Pengalaman Seru Caregiver: dianggap Anak Hingga Pacar Sama Si Kakek!

Jadi caregiver enak kagak nih? (sumber)
Sebelum melanjutkan membaca ini, kudu baca part 1 dulu yak (klik).

Nah, sekarang kita beralih ke pertanyaan-pertanyaan dari netizen. Bella siap?

Siap, Mpok!

Apa sih perbedaan panti jompo di Indonesia dan Jepang yang Bella ketahui?

Panti jompo di Jepang dulu yaa. Di sana itu selalu ada klinik, terus ada rumah-rumah khusus di sekitaran klinik buat lansia juga. 

Dulu aku ditugasin di klinik gitu, khusus untuk lansia yang sakit dan butuh perawatan ekstra. Sedangkan yang berbentuk rumah, isinya lansia yang butuh dibantu tapi gak sakit atau gak butuh perawatan spesial. 

Terus setiap klinik lansia lengkap isinya, ada dokter, perawat, caregiver, ahli gizi, dan ahli terapi. Fasilitasnya sama kayak di rumah sakit kecil swasta di Indonesia. Kalo untuk rumah khusus ini biasanya 3-5 lansia dipegang sama 2-3 caregiver tiap shift-nya.

Panti di Jepang juga udah di-cover sama asuransi (yang mereka bayar ketika masih muda). Jadi lansia di Jepang, kalo udah gak mampu untuk melakukan aktivitas secara mandiri ya langsung dirujuk di panti. Ada beberapa kasus yang lansianya udah berkebutuhan khusus tapi masih aja maunya di rumah, walau ini sih gak jadi masalah kalo anaknya bisa ngurus, atau panggil caregiver ke rumah. Cuma ya berlaku buat orang yang tajir melintir aja, hahaha.

Biaya caregiver, asisten rumah tangga, kang kebon, pokonye tenaga profesional rumahan yang ada di luar negeri tuh pasti lebih mahal dibandingkan di Indonesia (sumber)

Kadang ada fasilitas tambahan kayak laundry baju gitu-gitu, biasanya gak di-cover sama asuransi jadi harus bayar. Atau ada yang pake perawatan khusus, kadang ada yang harus dibayar mandiri. 

Oh iya, di sana juga ada panti jompo VIP gitu. Di tempatku ada, Mpok, jadi fasilitasnya mewah kayak hotel berbintang, sekamar sendiri gitu. Yang kayak gini sebagian di-cover asuransi sebagian sisanya bayar.

Panti jompo di Indonesia, setau aku pas aku praktek 2015 ya (aku udah gak update perkembangannya, tapi kayaknya belom berubah). Panti jompo di sini tuh di bawah naungan dinas sosial setau aku, harusnya ada dokter dan ada perawat juga. Tapi di panti aku praktek dulu hanya ada perawat dan petugas dari dinas sosial. Kalo butuh dokter harus lari ke puskesmas atau RS sekitar. 

Dari segi fasilitas juga sangat berbeda, emang di sini dipisahin lansia yang butuh penanganan khusus (misal lumpuh total dan butuh perawatan), yang masih mandiri, yang mulai demensia, dst. Emang dipisah sih tapi ya gitu deh, wkwkwkk. Dipantau sih sama petugas dinsos tapi kurang banget menurutku. Di Indonesia juga ada jadwal-jadwal kegiatan kayak di panti jompo Jepang (emang kalo sesuai perawatan gerontik ya harus ada) kayak bikin kerajinan tangan lah, atau bikin lomba lah, senam, dst.

Kalo udeh tua nanti, kite bisa bikin kerajinan ape aje yak? (sumber)

Karena jumlah petugas yang kurang (menurutku) jadi banyak lansia yang tak terurus secara mental dan fisik. Bayangin aja, lansia yang demensia ketemu sama lansia yang punya gangguan jiwa. Ya makin parah, wkwkwk.

Kalo panti di sini ada yang pake biaya pribadi, ada yang ditanggung pemerintah. Belom ada kan asuransi yang bayarin panti? Apa ada? 

Pengalaman tersulit yang pernah didapatkan selama merawat lansia?

Hmm apa yaa? Kalau ada lansia rewel di waktu yang tidak diharapkan. Kayak misal jadwal untuk mandi tapi ada lansia yang rewel, waduuhh itu jam mandi suka ngaret, dan membuyarkan jadwal-jadwal lain. Ujung-ujungnya kena semprot atasan wkwkwk. 

Apakah dari segi gaji dapat dibilang wajar untuk menjadi caregiver?

Ya sesuai, aku ngerasanya cukup karena pas aku jadi caregiver di Jepang gak ada cicilan apa-apa, wkwkwk. Kalo buat orang Jepangnya sendiri agak berat yee karena cicilan mereka banyak ya pas-pas an lah jatuhnya, tapi kalo jabatannya udah tinggi,  ya lumayan juga.

