Yuk Ngejudge Orang Bertatto dan yang Gak Mau Berjilbab!

Mau yang berhijab atau bertato?

Dear, gengs....

Belakangan ini lagi banyak banget orang-orang yang bikin meme atau konten visual, yang mungkin tujuannye buat menasehati muslimah agar segera pake jilbab, tapi jatohnye malah kayak merendahkan semua cewe di muka bumi. Seakan-akan mengartikan bahwa semua cewe yang kagak pake jilbab ntu menjijikkan... barang bekas... kagak layak dijadikan pasangan hidup... dan sebagainye....

Kagak usahlah gue share meme-meme pencari popularitas tersebut, males!

Mengingatkan bukan berarti harus membully dan merendahkan, toh? Dan mengingatkan yang paling baek ntu menurut gue yaitu langsung dateng ke rumah si cewe, kasi beberape jilbab, bilang, "Barangkali kamu akan membutuhkannya...." dan pasanglah mata berkaca-kaca. Lalu berdoalah kepada Tuhan agar si cewe tersebut segera menutupi auratnye.

*berasa pelem apaan tau dah huahahaha*

Gue cukup tergelitik dengan orang-orang yang seenak udel nanya, "Kapan mau berjilbab?" Mungkin secara umum, pertanyaan tersebut tampak biasa aje, cuman sekadar buat mengingatkan. Tapi di sisi laen, kebanyakan orang kagak mau mengenali siape orang yang ditanye tersebut. Kagak semua orang loh nyaman ditanye-tanye segala hal yang menyangkut keimanan. Sekadar informasi aje.

Gue punye sahabat deket, doi tuh anaknye alim banget dah, tapi belom pake jilbab. Tapi jujur aje, gue kagak pernah sama sekali ngomong atau maksa doi buat pake jilbab. Pertama, karena doi bukan tipe orang yang nyaman ditanye soal keimanan. Setiap denger ceritanye yang selalu disindirin mbak-mbak berjilbab panjang di mesjid kampus, gue pun mungkin akan merasakan kekesalan serupa. Mengingatkan kagak harus nyindir, kan? Secara umum, orang kagak suka disindir, loh. Kalo mau menebar kebaikan, toh jangan lewat sindiran, lah. Yang ada bukannye si target bakal jadi orang yang lebih bener, eh malah jadi antipati dengan ape yang disindirin!

Doi tuh suka ngomel-ngomel ke gue tentang si mbak-mbak berjilbab panjang tersebut. Dari situ gue beranggapan, "Okey, soal beginian mending kagak usah gue ucapin ke doi, daripade nanti gue disemprot!"

But, meski gue kagak mau mengajak doi pake berjilbab, toh gue percaye bahwa suatu hari doi akan pake  busana wajib tersebut. Why?

Alasannye.... karena gue tau diye tuh alim, solat dan ngajinye lebih bener dari gue. Kagak pernah sama sekali pamer kekayaan dan kepintaran. Orang bener kayak doi mah, ntar juge akan saatnye dapet hidayah. Gue percaye dan gue akan selalu mendoakannye.

Diana Rikasari mungkin salah satu orang yang sama kayak sobat gue ntu. Setelah bace tulisannye yang ini, gue pun sepemikiran ame doi. Pake jilbab emang wajib buat muslimah, namun bukan semerta-merta kite kudu ngecap kagak bener buat mereka yang belom berjilbab. Ape lagi kalo yang dijudge orangnye lebih inspiratif dari kite. Ketimbang nanya macem, "Kak Diana Rikasari, kapan mau berjilbab?" lebih baek mendoakan aje, lah. Toh di sekitar doi banyak blogger berjilbab keren macem Dian Pelangi, barangkali doi bakal terinspirasi dan segera menutup aurat.

Satu-satunye orang yang mungkin gue tanye kapan mau berjilbab mungkin salah 1 temen gue yang pernah komen panjang lebar soal hijab syar'i yang memang tujuannye untuk mengingatkan gue dan temen-temen laen yang belom berjilbab syar'i... tapi sialnye, yang ngemeng ntu masih buka-buka aurat! Mangkenye gue secara kejam langsung nanya, "Lah, elo sendiri kapan mau berhijab?" Keinget terakhir kali ketemuan di mall, doi pake hotpants dong. Doi sih bilang, katenye belom siap pake hijab karena belom siap... pengen pelajarin ilmu islam lebih dalem dulu, pengen memperbaiki akhlak....

Hmmm... doi lupa, padahal semua ntu bisa dilakukan sambil berjilbab.

Kalo pun berjilbab kayak gini belom bener, yang penting apresiasi niat baik mereka dan doain agar mereka menjadi pribadi yang lebih baik lagi

Mungkin berbeda kalo yang ngomongin hijab syar'i ntu Mamah Dedeh, oke laaah nunduk wae. Karena perkataan doi udeh sesuai ame penampilannye. Heuheuheu.

