Cara Gue Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi

Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi
Bunuh diri bikin masalah hilang? (Sumber)
Namanye juge manusia, pasti selalu dihadapkan masalah. Kecil atau gede, yang namanye punye masalah tentu kagak enak. Cara menyikapi masalah tiap manusia pun berbeda, tergantung dari kadar ketahanan mental masing-masing. Dan ketahanan mental biasanye tergantung dari pegimane orangtuanye mengasuh sedari kecil.

Misal, jika seorang anak kecil jarang diberikan pujian saat mendapatkan prestasi kecil-besar, kagak pernah dilibatkan ke dalam aktivitas sehari-hari (sesederhana ditanyain mau dimasakin ape, dibebaskan memilih baju yang akan dipake), kagak pernah didengerin pendapatnye, kagak pernah diajak mencoba permainan penuh tantangan untuk menstimulasi keberanian, hingga mendapatkan kenangan-kenangan buruk di keluarga (misal, broken home, selalu mendapatkan kekerasan fisik/verbal, dll), yaaa barang kali si anak tersebut akan tumbuh dengan mental yang kurang tangguh. Bukan semata-mata kurang beribadah, karena toh orang yang agamis pun bisa banget depresi dan bunuh diri. Lha wong ada kok temen blogger yang cerite, walau udeh sering beribadah siang-malem, tetep aje ngerasa depresi.
"Depresi bukan tanda lemahnya iman tapi tanda lemahnya dukungan sosial kita" - dr. Jiemi Ardian, Medical Doctor & Psychiatric Resident
Gue pun pernah mengalami depresi. Pernah banget ada keinginan bunuh diri. Masalah besar yang ada pun selalu dateng dari pihak keluarga, yang seharusnye selalu mendukung. Gue bikin komunitas, disalahin. Gue nolak jadi PNS, disalahin. Gue kerja di advertising, disalahin. Gue kagak kerja biar bisa istirahat dari hiruk pikuk pekerjaan, disalahin. Gue suka nonton konser, disalahin. Gue menjalankan bisnis, disalahin. Pokonye semua yang gue lakuin disalahin.

Padahal, semua yang disalahin tuh selalu beralasan, dan kagak ada negatif-negatifnye. Dan butuh waktu lama untuk memulihkan diri, kembali percaya diri, hingga akhirnye gue menarik diri dari semua orang yang kagak pernah memberikan dukungan.

Bodo amat dikata sombong, yang penting mental gue kembali sehat.

Enaknye, sekarang gue udeh punye suami, yang selalu mendukung ape pun yang gue lakuin. Jaman gue masih jomblo, wah, gile....

Oleh karena ntu, waktu gue jomblo, gue pengen punye pacar yang bisa dijadiin pasangan hidup nanti. Saking malesnye dengan lingkungan terdeket yang kagak pernah mendukung.

Walau memang, depresi akan selalu ada, meski udeh ada pasangan. Selaen ntu, hal-hal di bawah ini pun gue lakukan untuk mengurangi depresi bahkan keinginan bunuh diri.

1. Menangis hingga air mata kering

Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi
menangis ntu kagak dilarang, jadi puas-puasin menangis deh!
Gue menganggap bahwa air mata merupakan wujud dari emosi jiwa. Harus dikeluarkan biar hati kemudian terasa damai. IT WORKSSSS!

2. Curhat dengan sahabat terpercaya atau media sosial/blog rahasia

Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi
tiap curhat di blog atau socmed, ngetiknye pasti lebih cepet wkwk.
Abis menangis-nangis ria, lebih enak kalo diceritain. Untung suami bisa dijadiin temen cerita. Kadang juga cerita sama temen, kalo gue merasa mereka lagi kagak sibuk.

Jaman jomblo sih gue lebih banyak menulis segala keresahan di socmed atau blog rahasia. Sekarang media tersebut udeh entah kemane, terlebih setelah gue rasakan, emang enakan cerita langsung ke orang terpercaya. Terlebih saat udeh ada pasangan, abis nangis bisa langsung dipeluk.

3. Tidur

Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi
aktivitas tidur lumayan banget bikin lupa dengan masalah yang melanda walau hanya sejenak.
Setelah poin 1 dan kedua dilakukan, biasanye yang langsung gue lakuin yakni TIDUR. Ape lagi pas abis nangis, biasanye mata gue otomatis langsung ngantuk banget.

Nah, pas tidur, pasti akan memakan waktu yang cukup lama. Bisa 12 jam! Setelah bangun, rasanye tuh lebih lega aje gitu, dan beberape hal seperti terlupakan untuk sementara waktu.