Pernah kaga nih Bella ditawarkan untuk menjalin relationship oleh lansia yang dirawat? (Dijadikan istri atau pacar).

Pernah lah sama aki-aki, wkwkwkk, tapi yaa dianggap lucu-lucuan aja. Kayak ke anak kecil aja gitu. Aki-aki yang ganjen suka menganggap siapapun perempuan yang datang padanya adalah kekasihnya, wkwkk, gak pernah sih sampe baper kek punya sugar dady gitu. Soalnya yang masuk panti gak bawa duit cash, Mpok, hahahaha.

Tapi capek sama aki-aki modelan begini, jadi kalo dia udah menganggap kita pacarnya, gak mau tuh dia diurus sama orang lain, hahaha.

Pernahkah gak Bella ditawarkan untuk diangkat menjadi anak si lansia, seperti yang sering kita lihat di sinetron?

Kalo dianggep anak mah biasa, tiap ada event tertentu suka dikasih hadiah atau baju, bahkan dikirimin makanan tiap bulan tapi gak sampe ngasih harta warisan juga, wkwkwk. Ih apa lagi pas aku pamit mau pulang, sedih banget rasanya. Mereka pada ngasih kenangan macem-macem gitu tapi gak ada sih yang ngasih sertifikat tanah, hahaha.

Lansia yang seperti apakah yang paling susah diurus?

Lansia yang merasa dia mampu melakukan apapun sendiri. Ini capek banget ngurus lansia tipe gini, dia tuh udah gak mampu tapi merasa mampu. Ini biasanya lansia yang waktu mudanya pekerja keras tanpa mengenal lelah, wkwk, jadi ketika masuk panti dia denial gitu, gak terima dianggap lemah dan menolak bantuan. 

Misalnya sekarang jadwal ke WC, kalo dibantuin mungkin butuh waktu 5-10 menit lah. Tapi dia gak mau dibantu, itu bisa memakan waktu 30-60 menit dia ke WC. Jadi lansia lain yang lagi ngantri di belakangnya keburu bete dan kalo lansia udah merajuk, aduh yaa balikin mood mereka itu susah banget menguras waktu dan energi.

Pernah kagak Bella terlampau emosi dengan si lansia nyebelin yang sedang dirawat? (Misal sampai pengen menggampar, mencubit, dst)

Emosi, yaa? Ya jelas pernah, lah, wkwk. Gak berani sih main fisik. Soalnya pembuluh darah lansia tuh mudah pecah, kalo sampe dicubit aja nanti bisa nimbulin memar, dan kalo ada caregiver lain yang tau, waduuh bisa tamat riwayat kita! Selain itu suka mikir takut karma, wkwkwk. 

Ada caregiver orang Jepangnya, kayaknya beban hidupnya lagi banyak sehingga dia kesel sama nenek-nenek, terus diperlakukan kasar itu si nenek, kayak mindahin ke kursi roda secara kasar gitu. Eh langsuung kena SP dia, soalnya si nenek laporan hahaha. 

Tapi pernah juga ada nenek-nenek yang halusinasi, dia disenggol aja enggak tapi bikin laporan kalo dia dicubit, ditabok dan dikatain, sampe beberapa hari itu kita-kita di interogasi sama kepala ruangan. Padahal gak ada yang jahat ke dia. 

Aku kalo lagi kesel sama lansia suka ngata-ngatain pake bahasa Indonesia aja, aman dan mereka gak akan paham. wkwk. Malah si lansianya jadi ketawa, hehehe, jadi gak kesel lagi dah.

Apakah caregiver selalu memiliki ikatan emosi/batin terhadap lansia yang dirawat?

Pastiiiiiii. Wajiiib ini maaahhh yang namanya ngerawat manusia pasti ada ikatan batin. Ngerawat kucing aja ada ikatan batin.

Rumornya, ada aja caregiver yang diminta ‘agak plus-plus’ oleh lansia pria. Pernahkah Bella atau kawannya mendapatkan kejadian seperti itu?

Lansia mesum ada aja wkwkwk. Tapi gak ada kok yang kayak kakek Sugiono gitu, soalnya aku kebagian di klinik kan, jadi gak ada lansia yang sehat. Rekan kerjaku ada ya orang Jepang, dia dipegang dadanya abis itu dibikinin laporan gitu, jadi si lansia tsb ditanganinnya sama caregiver cowok, deh.

Bagaimana pandangan orang Jepang jika melihat caregiver pria? Apakah ada perlakuan khusus? (pertanyaan dari seorang perawat di Indonesia)

Biasa bangeett, mereka gak mandang gender btw hehehe. Malah dibutuhkan banget cowok tuh tenaganya tapi kalo diperlakukan khusus atau di istimewakan sih enggak.

Emm cerita dikit dulu ada rekan kerja aku caregiver cowok, dia suka ngeraba nenek gitu wkwkkwk. Akhirnya dipecat.

