Thursday, 19 October 2017

Tips Pacaran Awet Sampe Nikah

IRVINALIONI


Belakangan ini gue abis dicurhatin ame sodara gue, sebut aje Oki, yang menggagalkan lamaran gegara MANTAN. Lagi pula, ni cewe juge baru kenal dengan pacarnye selama kurang dari setahun dan baru jadi pacar selama 2 bulan. Dalam periode 2 bulan ini, cowo si Oki berencana untuk melakukan lamaran pada bulan ini dan ingin nikah segera, at least di akhir taon 2017.

Kenawhy Oki mengagalkan lamarannye? Kenape disangkut-pautin ke mantan? Ape dosa si mantan?

Belakangan setelah gue mendengarkan cerita Oki, yang gue tangkep adalah si pacarnye Oki sekarang hanyalah pelarian aje gitu. Saking keselnye Oki yang tetiba mantannye ntu memutuskan ingin sendiri dulu.

"Gue merasa lebih cocok sama mantan ketimbang cowo gue yang sekarang. Lebih banyak persamaan dengan yang dulu," kate si Oki.

Oh well, menurut gue sih kagak salah ye. Keputusan yang tepat jika Oki kemudian mengagalkan lamaran dan meminta waktu 6 bulan untuk memutuskan kembali masa depannye ntu.

Dari segi umur, Oki baru berumur 22 tahun. Masih kuliah semester 2. Sembari kerja di 2 kantor yang berbeda. Bagi gue sih, umur segitu lebih enakan untuk mengembangkan diri ketimbang nikah. Tapi sebelomnye, emang si Oki sempet pengen nikah cepet karena kondisi keluarganye yang bikin diye enek dan pengen cepet-cepet nikah.

Gue pribadi bilang untuk selalu support apapun pilihan Oki. Mau nikah, yaudeh. Mau nunda, bolehlah.

Lagi pula, Oki baru banget kenal ame pacarnye ntu. Yang belakangan makin lama makin terlihat kelakuan yang kagak nyenengin, macem ngebentak.

Berdasarkan pengalaman, gue pun sempet memberikan tips kepada Oki agar bisa awet pacaran sampe nikah (walopun nikahnye kagak cepet). Nah, ketimbang cuman keluar dari mulut doang, lebih baek sih gue omongin juge aje nih di blog. Kali aje berguna wkwk.

So, checkidotssss tips pacaran awet sampe nikah!

1. Pastikan pasangan satu iman dan satu keyakinan. Walaupun emang bisa aje sih berbeda iman dan keyakinan, namun ke depannye mungkin akan dirempongin. Entah dari pihak keluarga, administrasi, dan sebagainye. Namun jika pasangan merasa ini bukanlah masalah yang berarti, go ahead!

2. Pastikan pasangan memiliki lebih banyak persamaan ketimbang perbedaan. Perbedaan ntu emang penting biar saling melengkapi dan hidup lebih berwarna. Namun jika perbedaannye malah ada banyak banget, bisa jadi perbedaan-perbedaan ntu bakal selalu menjadi pemicu konflik dan alasan untuk kemudian hubungan berakhir. Cari aman aje deh!

At least, kalian dan pasangan punye 2 persamaan ini deh :

- Persamaan ideologi : kalo misalnye yang cewe dukung politisi A sedangkan yang cowo dukung politisi B, siap-siap aje banyak berargumen saat musim pilkada dan pilpres. Bisa-bisa bacotannye kagak kelar-kelar, bo. Jaman sekarang soal ideologi politik bisa memecah belah apepun. Inget tulisan gue yang kemaren? (Klik sini kalo belom baca). Gilak kagak tuh, kakak adek bisa musuhan gegara beda pandangan politik. Pegimane kalo ntu terjadi pada pasangan, ape lagi kalo udeh suami istri!

Mangkenye nih disaranin mending milih pasangan yang ideologi politiknye sama aje dah. Biar nanti kalo lo mau demo bisa barengan. Mau kirim bunga bisa patungan. UPS!