*lalu mengkhayal Mamah Dedeh pake hotpants*

Buat yang belom berjilbab, jangan sedih dulu ye. Kite pun yang udeh berjilbab masih sering dijudge, kok!

Yang pake jilbab panjang, dikatain, "Ciyeee pake kerudungan dari taplak!"

Yang pake jilboobs, "Ciyeee teteknye masih kelihatan, percuma pake jilbab!"

Yang jilbabnye warna-warni kayak selebgram, "Islam ntu kagak suka orang yang berlebihan!"

Yang pake jilbabnye masih sopan pas cosplay, "Islam ntu kagak suka cewe yang cari perhatian, ngapain pake cosplay, merusak pemandangan aje!"

Yang masih buka tutup jilbab, disindirin, "Udeh kayak lalu lintas Puncak aje dibuka ditutup terus!"

SERBA SALAH!

CEWE EMANG SELALU SALAH!

Yang mencoba tobat aje dijugde, ape lagi yang kagak, ye? Tengoklah temen-temen kite yang bertampang preman hingga unyu-unyu yang di badannye ada tatto tapi tetep kuat ibadahnye. Mungkin bakal banyak yang ngatain, "Ngapain lo solat, kagak bakalan sah, kan lo tattoan!"

FYI aje, Selasa, 8 Desember 2015, gue nonton acara Mamah Dedeh dan doi bilang orang bertatto tetep sah kok solatnye. Orang mau tobat, kenape kudu dikritik dan dikatain, "Solat lo gak sah!" ???!!

Tattoan, di dalem Islam, emang kagak boleh. Tapi Allah pastinye bakal mengampuni hambanye yang pernah khilaf.

"Mereka pake tatto? Anggep mereka saat minta ditatto, imannye lagi turun. Terus kalo solat, sah? Yaaa sah! Jangan sotoy ngejudge orang, jangan suka menghalangi orang mau tobat! Ngaca dulu, di luar sono banyak tuh yang penampilannye bener tapi kagak suka ibadah! Bedanye kite sama orang bertatto tuh, kalo mereka dosanye berbekas, kite mah kagaaakkk!"

Hahaha, gue suka gaya lo, Mamah! Emang benerrr!

Jadi kalo gue tatoan, gue kagak bener gitu?

Abdel: "Terus mah, wajib kagak sih si pemilik tatto menghapus tatto tersebut?"
Mamah Dedeh: "Kalo kagak mampu, ya kagak usah dihapus juge kagak ape-ape. Kalo mampu, silakan aje. Inget, Islam kagak pernah menyulitkan hambanye! Yang penting, jangan sampe mereka nambahin tatto lagi! Nambah dosa!"

Sayangnye untuk edisi acara ini, di Youtube belom ada. Nanti kalo udeh ada, gue share deh di mari :))

Sayangnye, ceramahan si Mamah tersebut ternyate ada yang kagak setuju. Salah seorang 'temen' Facebook (why pake tanda kutip? karena sesungguhnye gue kagak kenal dan rasanye males buat bener-bener dijadiin temen tuh orang) yang mengaku seorang muallaf bilang kurang lebih, "Percaya kok sama ustadzah di TV, baca tuh kitabullah yang bener, jangan stupid!"

Ya ampun, gue dikatain stupid gara-gara gue jelasin soal tatto-tattoan dari Mamah Dedeh! Beruntung, banyak temen yang masih waras dan merasa bahwa kite kagak berhak ngejudge ibadah orang. Sah atau kagak, biarlah Tuhan yang menilai.

*Si Mas tersebut mengaku muallaf dan tampak lebih pinter dari Mamah Dedeh, tapi kayanye kudu disekolahin ilmu agama di pesantren biar tau kalo ngatain orang stupid tuh dosa*

Muallaf dari Hongkong kali tuh ah.

Bodo amatlah, yang penting gue tetep cinta sama Mamah Dedeh! Sulit loh cari pemuka agama yang asik buat didengerin ceramahnye! Sulit loh cari pemuka agama yang ngerti bahwa Islam ntu kagak pernah menyulitkan hambanye!

Lalu, dari tulisan ini sebenernye gue mau berpesan ape, sih?

1. Ketahuilah bahwa kagak semua orang nyaman ditanyakan dan dikritisi soal keimanannye. Jadi, jagalah pertemanan kalian dengan kagak terlalu memborbandir sejumlah pertanyaan perihal keimanan, seperti, "Kapan pake jilbab?" "Kapan halal sama pacar?" dan laennye.

