnique #bhay #MerryChrismast #Christmast #ChrismastTree
A photo posted by Irvina Lioni Yuniasari (@irvinalioni) on


Kagak mau ngucapin Natal? Silakan. Terus cara mengganti ucapan perayaan Natal kepada sahabat yang merayakan pegimane?

Nah, lo bisa basa basi seperti, "Gimane bro Natalnye, seru kagak? Si Santa Claus ngasi apaan? Ngasi jodoh, kah?"

Mungkin beberape temen yang merayakan Natal udeh memaklumi dengan temen Muslim yang kagak ngucapin Natal. But, kagak perlu berkecil hati dan kecewa. Selama mereka tetep baek-baek ame lo, teteplah jaga tali pertemanan. 

Nah, buat lo yang mau share soal haram-haraman Natal atau perayaan laen ke temen-temen sesama Muslim, sono ngomong langsung via personal chat. Pesan lebih sampe. Kalo cuman ditaro di socmed, belom tentu target yang seharusnye bisa baca ntu. 

Social Media lebih indah jika kite sama-sama sadar diri.

Kalo gue sih, diem wae lah :p 

11 comments:

  1. aku ngalamin. awal desember, dp bbm ku foto pohon natal. langsung deh pada komen semcam 'eh..ngerayain tuh haram lho' dll. aku bales aja...'iya' heheh..padahal itu mah pohon natalnya ibu kos yang emang ada di depan kamarku. so what ya...kalau aku nonton home alone di tivi..termasuk ngerayain natal juga dong..hahahhaa

    ReplyDelete
  2. setujuh pok pin, lebih milih PM sih buat ngingetin temen secara lagsung , toh seluruh teman di sosmed gak semuanya kita kenal baek kan ? gak ada untungnya juga ingetin beginian klu kita sendiri juga belum inget - "inget kalau nyakitin itu juga bagian dari dosa, dan agama gak ngajarinya"

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum, Mpok Pina. Saya setuju dengan Mpok Pina. Menurutku cara kita mengingatkan seseorang itu penting. Bagaimana mengemukakan pendapat dengan tujuan mengingatkan tetapi tidak menyakiti hati.

    ReplyDelete
  4. iyaa.... kita harus saling jaga toleransi :)

    kemaren saya nanya temen yang lagi natalan nya begini : " Gimana abang abang santa nya pas ngasih kado nyasar gak " gituuuu :D

    ReplyDelete
  5. ini juga nih yang sempet diperdebatkan sama temen-temen beberapa hari lalu. ya masing-masing aja sih, kalau mau ikut gak ngucapin natal ya boleh, kalau tetep mau ngucapin natal ya boleh juga, asal jgn nyebarin meme nyindir gitu, gue aja yang islam risih, apalagi yang kristen.

    ReplyDelete
  6. Ini masalah tahunan, mpok. Kalo topik ini ilang, ya udah... sosmed sepi :D

    ReplyDelete
  7. Gw sempet ngerasain hidup menjadi kaum minoritas pas di papua dulu yg mayoritas memang temen2 nasrani, tapi selama di sana 5 tahun fine2 aja soal natal. Indonesia itu bukan cuma muslim di dalamnya walaupun memang mayoritas, disini kita sudah punya dasar pancasila dan semboyan bhineka tunggal ika. bukannya lebih baik kita saling menghargai dan menjaga toleransi antar umat beragama dan suku bangsa yg beragam? Gw malah curiga, sebenernya yg nyebar beginian itu oknum2 yg mau ngejelekin islam.. Semua masih misteri

    ReplyDelete
  8. Boleh numpang curhat gak Mpok Pin? Hehehe.

    Sebagai salah satu orang yang merayakan Natal, aku sering sedih ngeliat meme plus spanduk-spanduk yang banyak dipasang di beberapa kota tiap memasuki bulan Desember. Kesannya tuh, kami-kami yang merayakan Natal itu najis banget senajis daging babi.

    Tapi ya udah lah yah... Tiap tahun juga selalu gitu. Udah agak kebal meskipun kadang-kadang masih sedih juga kalau nemu meme yang kata-katanya kasar banget.

    Semoga aja tahun-tahun berikutnya rakyat Indonesia bisa lebih toleran lagi tanpa perlu sebut-sebut kata 'haram'. :D

    ReplyDelete
  9. Gue juga paling sebel kalo ada yang ngeshare-ngeshare begituan, apaan banget lah sok-sok an mau ngasih tau tapi gak pake otak.
    Keluarga angkat gue non muslim, sampe nanya "Gitu banget ya emang ajaran Islam?"
    Gue jawab aja, "Ah itu mah orang goblok."
    Gue beneg-bener gak enak lah, hal-hal kecil aja keluarga angkat gue selalu merhatiin detail seperti wadah-wadah, alat makan sampe spons untuk cuci bekas makan Babik aja dipisah buat ngehormatin gue, lebaran selalu nyediain banyak makanan khas lebaran, puasa ikut nimbrung dan gak pernah makan depan gue pas puasa. Ini malah cuma "ucapan selamat" aja bikin kisruh. Yang penting menurut gue sih hati masih beriman sama Allah, murtad gak segampang 'itu' kali masa iya ngucapin lansung murtad. Kan nggak. Gue bertahun-tahun bareng serumah sama Katolik ya biasa aja, gue tetep beriman sama Allah, mereka pun sama beriman sama Tuhannya. Gak ada saling 'ajak' satu sama lain. Hanya saling menghormati dan menghargai.

    Dongkol sendiri, gara-gara begituan Islam dipandang jadi jahat. Kalo menurut gue daripada debat terus tuh di Facebook atau sosmed yang laen mendingan yang mau ngucapin silahkan, yang kaga mau ngucapin mending diem aja jangan malah nyakitin orang yekan. Kalo mau ngasih tau gak usah nyinyir kan kaga enak bener tuh di baca.

    Tiap taun tapi kejadian begini keulang terus, moga taun ini otak spesies kayak gitu ilang deh. Dan banyak kaca dimana mana biar pada ngaca sendirinya udah bener belom.

    *Cuma curhat aja sih*

    ReplyDelete
  10. stuju mpok...
    klo mau berdakwah atau mau ngasih nasehat ada baiknya liat2 tmpat. jgn sampe ada yg tersakiti. krn, menjaga perasaan itu penting untuk menjaga hubungan manusia antar manusia....

    dan satu lg, masalah ucapan selamat. yg aq liat selama ini sesama muslim aja yg ribut. sibuk bertengkar mslah haram ato gak nya. smntra yg nasrani gak pernah kyaknya mempermasalahkannya. gue banyak sohib yg nasrani dan gue gak pernah ngucapin selamat. tapi, kita tetap bersahabat, jalan bareng, kerja bareng, ktawa bareng. yg penting sma2 ngerti aja...

    ReplyDelete
  11. banyak banget udah yg kaya gitu di sosmed mpok. setuju tuh kalau mau ngingetin orang jgn di sosmed tapi langsung ke orangnya. entar malah ada yg sakit hati lagi kalau di sosmed

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.