- Persamaan hobi : paling enak kalo kite dan pasangan punye hobi yang sama. Buat yang baru pedekate, gue jamin bakal lebih dilancarkan aksinye kalo gebetannye punye hobi yang sama. Buat yang udeh pacaran, gue jamin waktu berkualitas kalian bakal lebih berfaedah karena bisa diisi dengan mengembangkan hobi, contohnye kayak temen gue si @cacinksarapp dan bininye yang sama-sama hobi gambar lalu bikin karya berupa buku @komikbaper pas jaman pacaran dulu. Ketimbang mesum, mending berkarya kan selama pacaran!

Kalo gue dan suami, hobinye sih nongton gigs macem Kepencet Musik Festival, Soundrenaline dan Soundsations, hingga Synchronize Festival kemaren (review nyusul, bosque). Lebih asyique deh bisa ngonser ame pasangan (asiknye ntu gue bisa dijajanin sekalian di sono wkwkwk).

IRVINALIONI
Ke konser bareng pasangan, sungguh masygul bosque.

3. Pastikan pasangan kalian kagak melakukan kekerasan verbal dan non verbal. Kalo pas pacaran aje diye berani kasar, gimane pas nikah, toh? Untuk poin ini, udeh pernah gue tulis di sini (klik)

4. Pastikan pasangan bener-bener saling menerima masa lalu, apapun itu kondisinye. Jangan kayak si Oki, yang maksa-maksa nanye ke bokinnye: "Dulu sama mantan udeh ngapain aje???" eeeh pas dijawab jujur, malah marah-marah. Padahal pacarnye sekarang udeh kagak suka macem-macem, karena udeh inget umur juge yang hampir menginjak 30 tahun. Toh setiap manusia punye aibnye sendiri, nah kalo misalnye pasangan kite punye aib, seburuk apepun ntu, kalo emang kite cinta mah, kenape kagak diterima aje? Yang terpenting jangan diulangi lagi kini dan nanti.

5. Jangan suka maksa pasangan untuk berubah menjadi lebih baek namun dalam waktu sekejap. SEGALANYE BUTUH PROSES, COY! Di dalem kasus si Oki nih contohnye, si Oki konon membuat perjanjian bareng cowonye, bahwa si cowonye ini kagak boleh ngerokok lagi mulai esok hari. Ketika si cowonye ntu kegep ngerokok, eh si Oki malah marah besar hingga ngegagalin lamaran.

"Kalo lo mau gagalin lamaran, janganlah pake alesan gegara cowo lo kegep ngerokok lagi. Ini kurang logis bagi gue, karena ini kan soal kebiasaan sehari-hari yang udeh umum bagi cowo, yang emang kebiasaannye ini susah banget buat diubah. Kalo lo mau mengubah doi, kudu pake proses step by step, dong. Misalnye, cowo lo disuruh janji untuk mengurangi rokok perminggunye. Di saat setiap hari doi suka ngerokok sampe sebungkus, lo bisa minta doi untuk mengurangi rokok at least 1 batang rokok perminggunye."

"Tapi kan, tu cowo tandanye udeh melanggar janji! Pokonye gue kaga suka cowo model gitu!"

"Iye, gue tau. Cuman ini kan kasusnye soal rokok, lo kira gampang bagi perokok? Sama kayak kite aje nih kalo mau diet nasi, pasti awalnye bakal susah banget kan? Namanye juge udeh kebiasaan, mau kagak mau kalo emang ntu kudu diubah, ya ada caranye tersendiri dan lo kudu apresiasi setiap prosesnye tersebut. Rokok tuh isinye nikotin loh, ntu emang bener-bener candu. Butuh niat yang gede kalo emang mau menjauhi diri, karena bisa aje doi balik lagi jadi perokok gegara pergaulan."

Begitulah cuplikan dialog gue bareng si Oki. Gue harap kalian pun akan lebih bijaksana jika emang mau mengajak ke jalan yang bener dengan si pasangan.