2. Jika ada temen yang memiliki satu agama namun berkeyakinan beda (lets say, secara pemikiran atau alirannye beda), jangan langsung ngejudge mereka kagak bener, stupid, tolol, dll. Katanye tinggal di negara Bhineka Tunggal Ika, kok liat yang beda malah napsu buat menghina?

3. Positive Thinking. Temen kite yang belom berjilbab ntu sebenernye tau jilbab ntu wajib. Tapi positive thinking lah bahwa mereka akan menyusul.

4. Tobatnye seseorang ntu kagak disimbolkan dengan penampilan. Tapi hati yang murni taat kepada Tuhan tanpa orang lain yang mengetahui. Masalahnye, hati orang sape sih yang tau. FYI ye, jaman sekarang ntu banyak orang yang penampilan luarnye beda ame penampilan dalemnye. Banyak yang kagak selaras, jadi minimalisir ngejudge-nye dong, ah.

5. Meminimalisir untuk ngejudge orang. Melabeli seseorang emang gampang dan tampak seru. Tapi, diminimalisir mah bisa kali, ah! Yuk cusss!!

Yuk ngejudge orang bertato dan yang gak mau berjilbab! Asal kite bisa buktiin kalo kite lebih baek dari nabi-nabi Allah! Nah loh, berani?

Sekian tulisan gue kali ini. Sori kalo ada yang tersinggung, ye.

Punye tanggapan? Silakan komen!


16 comments:

  1. Heuheuheu.

    Ini ketawa Mamah Dedeh ya?

    ReplyDelete
  2. aku yang udah berjilbab pun ngga nyaman kalau ada yang judge begitu-gitu ke orang lain. apalagi ngata-ngatain 'itu kan anaknya kyai..kok dibiarin ga jilbaban sih'..yang komen begitu biasanya yang agamanya justru baru sekedar tahu dari google dan twitter..(semoga saya salah deh).

    ReplyDelete
  3. Bentar mpok, aye ngakak dulu soal mama dedeh. hahahha. tapi emang bener sih pok gue paling empeeet banget sama orang yang sok-sok agamis Bak seorang ustad dadakan. segala nyuruh pake jilbab nyindir2 gitu. Tutupilah auratmu blablabla sesungguhnya blablabla.

    Dulu sebelum gue pake jilbab sering bat di sindir2 suruh make jilbab. Lah orang dulu mah gue belom siap mpok make jilbab. pertama, gue kagak punya baju panjang2 dan jilbab juga sedikit. pokoknya masih suka ngerasa dikagumin gitulah soalnya gue suka pamer rambut wkwk.aseek.

    tapi gue lama kelamaan sadar, akhirnya alhamdulillah Allah ngasih gue hidayah. Gue malu mpok sama Bocah-bocah Kecil yang di jilbabin sama emaknya. Masa anak kecil aja pake jilbab gue yang udeh tua kagak make. yaudeh akhirnya bismillah gue jadi tobat make jilbab dan gue sadar. juga ngerasa lebih aman pake jilbab kagak digangguin cowok2 nakal. heheh.

    ya emang sih belom syar'i tapi berubah itu kan pake proses dan bertahap ye mpok. doain yak mpok biar iman gue makin ditebelin sama Allah. aamiin.

    pesen dulu onoh buat orang yang suka koar-koar soal keimanan. jangan suka pamer ibadah, kagak baek. ngingetin orang pelan2 kagak usah ngehina yang kagak-kagak, terus satu lagi kalo bisa diem dalam doa aja mendingan daripada kesinggung orangnye. tar juga lama-lama tobat. ye kagak hahahah.

    ReplyDelete
  4. beneran si, pok klu ngomongin soal akidah, keimanan gak bakalan ada habisnya karena setiap manusia punya tingkatan masing masing - nah entu cerita mualaf di atas rada gak suka "apa karena baru berkenalan dengan agama baru akhirnya berpikir konservatif, kalau tidak sesuai ya harus dibasmi" berarti ngajinya belum jauh, Pok benar kata mamah dedeh islam itu fleksibel tapi jangan dibikin gampang ya, yang penting ikuti aturan kalaupun belum bisa kita bisa belajar sampai bisa.

    ReplyDelete
  5. suka banget sama tulisannya. bener. ngejudge itu emang seru. tapi semakin ke sini gue jadi semakin ngerti, dijudge sembarangan itu gak enak, makannya gue terus berusaha memperlakukan orang lain sebaik seperti apa yang mau gue rasain. soal penampilan, faith, gue udah males ngejudge2 gitu, udah gede, udah punya pilihan sendiri. gue punya temen yang aliran islamnya beda, ya gue gak mau ikut campur, yang namanya kepercayaan mah datangnya dari hati.

    ReplyDelete
  6. Kenapa Mamah Dedeh jadi logat betawi gitu? Perasaan beliau sunda deh. Hahahaha.