Selama menjadi caregiver, seperti apa lansia yang menurut Bella paling berkesan? (Mungkin karena kebaikannya, gaya hidupnya, dst)

Semuanya punya kesan tersendiri sebenernya. Dari mereka aku belajar banyak hal, mulai dari pentingnya jaga kesehatan, terus mempelajari hal baru dan macem-macem, deh. 

Btw aku dulu sebelum jadi caregiver tuh sempet mikir kayaknya mendingan childfree deh hehehe tapi setelah merawat lansia aku memilih untuk tidak childfree ya meskipun masa tua nanti aku gamau ngerepotin anak, tapi pas tua nanti dikunjungin sama anak dan cucu kayaknya hal yang paling aku nantikan. 

Aku perhatiin lansia yang aku rawat, mereka yang punya anak tuh bener-bener menanti kedatangan anaknya, menanti buat ditengok doang. Dan lansia yang memilih gak berkeluarga tuh suka sedih, mereka mengaku sedih karena gak ada yang mengunjungi, merasa gak ada yang peduli sama dia di sisa akhir hidupnya, huhuhu.

Terus lansia yang bikin aku terkesan itu lansia yang suka baca, entah novel atau buku apapun yang bisa dibaca. Entah kenapa lansia yang aku kenal yang suka baca itu gak cepet demensia. Umurnya udah 90 tahunan tapi otaknya masih oke. Sampe umur segitu masih suka baca. 

Tuh, tetep rajin baca buku biar kagak demensia di masa tua nanti!!!! (sumber)

Satu lagi lansia yang bikin terkesan umurnya udah 100 tahun tapi dia masih bisa jalan hahhaha tapi karena udah terlalu tua jadi dia disuruh pake kursi roda ngeri kalo tiba-tiba jatuh tuh. Terus ingatannya masih kuat, kamarnya rapih, beliau juga baik banget walau pendengarannya udah menurun. Waktu ulang tahun ke 100 dia dapet penghargaan usia 100 tahun masih sehat, wkwkkwk.

Apakah Bella akan selamanya menjadi caregiver? Kalo udah tua nanti, mau pakai caregiver, mandiri aja, atau minta anak yang ngurus?

Selamanya enggak mpok, sekarang aku balik lagi jadi perawat, hahahahha. Soalnya di sini belom ada jenjang karir buat caregiver, terus dilarang sama orang tua juga kerja di Jepang lagi.

Pengennya nanti gak nyusahin anak lah. Mudah-mudahanan nanti pas aku tua di Indonesia pantinya udah kayak di Jepang wkwkwk. 

Ini aku sempet denger sih, panti di Jepang tempat aku kerja mau buka cabang di Indonesia. Udah bikin perizinan segala macem, gedungnya juga udah ada tuh pas sebelum pandemi dulu. Tapi kok kayaknya gak ada kabar apa-apa lagi yaa, apa gak jadi? Hmm sayang banget siiih. Semoga jadi hahahha.

Terakhir, apa pendapat Bella tentang kasus panti jompo kemarin? Dan apakah di mata Bella panti jompo itu tempat pembuangan orangtua?

Kasus kemarin ya. Dari kasus itu viral jujur aku gak ada rasa simpati yang gimana ke nenek tsb wkwkwk. Karena udah ngerasa ada yang janggal, masa sih ke-3 anaknya kompak masukin neneknya ke panti kalo gak ada sesuatu?

Selalu percaya bahwa kalo ortu baik maka akan menciptakan anak-anak yang baik. Kalo si ortu kagak dibaikin, nah lhooo ada apaan tuh? Pemikiran gue aje ape? (sumber)

Petugas pantinya juga aneh, hahaha, masa masalah kayak gitu dibikin viral, yang ada malah makin menunjukan kalo mereka itu kurang profesional. Gimana ya, hmm. Sebenernya kalo liat program panti jompo itu bagus, Mpok, kayak bikin kerajinan, atau ada keseniannya gitu, suka di lombain juga kan tuh antar panti jadi lansia tuh tetep punya kegiatan di masa-masa tuanya. 

Kegiatan di panti juga terjadwal. Tapi kayaknya karena keterbatasan tenaga kerja yang kurang memadai atau manajemennya yang tidak sesuai, atau bahkan karena lansianya susah diatur(?) jadi panti jompo itu kesannya kayak tempat pembuangan. Semoga ke depannya lebih baik lagi yaa, biar panti jompo itu gak dianggap tempat pembuangan. 

Baiklah, Bella, makasih yak udeh mau banyak berbagi soal seluk beluk caregiver. Jujur aje ini seru banget, menambah wawasan banget. Belom banyak yang cerita juga soal profesi ini di internet. Semoga cerita-cerita Bella bisa memberikan inspirasi juga buat kawan-kawan pembaca.

Oke, Mpok. Makasi ya udah mau dengerin cerita aku. Semoga banyak yang baca deh nih, wkwkwk.

Comments
0 Comments

No comments

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.