Kecuali kalo kebiasaan pasangan kalian ntu sukanye genit sono sini, nah baru deh tuh tinggalin aje.

6. Pasangan harus sama-sama membatasi komunikasi dengan para masa lalu. Masalahnye kagak semua orang siap untuk membatasi dengan masa lalu, padahal kalo udeh punye pasangan mah, ya mau kagak mau kudu membatasi lah, agar kagak menjadi indikasi perpecahan di waktu nanti. Contohnye si Oki ini, udeh punye pacar tapi kadang masih suka chat ame mantan. Sekarang aje belom move on dari mantan. Yah, gimane mau lamaran dan nikah, otaknye aje masih terbayang-bayang si mantan tercintaaaaahh~~

7. Pasangan dilarang baper keterlaluan. Baper ngeliat pacar bonceng temen cewenye? Jangan langsung marah shaaay, coba minta kejelasan dari pasangan. Kalo emang logis, ya maafkan, dan minta doi untuk minta ijin dulu kalo mau ngasi boncengan dengan temen lawan jenis, agar nantinye kagak berujung fitnah dan suudzon.

Baper ngeliat pacar chattingan dengan lawan jenis? Boleh boleh, namun jangan langsung ngomel-ngomel. Ingatkan kepada doi agar jangan chatting berisi hal-hal yang kagak berfaedah, takut nanti malah si doi atau temen doinye baper. Maklumlah jaman sekarang, banyak orang yang cepet baper.

Intinye sih biar kagak baper-baperan, perbanyak waktu berkualitas dan sering-sering berkomunikasilah kalian berdua. Tapi jangan sampe kebangetan aje, ya kale 10 menit sekali nelpon nanyain kabar. Ya kale pas chat kagak dibales 5 menit langsung merong-merong. Puhelis dueeeehhh.

Nah, jika kebaperan kalian dan pasangan bisa dibatasi, go ahead untuk melanjutkan relationship. AZEEEEGGG~~~

----

Nah, gue kasi 7 poin ini dulu deh yang bisa dijadikan acuan untuk bisa pacaran lebih awet hingga nikah. Kalo kalian emang tipenye lebih suka taaruf ketimbang pacaran, silakan aje. Berhubung menurut gue kagak semua menjalankan taaruf dan lebih suka pengenalan lewat pacaran, ya mungkin 7 poin ini bisa jadi pertimbangan untuk ke jenjang yang lebih baek.

"Tapi Mpok, gue masih jomblo nih, kagak ada tips biar bisa kagak jomblo lagi nih?"

Yayaya, entar kapan-kapan gue kasi tips ntu khusus buat jomblowan dan jomblowati!

JADI, UDEH SIAP KAWIN BELOM, GAEEEESSS???!!


13 comments:

  1. Kalo di pikir2, aku sama pacar banyak bgt perbedaannya. :') komunikasi kadang kurang lancar karena doi lebih suka bicara face to face ketimbang chat. Dia gasuka main sosmed juga, intinya dia lebih seneng berinteraksi di dunia nyata. Sedangkan kita LDR. Tp Yaa aku kuat2 aja si. Paling ngabarin kalo abis pulang kerja, itupun kalo doi ada sinyal.

    Yg poin tentang rokok itu Mpok, sama bgt wkwkw aku gasuka kalo dia ngrokok, suka aku omelin, aku ceramahin tp ga sampe marah2 kaya oki. pokoknya banyak, terus aku capek sendiri. Akhirnya beberapa waktu kemudian dia ngabarin kalo Uda ngurangin rokok. Dan sekarang gatau dah Masi apa kagak, Uda ga terlalu permasalahin, Ntr juga berhenti sendiri insyaalah.

    Btw makasih Mpok tipsnya, semoga bisa awet walaupun kami banyak banget perbedaannya.