4. Menyibukkan diri

Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi
traveling bisa banget mengurangi depresi, terutama saat bisa kembali ke alam.
Jangan terlalu lama menyendiri di kamar, karena pasti akan lebih susah melupakan sejenak masalah-masalah yang melanda. Sembari mencari solusi dari masalah tersebut, persibuk diri dengan berbagai aktivitas yang menyenangkan. Melakukan aktivitas hobi, kerja, nongkrong ame temen, windows shopping, baca buku sembari ngopi, traveling, mencoba keseruan baru yang belom pernah dicoba, dsb.

5. Berkunjung ke Psikolog

Bersyukurlah jika kalian udeh punye BPJS, karena bisa ke Psikolog dan Psikiater tanpa dipungut biaya. Buat yang belom punye BPJS, segera bikin, tapi inget entar kudu bayar premi tiap bulan. Gue sih udeh merasakan manfaatnye. Bisa baca di tulisan ini (klik).

Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi

Buat yang belom punye BPJS, bisa ke:

Mengurangi Keinginan Bunuh Diri dan Depresi

Kalian punye cara tersendiri buat meminimalisir depresi dan keinginan bunuh diri? Bagiin dong ceritanye di kolom komen!


7 comments:

  1. Aku belakangan ini lagi rajin liat IGnya Reza Gunawan, banyak banget tips tips buat sehat mental di sana. Sekalian juga cek IGTV nya Ayla dimitri, dis situ dia bahas tentang kesehatan mental sama Reza Gunawan. Sangat bernutrisi buat yang lagi galau. hope that helps

    ReplyDelete
  2. DI suatu titik di hidup gua, gua juga pernah mengalami depresi, Pin, sampe pernah mikir mau bunuh diri, mungkin sekitar tahun 2010-2011, awal-awal gua mulai nulis blog, sebelum magang di Jakarta dulu. Beberapa tips pribadi dari gua kurang lebih begini :

    1. Keluar dari lingkungan toxic yang membuat kita depresi
    Ibaratnya, kalau kita gak mau terus-terusan sakit karena terbakar, kita gak boleh diem di dalam api. Waktu itu faktor utama yang bikin gua depresi adalah kondisi di dalam rumah dan keluarga, jadi ya gua memutuskan untuk cuti kuliah satu semester, terus pergi kerja part-time ke Jakarta, ambil jarak sejenak, jauh dari kondisi di rumah yang kurang kondusif. Udah itu gua daftar ikut pertukaran pelajar ke China selama sebulan, dll. Pokoknya, keluar dari lingkungan yang menyebabkan kita depresi, itu pertolongan pertamanya.

    2. Sibukkan diri dengan pekerjaan/hobi yang positif
    Temen gua ada yang kalo depresi, hobi melukai diri sendiri. Nah gua kalo depresi, hobinya nonton film2 yang bikin gua ketawa, kayak American Pie, Scary Movie, atau sitkom seperti Friends dan How I Met Your Mother, pokoknya cari tontonan atau bacaan ringan yg bikin kita gak perlu mikir berat2, yang bikin kita bisa banyak ketawa dan lupa sama hal2 yang membuat kita sakit. Waktuitu, salah satu upaya pelampiasan emosi gua adalah dengan nulis blog. And it works.

    Kurang lebih itu aja sih tips-tips penting yang bisa gua share, berdasarkan pengalaman gua pribadi. Gua juga pernah nulis tentang depresi ini panjang lebar di blog, gak tau lu udah pernah baca atau belum, Pin.

    http://www.emotionalflutter.com/2017/09/selamat-tinggal-depresi.html

    ReplyDelete
  3. Satu kesamaan, klo ada masalah suka nangis samapais epuasnya samapai kering. biasanya milih malam hari. tapi resikonya matanya jadi kayak ditonjoki. but at lest setelah nangis, legaaaaaa banget rasanya. meski nggak menyelesaikan masalah at least we still have energy to ...solve the problem or just menghadapainya dengan lebih tegar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah bener, kalo abis nangis jadinye legaan, meski mata sembab wkwkwkwkwk

      Delete
  4. Lah kak, gue udah pergi ke psikolog. Tapi malas mereka bawa agama kalau tiap gue konsul

    ReplyDelete

Gih kasi komen. Asal jangan nyebelin, berbau SARA dan porno ye. Yang SPAMMING bakal gue HAPUS.

Makasi temen-temen. HAPPY BLOGGING! :*

Powered by Blogger.