    Agak kesel juga, sih, sama orang yang tiap kali ngeliat tampilan luarnya kurang baik, eh di-judge manusia bobrok. Malah, kadang-kadang dia sering banget ngomongin orang lain. Siapa dong jadinya yang lebih bobrok? :))

    ReplyDelete
  7. huahaha setuju lah mpok pina. Ditanyain langsung, "Kapan berhijab?" gitu malah kesannya ga sopan. Harus dari diri sendiri bukan karena orang lain kalo berhijab mah. Ane aja sering kesindir banget kalo ditanyain begitu. Kalo ditanya gitu langsung ane jawab, "belum saatnya saja hehehe" begitu.


    Anyway mpok pina semakin kesini makin mirip mamah dedeh deh. :')

    ReplyDelete
  8. Bener banget tuh, boleh ngingatin tapi gak boleh main sindir sindiran.. belum tentu yang disindir paham..

    Tapi sebenarnya kayaknya sih banyak aja orang yang tau berjilbab itu wajib, meskipun yang menjalankannya juga gak sebanyak yang tau kewajiban itu..
    Kayak aku, tau aja kalo berjilbab itu emang seharusnya menutupi dada. Setan aja yang sudah ahli menggoda manusia menjerumuskannya sedikit demi sedikit apalagi aku yang masih belajar ingin menuju kebaikan.. semua buat proses.. bukankah kita harus menghargai proses ya.. hehehe

    ReplyDelete
  9. Bahahahak.
    Akhirnya keluar juga ini tulisan.

    Dan wow!
    Bukan gue doang ternyata yang suka dapet nyinyiran.
    Apalagi karena gue tomboy bin pecicilan gitu, "...pakek kerudung tapi kok pecicilan..." dalem hati gw bilang, "sape lo? emangnya gak boleh? duileee." hah! kan eek bener ye.

    Tapi gue jadi belajar sik, hal apapun yang kita lakukan pasti ada orang yang nyinyir. Selagi hal yang kita lakukan itu gak merugikan orang lain, ya biarkan sajalah mereka menyiyir~


    ReplyDelete
  10. Gile ye. Orang mau hijrah selangkah lebih baik nyinyirnya bikin istighfar.kalo mau full menurut gue ada prosesnya, gak bisa langsung 'jleb' jadi syar'i (tapi tergantung iman masing-masing sih ya). Mungkin mereka lupa prosesnya, tapi keburu takabur liat hasilnya sekarang dan nge-judge.

    ReplyDelete
  11. Mencari kejelekan orang itu menyenangkan, memang betul tuh. Cuman semakin kesini gue belajar buat lebih dewasa menyikapi sesuatu, g munak ngeliat cewek2 berpakaian minim tapi dia muslim bikin gue pingin berkata2 atas apa yg mereka pakai, cuman jadi inget kata oki setiana di acara ceramah gitu dan pas bgt bahas jilbab, dan sampe skg gue masih inget apa kata die, sama kayak lu mpok, mendoakan.. Lebih baik mendoakan biar cewek2 muslim di luar sana yg blm berjilbab segera di beri hidayah, dan yg sudah berjilbab lebih baik lagi. Amin...

    ReplyDelete
  12. Duh mpok, gue setuju banget. Gue aja, yang udah syar'i masih sering dikatain gegara tingkah gue yang ngehe dan aneh. Dikit-dikit ' sadar, kamu itu pake jilbab panjang' . Pernah gue make lipgloss gegara bibir gue kering. Eh dikatain hijab syari kok pake lipgloss . Kesel gue
    . gue sih diem aje. Padahal dalam hati gondok bangettt. Dan kampretnya yang ngingetin sering ngomong agak kasar pas marah . Gue nggak ceramah balik sih, ntar sadar ndiri. Doi sekarang mendekin jilbab. Gue liatnya mah, cuma diem aja. Males debat sama org kaya gitu. Bukan satu dua orang sih, banyak!
    Btw, bener kata mpok pina . Orang yang digituin jadi antipati. Rasanya gue nggak mau syar'i lagi hahaha. Mungkin pas kuliah nanti gue mau jadi hijaber fesyen HAHAHA

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. Aku ga berhijab mpok, tapi rajin solat sampe ngalahin temenku yg hijaban. Haha.

    ReplyDelete
  15. Kalo menurut ane, MENURUT ane lo ya, make tato itu bener bener dilaknat sama Allah, lah klo yg udah terlanjur gmana?nah mohon maaf ane cuma kurang setuju sama mamah dedeh, hapus tato menurut ane wajib dan bener2 harus punya niat, baru kalo bener2 kagak mampu yaudah gimana lagi, lah klo masih muda,bisa kerja, sehat tpi ga punya uang menurut ane bener2 harus dihapus gimanapun dia caranya.
    Peace, salam damai ya :)

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.