    Semoga Mpok sama si Om selalu mesra sampe kake Nene aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. semangat sis, kalo emang jodoh pasti akan dikasi jalannya. jadiin ini sebagai seni dalam relationship agar lebih berwarna.

      makasi doanye :p

      Delete
  2. Aku udah pacaran lama, taun ini 5 taun haha. tapi belum nikah... haruskah aku menulis seperti ini wakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus, macem "TIPS BISA PACARAN LAMA" wkwk

      Delete
  3. Waduh akikah masuk tulisan junjungankuh, mantap boskuuu

    ReplyDelete
  4. Setuju banget, terutama sama nomor 3. Kalo pas pacaran aja udah suka maen pukul, bayangin, nanti setelah nikahnya gimana? Cowo sejati adalah cowo yang bisa melindungi wanitanya, bukan sebaliknya. Cowo yang suka mukul perempuan itu cowo bermental loser, dan cowo bermental loser kayak gitu selamanya gak akan jadi seseorang yang worth keeping.

    ReplyDelete
  5. Aku pacaran udah tiga tahun dari masih kuliah sampe baru lulus sekarang. Masih jauh kayaknya untuk urusan nikah, karena kita sama-sama mau berkarir dulu demi masa depan gemilang hehe. Semua tips yang disebutin udah kita lakuin sih, kecuali yang nomor 7! Aku masih sering baper apalagi kita ldr ya dan kalau lagi pms tuh, wah udah kelar deh hehe. Makasih yaa tipsnya <3

    www.ranioktavia.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkwk LDR emang selalu bikin pasangan lebih baper :D

      Delete
  6. Nomor 1.. pernah cuma 3 bulan Tiap bangun tidur kayak resah...
    Yallah ini bener gak sih gueeeeeeeee??


    Boro boro mikirin administrasi, boro boro kedepannya gimana.. tiap bangun aja resah. Hihi
    #lalu nyanyi lagunya marcel.

    Tuhan memang satu, kita yang tak sama~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk diye curhat, semoga dapat penggantinye yg lebih bae shaaay

      Delete
  7. SELAMAT DATANG DI WWW.TOKO4D.NET
    *** 1 USER ID UNTUK SEMUA GAME ***
    SPORTBOOK | LIVECASINO | E-GAMES | TOGEL | POKER | SABUNGAYAM
    Toko4d Tersedia 8 Pasaran Terbaik...
    Discount : 2D : 29% | 3D : 59% | 4D : 66%
    www.prediksitogeltoko4dd.blogspot.com
    - Singapore
    - Sydney
    - Hongkong
    - Magnum4d
    - Kuching
    - Wales
    - Serbia
    - Petaling
    Promo Terbaru TOKO4D.NET :
    - Bonus Deposit MEMBER BARU Sportbook 100%
    - Bonus Deposit Sportbook 30% Setiap Hari
    - Bonus Deposit 10% Setiap Hari Untuk Semua Game
    - Bonus Casino Rollingan 0.8% Setiap Hari Senin
    - Bonus Cashback Sabungayam 15%
    - Bonus Cashback Sportbook 15%
    - Bonus Cashback E-Games 20%
    - Bonus Cashback Mixparlay 100%
    - Bonus Rollingan Poker & domino 0,3%
    - Bonus Referall 2% Semua Game
    - Bonus Referall 1% dari member Togel
    MIN DEPO & WD CUMA Rp.50.000,-
    BCA - MANDIRI - BRI - BNI - DANAMON
    UNTUK INFORMASI SELANJUTNYA BISA HUB KAMI DI :
    LIVECHAT TOKO4D.NET 24 JAM ONLINE
    Pin BBM : D8AEF213 | 2BAA30F5
    LINE : TOKO4D
    WECHAT : TOKO4DCS1
    SKYPE : TOKO4D
    GMAIL : toko4d@gmail.com
    WA +855973820012

    Togel Online
    Kasino Online
    Agen Sabung Ayam
    Judi Casino
    Agen Casino
    Agen Togel
    Judi Togel
    Agen Judi
    Judi Online
    Judi Casino
    Agen Casino
    Judi Bola
    Agen Bola

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*